Jumat, 12 Juni 2020

KISAH INSPIRATIF : KEAJAIBAN MENULIS DI BLOG



OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.



(Disarikan dari Materi 40 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Narasumber : Wijaya Kusumah,M.Pd.
Senin, 1 Juni 2020

Senin, 1 Juni 2020 bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, Bapak Wijaya Kusumah akan memberikan kuliah online lagi di grup menulis gelombang 8 ini, setelah beberapa waktu istirahat tidak ada kuliah karena menyambut hari raya Idul Fitri tahun 1441 H atau tahun 2020 M.

Setelah Lebaran ini Om Jay akan memberikan materi kuliah seminggu 3 kali yaitu hari Senin, Rabu dan Jumat. Waktunya malam hari pukul 19.00 – 21.00 WIB melalui WAG gelombang 8.
Pukul 19.02 , Senin malam, Om Jay kembali menyapa peserta kuliah dengan salam khasnya, kemudian meminta ijin untuk memberikan materi tentang” Menerbitkan Buku dari Hasil Menulis di Blog”.


Pengalaman Om Jay Menerbitkan Buku lewat nge-Blog

Ini buku hasil tulisan Om Jay lewat menulis di blog



Menurut Om Jay, bahwa  banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu Om Jay menulis setiap hari di blog. Dengan begitu Om Jay  dapat membuat buku dari hasil menulis di blog. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit . Dan akhirnya menjadi buku-buku yang luar biasa.

Menurut cerita Om Jay lagi, bahwa Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh Pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan buku tidak pernah satu kalipun kami bertatap muka. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang. Sedangkan Om Jay ada di Bekasi. Keduanya berkomunikasi hanya lewat WA saja. Tulisan diambil dari kisah nyata Om Jay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.

Om Jay juga mengatakan bahwa  buku “ Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa “ diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat PTK ini Om Jay mendapatkan laptop baru dan uang jutaan rupiah. Bisa pergi ke Bali gratis naik pesawat Garuda Indonesia dan menginap di hotel bintang 5.

Awalnya Om Jay tidak tahu kalau hasil PTK dapat dijadikan buku ber ISBN. Setelah belajar bersama Pak Lukman di Jawa Timur lewat online, Om Jay menjadi tahu ilmunya.

Kemudian Ibu Hati Nurahayu di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja Om Jay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.


Berkat membuat laporan PTK yang baik Om Jay dapat hadiah kuliah singkat ke CHINA UNIVERSITY OF MINING TECHNOLOGY atau CUMT. Omjay belajar steam di sana dan pulang bawa uang 21 juta. Bukan hanya uang tapi juga segudang pengetahuan baru yang akan omjay terbitkan dalam buku baru. Sekarang sedang dikerjakan prosesnya di Penerbit Camp Pustaka Yogyakarta.

Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari Penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata Om Jay menulis di blog dan menjadi blogger ternama. 

Lewat buku ini Om Jay mengajak kawan- kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet. Blogger ternama ditulis dari kisah- kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa.

Bahkan berkat rajin menulis di blog Om Jay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di Istana Negara bersama Presiden Jokowi.
Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan Om Jay menjadi blogger ternama. Bahkan Om Jay dan istri bisa bulan madu gratis ke Singapura karena menulis di blog. Hal itulah yang ingin Om Jay tularkan kepada para peserta kuliah belajar menulis online.

Bukan menularkan virus corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

Buku Om Jay “ Menulislah Setiap Hari “ adalah buku pertama kali yang Omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor.

Namun Om Jay tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa Mbak Abdah Khan. Berkat beliau, buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.Kemudian buku itu diterbitkan oleh Penerbit Indeks Jakarta dengan editor Mas Yuan Acita. Sampai sekarang Omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini, Omjay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat.


Pesan Omjay kepada kawan kawan guru hebat se Indonesia bahwa kolaborasi itu penting.Keempat buku yang omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yang menulis hanya untuk kenaikan pangkat.


Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja. Berbagi itu tidak pernah rugi. Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet.
Hal itulah yang Om Jay lakukan selama 11 tahun ini. Orang tahu Om Jay dari tulisan Om Jay di blog.

Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan menghasilkan padi yang bagus kalau prosesnya bagus. Ingat selalu ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

Kesimpulannya adalah menulis dan menerbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain yang baik hati seperti editor yang menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tidak diminta. 

Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta. Selamat menulis. Salam literasi.

Gunungkidul,Jumat,12 Juni 2020



6 komentar:

  1. Jiian tertata rapih ibuk... Sip

    BalasHapus
  2. Sip. Selamat menulis dan menjadi blogger

    BalasHapus
  3. Sukses terus bu. Terus menulis semoga segera menyusul om jay. Jadi blogger ternama

    BalasHapus
  4. Terima kasih Om jay dan pak heri...berkat suport tanpa henti dr omjay juga teman2 semua..kita pasti bisa...semoga...

    BalasHapus
  5. Terima kasih Om jay dan pak heri...berkat suport tanpa henti dr omjay juga teman2 semua..kita pasti bisa...semoga...

    BalasHapus

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...