Selasa, 09 Juni 2020

VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG KECAKAPAN HIDUP KELAS 5B SD WILADEG

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG KECAKAPAN HIDUP KELAS 5B  DI TENGAH PANDEMI COVID 19.




Selama proses pembelajaran di rumah karena adanya Pandemi Corona ( Covid19) yang masih merajalela, maka untuk memutus penyebaran virus tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan adanya social distancing. Dunia pendidikan pun juga harus menerapkan belajar di rumah. Sekalipun belajar di rumah, bukan berarti anak-anak harus libur belajarnya, harus berhenti belajarnya. Anak-anak tetap berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran yang semestinya. Di saat pandemi ini ,orang tua atau keluarganya yang akan menjadi guru bagi anak-anak selama belajar di rumah. 

Selama  proses pembelajaran di rumah dalam jaringan ( daring ) dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada saat ini. Pembelajaran yang semula tatap muka langsung antara guru dan siswa di kelas atau disekolah ,diganti dengan belajar dari dan di rumah lewat dunia maya. Agar pembelajaran atau transfer ilmu pengetahuan dan kecakapan hidup tetap dapat berlangsung maka memanfaatkan aplikasi yang ada di hape. 
Diantaranya dengan google class meeting, zoom, webex, atau secara sederhana dan mudah dengan aplikasi WAG ( Whatssap Group). Lewat WA ini siswa - siswa dapat membuat video pembelajaran, atau mengirimkan hasil belajar tentang kecakapan hidup mereka selama belajar di rumah . Dan di sini orang tua sangat berperan penting sebagai guru atau pendidik yang mendampingi  anak-anak selama belajar di rumah. Pada saat belajar di rumah dibutuhkan kolaborasi, kerjasama, timbal balik antara anak dengan orang tua dengan memanfaatkan teknologi yang sekarang berkembang. Mereka   dapat merekam semua hasil pembelajaran di rumah  melalui video dengan aplikasi yang ada di hape. Teknologi saat ini sangat membantu untuk mengatasi  permasalahan pembelajaran di tengah pandemi ini. 

Untuk itu karena bapak ibu, orang tua mengajar dan mendidik tidak mempunyai kurikulum seperti halnya pendidikan yang berlangsung di sekolah, maka anak-anak tetap  dapat belajar tentang berbagai hal mengenai kecakapan hidup yang mereka lakukan sehari -hari selama pandemi ini. Orang tua atau keluarga harus tetap mendampingi anak-anak agar anak tidak salah langkah dalam memanfaatkan teknologi untuk berselancar di dunia maya lewat internet ini. 

Berikut video pembelajaran tentang kecakapan hidup hasil kreasi dari anak -anak kelas 5B SD N Wiladeg Karangmojo, berkolaborasi dengan orang tua atau keluarga mereka. Selamat menikmati.
Maria Evangelista sedang mempraktekan tentang membuat sayur sop


                                        

Dimas Wicaksana sedang membantu orang tuanya di sawah / ladang


                                    


                                           

Kanaya Ardia Meca sedang praktek membuat kue kering


Maria Putri Caroline sedang menanam sere



Salsabila Nurmala Dewi sedang praktek membuat pasta


Biyas Axel Nugroho sedang menanam bunga aglonema


                                        

Arzeta Rayyan Fidella sedang menanam bunga anggrek


Natalia Wahyu Winarsih sedang menanam lidah buaya


                                     

                                      

Rama Aprelistiyan sedang memasak sayur bening dan tahu goreng


Damar Elmaritza sedang merawat hewan piaraannya kucing


                                           

Ardhina Eka Putri N, sedang menanam jahe



Redita Amelia praktek membuat kue telur gabus


Febiana Putri Cahyani sedang membuat nasi goreng





Kevin Putra BAS, praktek membuat makanan ayam



Abigail  Jasmine Alya Dewanti, membuat mac & cheese


Kennardande  sedang membuat Seblak


Dika Hermawan sedang merawat tanaman 



Oktavia Egi Rahmawati sedang  praktek membuat bubur sumsum


TUNGGU TAYANGAN-TAYANGAN BERIKUTNYA ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...