Senin, 15 Juni 2020

BERBAGI PENGALAMAN " MAS GURU MENERBITKAN BUKU"

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.


(Disarikan dari Materi 46 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)

Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Senin, 15 Juni 2020

Sekilas Profil Narasumber

Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd, lahir di  Jakarta, 30 Juni 1992.
Pendidikan: S1 PGSD, Pekerjaan: Guru SD, dan bertempat tinggal di Bekasi.
Selain mengajar, mendidik siswa siswinya di sebuah sekolah dasar, Mas Brian  ternyata juga mempunyai kesibukan lain yaitu ngeblog sejak tahun  2009, menulis buku,  dan menulis puluhan artikel yang dimuat media cetak.

Materi Mas Brian

Om Jay menyerahkan waktu perkuliahan malam ini Senin 15 Juni 2020 pukul 19.00 – 21.00 WIB, kepada Ibu Fatimah, S.Si selaku moderator. Selanjutnya Ibu moderator mempersilahkan Mas Brian untuk menyampaikan pengalamannya tentang Ngeblog  Hingga Menulis dan Menerbitkan Buku.

Mas Guru Brian masih muda penuh talenta,  ternyata  senang dapat berinteraksi dengan bapak/ibu guru sekalian , peserta di grup menulis dibawah asuhan Om Jay, karena sama-sama suka menulis.

Mas Guru Brian mengatakan  deg-degan karena harus memberikan  materi kepada bapak/ibu yang sudah jauh berpengalaman. Menurutnya , pengalaman menjadi guru masih seumur jagung. Maka sebenarnya bapak/ibu sekalian/ pesertalah  yang menjadi panutan untuk Mas Brian, itu katanya. Maka Mas Guru Brian malam ini hanya ingin sharing saja.

Sharing Mas Guru Brian

Berikut penuturan Mas Brian tentang menulis di blog hingga menerbitkan buku :

“ Saya ngeblog di blogger.com.Maka sharing saya malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Saya tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis karena memang saya belum layak untuk porsi tersebut. Saya sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu saya bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.

Kebetulan saya sudah suka ngeblog sejak 2009.Berawal dari peserta saja, saya kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan saya sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit saya bisa membantu bapak/ibu.

Mengapa saya mau membantu ? 
Poin utamanya adalah Saya ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Saya ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Saya khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog.

Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini saya merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Saya bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Maka saya berharap grup ini nantinya tetap eksis.

Sebagai awal, silakan bapak/ibu baca artikel di blog saya .

Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog.
Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. 
Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.

Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

*Ide Tulisan*

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa.

 Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

*Blogger vs Wordpress*

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa hehehe. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Sebelum bapak ibu bertanya, saya jawab duluan saja sekarang ya hehe. Jadi nanti bapak/ibu bisa bertanya hal lain.

Jawaban saya tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. 

Maka menurut saya, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya.
Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

*Teknis penggunaan blogger*

Seperti yang saya katakan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Saya sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri ke saya. Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga saya sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. 

Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

ini video terbaru tutorial blog di channel youtube saya
Saya juga menulis buku blog
apa saja isi buku itu ? silakan lihat daftar isinya di blog saya
http://www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html

Sejak ngeblog pada 2009, saya telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan.
Saat ini saya memiliki dua buku solo. 



Pertama buku blog untuk guru yang sudah saya sebutkan tadi.
Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Saya pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. 

Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.
Dalam waktu dekat buku solo ketiga saya akan terbit. 
Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu saya buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, saya juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.
Semua buku itu masih saya terbitkan di penerbit indie. Maka dari itu saya masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Tips Membukukan Tulisan Di Blog

Ada beberapa tips membukukan tulisan yang berasal dari blog

1. Buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google, di lain waktu saya akan membuat videonya.
3. Memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu, karena tulisan yang sudah dipublish, bisa diedit lagi.
4. Agar blog dikunjungi banyak orang maka  share link blog ke medsos
5. Bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita digrup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger
6. Membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang

Kesimpulan

Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. 
Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung.

Menulislah dengan lepas tanpa beban . Bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak? Abaikan saja yang penting terus menulis.

Dan jika ada orang yang membaca maupun tidak membaca tulsian kita, itu adalah hal biasa menurut kita, tetapi dapat dianggap luar biasa,  bahkan dapat menginspirasi orang lain. Maka menulislah.

Salam literasi.
***

Gunungkidul, Senin malam ,15 Juni 2020

7 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...