Rabu, 24 Juni 2020

PENERIMAAN RAPORT SD N WILADEG DI MASA PANDEMI

OLEH : ENIS





Rabu, 24 Juni 2020, adalah akhir tahun pelajaran 2019 / 2020, karena hari ini, sekolah-sekolah dasar di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, melaksanakan penerimaan raport kenaikan kelas semester 2. 

Dan penerimaan raport tahun ini berlangsung masih di tengah-tengah pandemi corona virus yang masih menghantui masyarakat. Walaupun pemerintah pusat maupun daerah sudah memberitahukan bahwa saatnya kita menerapkan new normal dalam segala aspek kehidupan yang tadinya ibaratkan hampir semua lini kehidupan mengalami kelumpuhan. Namun kini sudah mulai bergerak lagi. 

Daerah Gunungkidul oleh pemerintah masih berstatus zona kuning atau malah merah. Namun karena sudah terlalu lama peenrapan social distancing dengan belajar di rumah, bekerja di rumah, maka SD N Wiladeg , Karangmojo mengambil kebijakan dalam penerimaan raport di tengah pandemi ini.

Berdasarkan hasil musyawarah sekolah tentang kenaikan kelas hari Selasa, 23 Juni 2020, maka diputuskan bahwa penerimaan raport hasil belajar siswa -siswi SD N Wiladeg tetap diterimakan, sekalipun ada himbauan dari dinas pendidikan agar raport disimpan dulu di sekolah. 

Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya, raport di bagikan. Tentu saja dengan mematuhi anjuran pemerintah untuk social distancing dan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun penerimaan raport semester 2 kenaikan kelas di SD N Wiladeg ini dengan pertimbangan dan ketentuan :

1. Orang tua dan siswa akan lebih puas jika dapat mengetahui perkembangan hasil belajar selama pandemi dengan pembelajaran daring,  sekalipun penilaian tidak maksimal seperti halnya pembelajaran tatap muka di sekolah. 

Apalagi ini adalah penerimaan raport untuk kenaikan kelas ke tingkat di atasnya, tentu saja sangat dinanti-nanti oleh orang tua maupun siswa.

2. Dalam pengambilan raport di bagi menjadi  beberapa gelombang/ shift. Yaitu jadwalnya pukul 07.00 - 08.00 WIB jadwalnya kelas 1 dan kelas 2. Pukul 08.00 - 09.00 jadwalnya kelas 3 dan kelas 4. Pukul 09.00 - 10.00 WIB, jadwalnya kelas 5A da 5B.

3. Orang tua / wali siswa harus memakai masker, jaga jarak, cuci tangan di washtapel yang ada di sekolahan sebelum menerima raport.

4. Pelaksanaan penerimaan raport diadakan di tempat terbuka yaitu di aula atau pendopo sekolahan, di hall depan sekolahan, atau di beranda kelas .

5. Pengumuman lain-lain disampaikan lewat grup paguyuban kelas masing-masing dengan satu redaksi dari Ibu Kepala Sekolah untuk mengurangi komunikasi agar tidak banyak berkontak langsung lewat percakapan/perbincangan.

Gunungkidul, Rabu, 24 Juni 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...