Minggu, 14 Juni 2020

RAPAT KELULUSAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

OLEH : ENI SETYOWATI




Jumat, 12 Juni 2020, tepat pukul 09.30 WIB, acara Rapat Kelulusan Tahun Pelajaran 2019 / 2020, di mulai.  Dengan susunan acara sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Informasi Dinas
3. Rapat Kelulusan
4. PPDB 2020 / 2021
5. Penutup

Pembukaan
Acara rapat kelulusan tahun pelajaran 2019/ 2020 dibuka dnegan berdua bersama oleh Ibu Kepala Sekolah, Suparmiasih,S.Pd.

Info Dinas 

Dilanjutkan dengan penyampaian beberapa informasi dari dinas pendidikan antara lain :

1. Tentang SKL ( Standar Kelulusan )
2. Laporan kelulusan dan berita acara
3. Pengumuman kelulusan disampaikan pada hari          Senin tanggal 15 Juni 2020, dan teknisnya 
    diserahkan kepada masing-masing sekolah.
4. Sekolah membuat rekap nilai tentang :
 a. 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia,                 Matematika dan IPA )
 b. Rekap nilai kelulusan yang akan tertuang                   menjadi nilai ijazah adalah diambil dari nilai 
     semester 1 kelas 4 - nilai semester 1 kelas 6             yang meliputi KI3 ( Kompetensi Inti              Pengetahuan ) dan KI 4 ( Kompetensi Inti                Keterampilan )
5. Untuk kegiatan PPDB SD dilaksanakan pada              tanggal 22 - 24 Juli 2020. Pengumuman pada 
    tanggal 25 Juni. Petunjuk teknis pelaksanaan            PPDB tahun ajaran 2020 / 2021 ada dalam                Perkadis ( Peraturan Kepala Dinas ) Pendidikan. 
6. Untuk PPDB SMP dilaksanakan tanggal 29 Juni          2020 - 1 Juli 2020. Sekolah hanya membantu
    persiapannya ( menyiapkan dokumen-dokumen :      ijazah, raport, dll) sedangkan pendaftaran 
    diserahkan kepada siswa dan orang tua siswa. 
7. Untuk nilai raport kenaikan kelas tahun pelajaran      2019 / 2020 , diserahkan kepada masing-masing 
    sekolah. Artinya sekolah menerapkan "Merdeka          Belajar ", sekolah boleh melaksanakan PAT atau 
    boleh tidak melaksanakan PAT.


Penilaian PAT



Jika tidak melaksanakan PAT maka rekap nilai raport didapat dari nilai harian ditambah nilai PTS dan ditambah nilai pembelajaran daring ( tugas-tugas/portopolio siswa selama pandemi corona ).



Dan jika melaksanakan PAT, maka rekap nilai raport didapat dari nilai harian, ditambah nilai PTS dan ditambah nilai PAT.

Dalam penulisan raport tertanggal 24 Juni 2020. Raport tetap dibuat, namun disimpan di sekolah dulu atau tidak disampaikan ke siswa / orang tua karena masih social distancing. 


Selanjutnya nilai raport dapat disampaikan dengan memfoto rekap daftar nilai raport semester 2 tahun pelajaran 2019/ 2020 dan dikirim lewat WAG ( Whatsapp Grup ) di paguyuban kelas maisng-masing. 



SKL ( Standar Kelulusan )

Selanjutnya untuk nilai SKL standar minimal kelulusannya yaitu sebagai berikut :


1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti : 75

2. PKN : 72
3. Bahasa Indonesia : 72
4. Matematika : 70
5. IPA : 72
6. IPS : 72
7. SBdP : 75
8. Penjasorkes : 75
9. Bahasa Jawa : 70
Nilai rata-rata semua mata pelajaran di atas adalah 72,5


Penyampaian hasil belajar siswa



Selanjutnya Ibu Kepala Sekolah meminta kepada masing-masing guru yang mengampu kelas 6 untuk menyampaikan laporan penilaian terhadap kompetensi siswa. 

Mulai dari guru agama, guru olahraga, dan guru kelas, dari 2 rombongan belajar yaitu kelas 6A dan 6B.


1. Pak Haryono ( guru agama Islam) :

    untuk penilaian budi pekerti siswa berdasarkan          hasil pengamatan, proses pembelajaran, tugas-        tugas, kedisiplinan, ketertiban, dll sebenarnya            sudah layak, namun selama pembelajaran daring      ini kedisplinan anak dalam mengumpulkan tugas-      tugas kurang. Dan dinyatakan lulus semua,              memenuhi SKL.


2. Bu Reni ( guru agama Kristen ) :

    untuk anak-anak yang kristen, penilaian hasil            belajar sebelum masa libur pandemi maupun di          saat pembelajaran daring sudah memenuhi                standar kelulusan. Siswa-siswa disiplin dalam            mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan              tugas-tugas dari pembelajaran daring. Jadi                semuanya memenuhi standar kelulusan. 


3. Pak Jumaryono ( guru penjasorkes )

    Semua anak kelas 6 sudah memenuhi standar          kelulusan,  tingkah laku ,budi pekerti dan                  pengetahuan serta keterampilan sudah                      sewajarnya dunia anak ( semua baik ) tidak 
    ada yang keluar jauh dari aturan.

4. Bu Rubinem ( guru kelas 6A) dan Bu Aini ( guru        kelas 6B) 
    Dari kompetensi pengetahuan ( KI3)dan                    kompetensi keterampilan ( KI4) semuanya sudah      memenuhi standar kelulusan.


Jadi berdasarkan pertimbangan, pengamatan, penilaian dll, terhadap kompetensi siswa -siswa kelas 6A dan 6B tahun pelajaran 2019 / 2020, dan berdasarkan hasil rapat sekolah tentang kelulusan, maka dinyatakan lulus semua ( 100 %), dengan jumlah siswa sebanyak 43 anak, terdiri laki-laki :17 anak, perempuan : 26 anak. 



Kemudian untuk pengumuman kelulusan pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020 yaitu dengan mengundang orang tua / wali siswa ke sekolah.



Agar tidak menyalahi peraturan pemerintah tentang social distancing, dan memenuhi aturan protokol kesehatan, maka undangan dibagi menjadi 2 gelombang yaitu untuk kelas 6A jam 08.00 - 09.00 WIB. Sedangkan untuk kelas 6B pukul 09.30 - 10.30 WIB. 



Dalam undangan yang dishare di grup paguyuban kelas 6 , diberi catatan agar tetap menerapkan social distancing yaitu jaga jarak, dan semuanya harus memakai masker, cuci tangan sebelum mengikuti pertemuan.



Adapun tempat pertemuan untuk pengumuman kelulusan yaitu di luar ruangan , di aula SD N Wiladeg. Dengan penempatan kursi yang diberi sela / antara yang satu dengan yang lain ( jaga jarak ).



Karena sekarang masih dalam status waspada corona maka, tidak diadakan perpisahan seperti kelulusan tahun-tahun lalu. Maka pada saat pengumuman kelulusan, Ibu Kepala Sekolah akan sekalian menyerahkan siswa kepada orang tua karena sudah dititipi anak-anak untuk diajar , dididik dan dibimbing selama 6 tahun. 



Selanjutnya untuk kenang-kenangan dari orang tua , sekolah akan menyerahkan kepada pihak orang tua / paguyuban.



Kemudian untuk perpisahan siswa dengan bapak ibu guru akan dilaksanakan pada saat siswa melakukan cap 3 jari di sekolah.

Penulisan ijazah dilakukan oleh guru kelas 6 masing-masing. 


Acara selanjutnya membentuk panitia PPDB tahun pelajaran 2020 / 2021, dengan susunan sebagai berikut :

1. Penanggung jawab : Kepala Sekolah( Ibu                  Suparmisih, S.Pd.)
2. Ketua : Jumaryana,S.Pd.
3. Sekretaris : Jayanti Nur Indah Sari, S.Pd.
4. Bendahara : Rachmawati,S.Pd.SD.
5. Anggota : semua guru / karyawan/karyawati


Rapat kelulusan ditutup lebih kurang pukul 12.00, dengan diakhiri berdoa bersama.



Gunungkidul, Sabtu, 13 Juni 2020





2 komentar:

  1. Coretan tanganmu merupakan ukiran hati yang diuraikan dalam cerita kehidupan yang menginspirasiku dan teman - teman untuk melakukan sebuah karya. Namun segala keterbatasan kami dalam segala hal menjadi kendala untuk memulainya. Keluarga besar SD Negeri Wiladeg baik bpk - ibu guru, karyawan / i, peserta didik dan orangtua murid terus mendukung dan memotivasi agar maju dan berkembang lebih besar dengan karya - karya yang lain. Salam Sukses. Tuhan memberkatimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow....bu emilia buka blog ya....ayo bu emi maju terus,,, menulis tuk menghasilkan karya-karya nyata...terima kasih semangat dan dukungannya bu emilia

      Hapus

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...