Rabu, 10 Juni 2020

VIDEO PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER "JIWA NASIONALISME" SISWA KELAS 5B SD N WILADEG

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.


Pemerintah menggalakkan PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter ) sebagai salah satu upaya untuk menanamkan, membangun sifat-sifat atau karakter mulia dalam diri dan jiwa anak didik kita dari usia yang paling muda, sejak lahir, bahkan sewaktu masih dalam kandungan. 

Dan untuk menumbuhkan dan membangun karakter mulia tersebut terutamanya dimulai dari pendidikan dasar sebagai landasan, pondasi , dasar bagi kelangsungan pendidikan di jenjang-jenjang berikutnya ( SMP, SMA,Perguruan tinggi ) bahkan akan sangat bermanfaat dan diperlukan kelak untuk hidup bermasyarakat ,berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai karakter mulia tersebut di integrasikan dalam proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 ( kurtilas ) yang menerapkan strategi / metode pembelajaran tematik. Adapun nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam kurikulum 2013 adalah menyangkut :
- religius ( jiwa berke-Tuhanan )
- nasionalisme ( Jiwa patriotik, cinta tanah air dan bangsa )
- mandiri ( punya etos kerja yang tinggi )
- gotong royong ( kerja sama/kolaborasi)
- integritas  ( antara ucapan dan perbuatan selaras / tidak munafiq).

Dan nilai-nilai karakter mulia tersebut senantiasa diajarkan , digaungkan , digelorakan dengan tiada jemu oleh bapak dan ibu guru di sekolah, di dalam kelas saat-saat pembelajaran, maupun di luar pembelajaran. Dengan tujuan untuk menanamkan karakter mulia kepada anak didiknya agar kelak di kemudian hari dapat menjadi generasi muda penerus harapan bangsa yang handal dan bermoral di era digital yang semakin mengglobal.

Dan itu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia yaitu untuk menciptakan manusia-manusia Indonesia Seutuhnya yang berimtaq ( beriman dan bertakwa ) dan beriptek ( berilmu pengetahuan dan teknologi )

Untuk itulah, siswa -siswa kelas 5B, di saat-saat belajar di rumah di tengah pandemi covid19 ini , tetap mempunyai jiwa nasionalisme, cinta tanah air dan bangsa,berjiwa patriotik, rela berkorban dengan meneladani semangat dan jiwa para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa, dengan mengisi hari-hari di tengah pandemi untuk bernyanyi lagu-lagu wajib nasional dan mengapresiasi pesan atau amanat yang terkandung dalam lirik lagu-lagu wajib nasional tersebut. 

Inilah video penguatan pendidikan karakter tentang jiwa nasionalisme siswa siswi kelas 5B SD N Wiladeg dengan ,menyanyikan lagu -lagu wajib nasional baik di sekolah maupun di rumah di tengah pandemi corona:
                                    


                                      

                                   
                                     



                                     







TUNGGU TAYANGAN BERIKUTNYA





                           


                           


                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...