Selasa, 02 Juni 2020

SD WILADEG SYAWALAN DI TENGAH PANDEMI

OLEH : ENI SETYOWATI



Selasa, 2 Juni 2020, semua guru dan karyawan SD N Wiladeg Karangmojo, berkumpul di sekolah. Bukan berarti ingin menyalahi aturan yang saat ini sedang diberlakukan kembali oleh pemerintah propinsi, kabupaten maupun dinas pendidikan, dengan tidak mematuhi peraturan Gubernur seperti yang disampaikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana X, tentang perpanjangan BDR ( Belajar Di Rumah ). Tapi bapak ibu guru karyawan karyawati datang di se kolah karena dengan berbagai alasan yaitu : Syawalan dan Musyawarah Sekolah.

Selasa pagi, disaat mentari kembali menyinari bumi dengan cerah dan indah,  satu persatu bapak ibu guru akhirnya rawuh juga di sekolah tercinta.  Setelah semuanya berkumpul, dan dirasa cukup untuk saling berbagi, saling curhat, saling ngobrol dan berbincang, saling alam-alaman ( bahasa jawanya ), akhirnya Pak Ustadz Haryono, menyela" diskusi santai " alias obrolan-obrolan ringan bapak ibu guru karyawan karyawati yang memang sudah kangen karena sudah 2 bulan lebih bahkan mungkin 3 bulanan tidak dapat bertemu setiap harinya, tidak dapat ngobrol , dll seperti sebelum adanya pandemi corona .  

Pak Ustadz Haryono ,mewakili teman-teman  ngendika, matur kepada Ibu Kepala Sekolah tentang maksud dan tujuan pada  pagi hari itu . Yaitu bahwa di bulan syawal tahun ini mewakili teman-teman, selama bersama  sebagai rekan kerja , sebagai anak buah,  selama bergaul baik secara  kedinasan maupun secara pribadi , di luar kedinasan , banyak salah dan khilaf mohon maaf lahir batin. 

Kemudian Ibu Kepala Sekolah Ibu Suparmiasih, menanggapi dengan gaya bicara beliau yang santun, halus tutur katanya,  beliau juga ngendika jika selama berada di SD Wiladeg, selama bersama dan sebagai orang tua atau yang disepuhkan di SD Wiladeg ada salah  kata, ucapan, tindakan maupun kebijakan yang tidak berkenan di hati bapak ibu guru semuanya, mohon maaf lahir batin. Dan semoga bapak ibu guru dan karyawan karyawati beserta keluarga selalu dilindungi Tuhan selalu dalam keadaan sehat dan bahagia . 

Dan inilah 2 poin pertemuan / acara tersebut  :

1. Syawalan

Seperti sudah menjadi tradisi yang membumi di Indonesia, bahwa syawalan merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh hampir semua instansi,  lembaga baik itu pemerintahan, swasta, dari rakyat biasa sampai pejabat, dari berbagai keluarga, trah,perkumpulan, dan sebagainya. Setiap tahun, tepatnya bulan Syawal sesudah libur lebaran Idul Fitri,pasti diadakan acara syawalan. Kecuali tahun ini pelaksanaan syawalan ditiadakan sesuai himbauan dan seruan pemerintah yang masih menerapkan social distancing sebagai upaya pencegahan atau untuk memutus rantai penyebaran COVID 19. 

Adapun maksud dan tujuan syawalan sangat bagus. Yaitu mempererat tali silaturahmi, mengukuhkan ukhuwah islamiyah, saling memaafkan antara yang satu dengan yang lain karena sebagai manusia biasa yang tak sempurna, pasti selalu dihinggapi salah dan khilaf entah sengaja maupun tidak disengaja. Dan di bulan baik tersebut adalah momentum yang tepat untuk saling bertemu, bersilaturahmi saling memaafkan setelah sekian lama tidak bertemu karena libur hari raya. Dan terutama saat ini sudah lama tidak bersama-sama, tidak bertemu, hanya lewat dunia maya, karena adanya pandemi corona yang masih merajalela. 

Dan kita semua harus yakin bahwa wabah corona pasti akan segara sirna dari jagat raya. Kita sebagai manusia harus senantiasa berdoa tanpa jeda memohon pertolongan dan perlindungan-Nya semata. Janji-janji Alloh itu pasti, seperti dalam Firman-Firman-Nya. Yang tersirat diantaranya bahwa " 
- Dibalik kesulitan pasti akan ada kemudahan. 
- Tuhan tidak akan memberikan cobaan atau ujian      kepada manusia diluar batas kemampuan hamba-     hamba-Nya.
-  Semua yang terjadi di muka bumi adalah atas izin
   Alloh , atas sepengetahuan Alloh. 
- Bahwa Alloh menimpakan berbagai macam                penyakit, pasti ada obatnya karena Alloh adalah        Maha Penyembuh. Dan masih banyak ayat-ayat lain yang luar biasa untuk direnungkan dan diamalkan.

Yang terpenting kita harus selalu yakin bahwa Alloh adalah Maha Segalanya. Alloh Maha Kuasa atas semua yang terjadi di dunia. Kita sebagai umat-_Nya harus senantiasa sabar, tegar, tawakal, ikhtiar dan berdoa  .Insya Alloh semuanya akan kembali seperti sedia kala. 

2. Koordinasi / Musyawarah Sekolah 
  dalam pertemuan hari Selasa 2 Juni juga dibahas,   atau dimusyawarahkan beberapa hal diantaranya :

- Tentang seputar kelulusan kelas 6, perekapan nilai kelulusan, penulisan ijazah, perpisahan atau kenangan-kenangan,dan lain-lain.
- Tentang bapak ibu guru PNS yang usul PAK, agar segera dibereskan dan di selesaikan jika masih ada kekurangan.
- Tentang pelaksanaan PAT akhir tahun bagi kelas 1 - 5, seputar pembuatan soal PAT, pendistribusian soal, penilaian raport semester 2, tentang penerimaan raport, dan lain-lain.

Inilah beberapa foto kegiatan dan kesibukan bapak ibu guru karyawan karyawati pada acara syawalan  Selasa 2 Juni 2020  dengan hidangan seadanya hasil rembugan dan umbukan yang dipimpin oleh Ibu Rubinem, S.Pd. dkk.




Bapak Ustdaz Haryono mendengarkan dengan penuh perhatian wejangan dari Ibu kepala sekolah ketika memberikan pangandikan di hadapan bapak ibu guru karyawan karyawati. 


Saat pandemi bersyawalan pun, tak mengurangi aktivitas Si Selebritis Fenomenal dari Kupang untuk berselfi ria.... 

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk arsip, cerita hidup kita di masa-masa mendatang. 

Gunungkidul, Selasa, 2 Juni 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...