Selasa, 23 Juni 2020

3 MANFAAT DARI KEGIATAN BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY ,NARA SUMBER HEBAT DAN PARA SAHABAT HEBAT

OLEH : ENIS

Awal diterapkannnya social distancing oleh pemerintah, sekitar pertengahan bulan Maret 2020 lalu, ada brosur yang dishare di grup sekolah . Yaitu tentang pemberitahuan adanya belajar menulis online gratis yang dipandu oleh Om Jay atau Bapak Wijaya Kusumah,M.Pd.

Dengan tanpa berpikir panjang, akhirnya aku langsung mendaftarkan diri, bergabung dengan link dan nomor hape yang ditulis di brosur tersebut. Tidak sampai berjam-jam, Omjay sebagai penggagasnya langsung memasukkan nomer WAku ke grup belajar menulis gelombang 8. 

Mengapa aku begitu tertarik dengan grup ini? Karena memang sejak kecil , aku suka dengan membaca. Suka dengan dunia tulis menulis. Walaupun mungkin selama ini dunia tulis hanya kutekuni dalam diam. Kutuangkan dalam diari atau buku catatan harianku saja hingga berserakan di antara buku-buku yang ada di rumahku. Yang suatu saat coretan-coretan penaku itu akan kurangkai menjadi sebuah pustaka yang akan kuberi judul " Bunga Rampai Yang Terberai" kini akan kurangkai menjadi sebuah mahligai kehidupanku.

Pikirku ketika aku bergabung di grup ini, mungkin di sinilah jalan aku untuk menuntut ilmu tentang menulis itu akan terpenuhi. Hasrat menulisku akan tersalurkan. Dan ternyata memang benar. 

Sejak bergabung dengan grup belajar menulis online gelombang 8 ini ternyata aku tidak salah masuk. Di dunia maya ini, di rumah keduaku ini, aku bertemu dengan insan-insan hebat. Mulai dari teman, yang kini sudah ibarat saudara, sahabat sekaligus keluarga, ditambah lagi nahkodanya OmJay didampingi para moderator hebat. 

Dan tentu saja para Sang Guru Hebat yang senantiasa dengan penuh daya dan pesona menebarkan ilmu-ilmu tentang menulis, tentang kehidupan, dan tentang apa saja yang dibutuhkan dalam kehidupan ini.

Disinilah aku menemukan dan merasakan 3 manfaat hebat bergabung dengan sahabat, pemandu, dan narasumber hebat di grup belajar menulis . Disini, di grup ini aku dapat menjalin tali silaturahmi dengan insan-insan Tuhan dari berbagai penjuru tanah air, dari berbagai latar belakang budaya, sosial, profesi, tempat tinggal, dsb yang beragam. 

Namun tak menyurutkan langkahku , langkah kami semua untuk mengayun asa bersama dengan penuh kedamaian. Dan semuanya mempunyai satu tujuan yaitu ingin mendapatkan secercah ilmu tentang tulis menulis dengan segala rangkaiannya.

Dan dengan bergabungnya di grup ini, berarti kita semua telah menjalin tali silaturahmi, yang dianjurkan dalam ajaran agama.   Di sini kita  saling mengenal satu sama lain, saling berbagi, saling bercanda, saling suport, saling memberi, saling melengkapi, saling mendukung, saling berkunjung ke blog teman lain. 

Dan semua ini adalah menjalin tali silaturahmi lewat dunia tulis menulis, sekalipun hanya lewat maya. Namun tak mengurangi rasa pertemanan yang kini sudah terukir menjadi sebuah persahabatan, persaudaraan diantara yang satu dengan yang lain.

Menjalin tali silaturahmi ada beberapa manfaat yang kita dapat. Begitu juga kita menjalin silaturahmi dengan sesama peserta yang punya tujuan sama yaitu berkarya dengan menggoreskan pena untuk merangkai kata sehingga dapat menjadi sebuah pustaka yang akan melegenda sepanjang masa.

Inilah 3 manfaat menulis bersama di grup ini yaitu :

1. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini banyak sekali ilmu hidup dan kehidupan, juga ilmu-ilmu tentang kecakapan hidup, kesuksesan hidup, keterampilan hidup dan lain-lain yang didapat dari membaca dan menulis. 

2. Mendapatkan banyak sahabat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini, kita mendapatkan banyak teman / sahabat, yang kini sudah seperti saudara , walau jauh di mata namun dekat di hati. Saudara sebangsa dan setanah air yang berasal dari hampir seluruh penjuru negeri. Dan persahabatan ini   akan terkenang sampai mati.

3. Bertemu manusia-manusia hebat.

Dengan bergabung di grup belajar menulis online ini kita juga diberi kesempatan oleh Tuhan, untuk dapat bertemu dengan para manusia hebat yang dianugerahi talenta luar biasa, para  narasumber yang ilmunya sangat sarat dengan nasehat, kiat-kiat, , siraman semangat yang sangat bermanfaat agar kita menjadi manusia-manusia yang literat sepanjang hayat dan akan berguna dalam menapaki kehidupan di dunia juga sebagai bekal menuju alam akherat. Insya Alloh.

Salam literasi, mari tuangkan imajinasi dengan berekspresi diri lewat goresan-goresan pena berdasarkan kalam-kalam Ilahi. 

Gunungkidul, Selasa, 23 Juni 2020

8 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...