Sabtu, 13 Juni 2020

KISAH INSPIRATIF : GURU NGEBLOG DI WORDPRESS






OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

(Disarikan dari Materi 45 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Narasumber : Mr.Bambs ( Bambang Purwanto)
Jumat, 12 Juni 2020

Perkuliahan belajar menulis online, materi keenam pasca Idul Fitri, Jumat malam, 12 Juni 2020 disampaikan oleh Bapak Bambang Purwanto , atau biasa disapa dengan Mr.Bambs.Beliau seorang peserta juga di Grup belajar Menulis Online Gelombang 8 ini.  Beliau berasal dari Bandung. Beliau seorang guru di SMP Bandung.

Beliau sering menjadi moderator dalam Grup Belajar Menulis Online gelombang 1- 12 ini. Beliau seorang yang cerdas, cekatan dan banyak pengalaman.Beliau juga seorang penulis yang rajin menulis di blog maupun di wordpres.Beliau adalah seseorang yang begitu menggugah selera untuk menulis dan selalu siap berbagi setiap hari. Beliau adalah seorang guru yang sangat populer.

Ibu Fatimah, S.Si, seorang guru SMA dari Aceh, yang akan menjadi moderatornya malam ini. Berikut kita ikuti uraian materi Mr.Bams. Setelah dipersilahkan oleh ibu Fatimah, Mr. Bams mohon ijin untuk menyapa peserta kuliah tanpa tulisan tapi dengan suara agar lebih dekat dengan para peserta. Kemudian para peserta di ajak jalan-jalan dan lihat-lihat dulu di blog wordpressnya Mr.Bams.

Kisah Hidup Mr.Bambs

Beliau mengatakan bahwa beliau dilahirkan sebagai orang yang kurang berani. Maka Allah memberikan teman di dalam perut ibunya, jadi beliau tidak sendirian. Alias kembar. Mr. Bams dan saudaranya  lahir normal.  Saat mau keluar dari perut ibunya ternyata Mr.Bams lahir belakangan . Dan kakak perempuannya yang duluan keluar.

Perjalanan panjang Mr.Bams menjadi seorang guru ketika mau lulus SMA tahun 1992 , Mr.Bams main ke daerah Ledeng Bandung, tempat IKIP Bandung yang sekarang namanya  UPI.
Mr.Bams mendaftar ke PGSD tahun 1992 akan tetapi ternyata tidak diterima, malah temannya yang ikut-ikutan dapat diterima di  PGSD.

Selepas  SMA beliau tidak melanjutkan, tetapi ikut kursus Komputer di Bandung selama 3 bulan dan setiap hari masuk. Sebelum lulus dari tempat kursus komputer Mr.Bams sudah bekerja di sebuah Konsultan. 

Inilah pengalaman pekerjaan Mr.Bams. Tahun 1992 - 2000 sebagai Konsultan. Tahun 2001 - 2004 bekerja di Kemfood (milik Bob Sadino). Tahun 2004 - 2008 sebagai Pendongeng Keliling. Tahun 2004 - 2008 sebagai Konsultan Pelatihan, dan tahun 2008 - sekarang sebagai Guru SMP Taruna Bakti. Alasan Mr. Bams tertarik menjadi konsultan karena saat itu diterima sebagai tenaga administrasi, mengoperasikan komputer di perusahaan konsultan pemetaaan.

Pengalaman  Membuat Blog

Saat masih di SMP Taruna Bakti diterima tahun 2008, tahun 2009 ,Mr.Bams selain sebagai  guru diminta membimbing esktrakurikuler blog yang menggunakan  multiply. Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi.  Dan Mr.Bams akhirnya  berpindah hati ke wordpress. Dan merasa jodoh dan ccocok menggunakan wordpress.

Mr. Bams  senang dunia menulis karena sejak tahun 2003 adalah sebagai pendongeng .  Maka sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 Mr. Bams  membuat Taman Baca di rumah sendiri. Dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, akhirnya Mr.Bambs sekeluarga pindah rumah tidak  jauh dari Taman Baca miliknya tersebut.
Mr.Bambs pada tahun 2019 mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih dan hanya masuk 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.

 Pegiat Literasi

Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Kategori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit.
Label pegiat literasi melekat pada diri Mr.Bams.  Sejak tahun 2011 Mr. Bams sudah kenal dengan Gola Gong, penulis hebat Balada si Roy. Gola Gong juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang bagus.

Di sekolahan Mr.Bams ,sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , kebiasaan membaca lima belas menit sudah dijalankan. Dan Mr.Bams sangat senang membaca. Kegiatan yang berhubungan dengan literasi di sekolah , Mr.Bams selalu mendapat jatah untuk terlibat.

Tujuan Membuat Blog

1. Malu sebagai guru TIK tidak punya blog
2. Malu sebagai penggiat literasi tidak punya blog
3. Berbagi pengalaman
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5. Menghasilkan rupiah

Isi Tulisan dalam Blog 

1.  Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis
    puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi.

Mr.Bams sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA.

Wabah Covid-19 menuai berkah

Karena adanya Covid19 Mr.Bambs memberanikan diri membuka kelas blog. Dan yang menginspirasi adalah Om Jay dan Kang Encon. Mr.Bams memperhatikan polanya, memperhatikan bagaimana mengelola kelas online di WA. Beliau belajar dengan cepat maka lahirlah :

1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)

Dan Mr.Bams mengakui bahwa beliau mengadakan kelas online memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harganya terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet, jauh lebih murah.
Ini alamat Mr.Bams kelas online yang dikelola Mr.Bams ,  https://penamrbams.id/testimoni-peserta-kelas-blog-bersama-mr-bams/

Nah ujung-ujungnya karena berada di ruang ini,di kelas belajar menulis online gelombang 8 ,  maka kita semua harus menghasilkan karya berupa sebuah buku. dan Mr.Bams akan mempersembahkan buku untuk kita semua.
Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya.Bermodal mau maka akan menjadi bisa.
Mr.Bams mengatakan semoga pengalaman yang disampaikan hanya setetes embun di pagi hari. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun.


*Kesimpulan*

1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.

2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.

3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.

4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan
Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman.

Mr Bams adalah sosok Maryo Teguh sejati yang selalu hadir di dalam sanubari .Mudah-mudahan dengan motivasi yang telah di berikan oleh Mr. Bams kita semua mulai termotivasi untuk menulis dan menerbitkan buku sehingga hati kita bisa teduh .

Menulislah setiap hari dan buktikan apa yg terjadi. Hal itu sudah dipraktikkan langsung oleh pak Bambang Purwanto yang biasa disapa Mr. Bams.
Terima kasih Mr.Bams atas inspirasinya malam ini dan indahnya kolaborasi, dan selalu siap melayani dengan sepenuh hati


Gunungkidul, 13 Juni 2020

3 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...