Jumat, 19 Juni 2020

KOLABORASI MENULIS BUKU ANTOLOGI DI TENGAH PANDEMI

TEMA : " BERKAH DI BALIK WABAH CORONA "


Dalam rangka menyambut bulan bahasa Oktober 2020, mari menulis sebuah essai tentang berkah atau hikmah yang ditemui di tengah pandemi corona virus (Covid19).


BERSAMA PENULIS : MBAK ESTI NURYANI KASAM ( ESNUKA)


Esti Nuryani Kasam, seorang penulis produktif wanita  asli Ponjong Gunungkidul, yang sudah berkeliling Eropa, beberapa negara Asia, Australia berkat menulis, mengajak saudara saudari yang berminat untuk menulis dan menerbitkan sebuah buku antologi ( buku yang ditulis secara bersama-sama atau keroyokan ) untuk membagi ilmu, pengalaman, pengetahuan, yang didapatkan dari kisah sehari-hari dalam menghadapi masa-masa di tengah pandemi corona virus19 yang tengah melanda bumi. 

Hampir semua negara di belahan bumi ini terkena dampak dari penyebaran virus corona yang hingga kini masih merajalela. Temasuk negara kita ,persada nusantara, Indonesia tercinta.

Tentunya banyak sekali kejadian, pengalaman, kenyataan dan sebagainya yang kita rasakan sehari-hari selama adanya social distancing, yang hampir semua lini kehidupan merasakan akibat penyebaran virus corona tersebut. 

Mulai bulan Maret semunya harus menerapkan peraturan pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona tersebut dengan mengubah tatanan kehidupan. 

Dimana semua harus belajar di rumah, bekerja di rumah dan beribadah di rumah. Semuanya harus patuh pada protokol kesehatan, untuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan memakai sabun.

Dari situlah pasti banyak kisah indah, sedih, gundah dan penuh hikmah untuk didokumentasikan . Dan salah satu cara yaitu dengan menuliskan pengalaman, yang dirasakan, ditemui, diamati, setiap hari selama masa pandemi. Karena dengan cara menuliskan akan menjadi sebuah dokumentasi yang abadi sebagai warisan atau legacy bagi generasi mendatang. 

Untuk itulah, mari kita berkolaborasi membuat sebuah karya berupa pustaka ( buku ) yang akan melegenda sampai akhir masa.

Syarat dan Ketentuan : 

1.Tema : "Berkah dan hikmah di balik wabah               pandemi corona "
2.Siapa pun dan apapun profesinya yang suka             menulis, silahkan kirim tulisan Anda.
3.Usia tidak dibatasi.
4.Satu orang mengirimkan satu judul tulisan.
5.Disertakan foto diri close up disertai identitias diri : nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor HP, email,pekerjaan.
6.Panjang naskah / tulisan antara 5 - 7 halaman       kuarto.
7.Tulisan diketik rapi dengan huruf Times New Roman 12 atau Arial 12 , ukuran kertas A5, spasi 1,5. 
8.Tulisan dikirim paling lambat akhir Juli 2020.
9. Tulisan akan dipilih 25 terbaik untuk diterbitkan        menjadi sebuah buku antologi.
10.Sisihkan dan kirimkan investasi sebesar                     Rp.150.000; 
Anda akan mendapatkan keuntungan dan kebermanfaatan yaitu berupa : 
  • 3 buah buku antologi dimana tulisan Anda dimuat, dan  editing naskah yang dikirim.
  • Buku yang ber-ISBN (buku yang sudah mendapatkan legalitas dan menjadi dokumen perpustakaan nasional , nama kita ada di antara penulis-penulis terkenal yang didokumentasikan negara )
  • Lambat laun nama kita akan dikenal sebagai seorang penulis.
  • Dengan begitu lambat laun pasti nyata kita akan semakin kecanduan untuk menulis buku, menghasilkan karya-karya bermutu lainnya selain mendapatkan nama , juga royalty jika tulisan kita dikenal dan banyak yang membaca dan membelinya. 
  • Kebanggaan dan kebahagiaan yang tiada tara karena kita akan meninggalkan jejak sejarah berupa buku, dan inilah sebagai salah satu cara agar kita dapat hidup 1000 tahun lagi, dimana tulisan kita akan tetap abadi dan menjadi warisan anak cucu kita.
  • Selamat bergabung, selamat menulis. Salam literasi.
*) Kirim donasi 150.000 ( dapat 3 buku, buku berISBN, cetak, layout dan desain cover) ke No.rekening, Esti Nuryani Kasam bank ..............No .Rek.......
*) Kirim naskah / tulisan ke email : esetyowee@gmail.com atau WA. Eni Setyowati : 082 226 041 222.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...