OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.
(Disarikan
dari Materi 35 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Narasumber : WIJAYA KUSUMAH,M.Pd.
Senin, 18 Mei 2020
Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Sekilas
Profil Narasumber:
Senin siang, 18 Mei 2020 ,
Om Jay memberitahukan bahwa narasumber hari ini yaitu Bapak Munif Catib berhalangan
. Beliau baru berangkat ke Surabaya sehingga
tidak dapat mengisi kuliah belajar
menulis online di gelombang 8 siang ini. Maka materi beliau akan digantikan
oleh Om Jay sendiri. Dan Mr.Bambs akan menjadi moderator dalam pertemuan kali
ini.
Materi yang Om Jay sampaikan
tentang Menciptakan Pola Belajar yang
Efektif dari Rumah. Acara dimulai pukul 13.00 – 15.00 . Kemudian setelah dipersilahkan oleh moderator, Mr.Bams,
Om Jay mengirimkan youtube contoh pembelajaran jarak jauh di SMP Labschool Jakarta.
Contoh Jadwal pembelajaran daring di SMP Labschool, Jakarta.
Contoh Jadwal pembelajaran daring di SMP Labschool, Jakarta.
Belajar
dari PJJ SMP Labschool Jakarta
Pembelajaran jarak jauh di
SMP Labschool tempat Om Jay mengajar tersebut benar-benar terencana dengan baik,
ada jadwal yang tersusun rapi. Om Jay mengatakan bahwa prinsip yang harus
diperhatikan dalam menciptakan pola pembelajaran dari rumah adalah kegiatan
pembelajaran harus menyenangkan semua.
Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru dapat menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru dapat menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Menurut Om Jay, gunakan
teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.
Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tersebut dengan memadukan antara
teks, foto dan video.
Om Jay juga menyarankan agar sebagai guru dapat dan mampu melejitkan keterampilan menulis siswa lewat
blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui
blognya masing-masing.Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin
disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga
tulisan.
Saran-Saran
dari Guru Blogger
Menanggapi beberapa
pertanyaan dari para peserta grup menulis , om Jay memberikan saran-saran. Agar
dapat tercipta pembelajaran efektif dari rumah yang menyenangkan ada beberapa
hal yang harus dilakukan yaitu :
Ø Jadwal
kegiatan pembelajaran jarak jauh ini harus dirubah, tidak sama dengan tatap muka di sekolah.
Ø Pembelajaran
jarak jauh / daring lebih menekankan kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi,
karakter dengan memadukan iptek ( ilmu pengetahuan dan teknologi ) dan imtak (
iman dan takwa).
Ø Untuk
penilaian, guru dapat melakukan penilaian berbasis proyek atau portofolio,
disesuaikan dengan kondisi siswa SD.
Ø Kemungkinan
setelah pandemic corona berhenti, akan terjadi pembelajaran blended learning, yaitu ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di
dunia maya. Oleh karena itu guru harus
belajar sepanjang hayat supaya tidak tergantikan oleh teknologi modern.
Ø Solusi
untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif bagi sisiwa adalah gunakan teknologi yang ada. Kalau yang ada
kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tidak mau, suka atau tidak suka,
siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM
unggul.
Ø Cara
yang dapat ditempuh agar siswa juga aktif mengumpulkan tugas pembelajaran
daring yaitu siswa jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan
sukarela.
Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yang belum mengumpulkan tugasnya, orang tua harus diberitahu karena kerjasama guru dan orang tua sangat penting dalam pembelajaran yang efektif dari rumah.
Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yang belum mengumpulkan tugasnya, orang tua harus diberitahu karena kerjasama guru dan orang tua sangat penting dalam pembelajaran yang efektif dari rumah.
Ø Cara
mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring yaitu harus sabar dan gunakan fasilitas yang ada. Ingatlah
film Laskar Pelangi, ditengah keterbatasan, justru Ibu Muslimah dapat
melahirkan anak- anak yang hebat dan dapat berkeliling dunia.
Ø Untuk
anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil.
Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya, bercerita
dan mengerjakan tugasnya.
Hal itu sering terjadi dan dialami oleh para guru, jadi tetap sabar menunggu mereka menyelesaikan tugasnya bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Dan tetap berkomunikasi dengan orang tua siswa.
Hal itu sering terjadi dan dialami oleh para guru, jadi tetap sabar menunggu mereka menyelesaikan tugasnya bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Dan tetap berkomunikasi dengan orang tua siswa.
Ø Penilaian
siswa yang tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring
untuk saat ini walaupun sudah terjadwal? Sebaiknya penilaiannya dengan dicatat,
kemudian diberikan surat teguran dari sekolah, kemudian dicaritahu apa
masalahnya. Sebab bisa jadi ada masalah serius di keluarga siswa, seperti orang
tuanya kena phk, atau sakit, dll.
Ø Penilaian
kepada siswa selam pembelajaran daring hanya guru yang bersangkutan yang lebih
tahu, kalau dirasa dengan online sudah cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi
bila belum cukup bisa gunakan waktu e-remedial
melalui online. Hal itu dilakukan bila ada nilai siswa yang kurang dengan
menghubungi wali kelas dan orang tua siswa. Dapat mengadakan rapat dengan dewan guru untuk memberikan
solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir.
Ø Penilaian
yang tepat untuk pembelajaran daring seperti saat ini yang cocok,itu tergantung
situasi dan kondisi. Kalau masalah cocok
itu relatif karena kondisinya tidak sama di setiap daerah. Guru dapat melakukan
inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa. Seperti dalam artikelnya Om Jay
di https://www.kompasiana.com/isardasukitasim/5ead48f5d541df3a7323d8e5/menciptakan-belajar-efektif-dari-rumah?page=4
Ø Dalam
menciptakan pola belajar yang efektif dari rumah itu, agar siswa konsisten
untuk memperhatikan dan memenuhi tugas-tugasnya dan pembelajaran menjadi lebih
efektif adalah adalah membuat jadwal dan
guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yang kurang tepat
disampaikan kepada murid.
Kolaborasi guru sangat penting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dengan teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orang tua murid yang terus menerus.
Kolaborasi guru sangat penting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dengan teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orang tua murid yang terus menerus.
Ø Kendala-kendala
yang dialami dalam PJJ selain jaringan internet, juga fasilitas yang dimiliki
siswa dan guru di rumah. Kalau akses internet tidak ada , gunakan teknologi yang
ada di sana, misalnya cuma ada sms, belum ada WA, siswa punya hape tapi tanpa
kamera, maka telpon langsung adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya
pulsa cukup besar.
Jadi setiap guru akan mengalami hal yang beragam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman dituliskan di blog sehingga dapat menginspirasi guru lainnya.
Jadi setiap guru akan mengalami hal yang beragam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman dituliskan di blog sehingga dapat menginspirasi guru lainnya.
Ø Keluhan
siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar
lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yang
terpakai.
Sebaiknya berdasarkan pengalaman, aplikasi yang paling cocok, mudah, dan efektif yang dapat digunakan saat ini adalah menggunakan aplikasi zoom dan anak-anak suka, walaupun ada aplikasi yang lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara penggunaanya.
Sebaiknya berdasarkan pengalaman, aplikasi yang paling cocok, mudah, dan efektif yang dapat digunakan saat ini adalah menggunakan aplikasi zoom dan anak-anak suka, walaupun ada aplikasi yang lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara penggunaanya.
Ø Trik
atau solusi guru dalam menghadapi siswa yang
belum mempunyai hape android adalah gunakan hape yang ada dulu, dan sederhana
saja, buat modul khusus untuk kondisi seperti ini dengan penugasan yang tak
terlalu sulit.
Ada yang punya HP tapi alasan tidak mampu beli kuota maka guru harus mencoba cari donatur atau sponsor, peran komite sekolah harus diberdayakan sehingga guru terbantu dengan adanya komite sekolah. Dan harus ada kesepakatan guru di sekolah tersebut dengan memperhatikan gaya belajar siswa.
Ada yang punya HP tapi alasan tidak mampu beli kuota maka guru harus mencoba cari donatur atau sponsor, peran komite sekolah harus diberdayakan sehingga guru terbantu dengan adanya komite sekolah. Dan harus ada kesepakatan guru di sekolah tersebut dengan memperhatikan gaya belajar siswa.
Ø Saat
masa pandemi ini sungguh dilematis. Dengan zonasi sekolah di daerah terpelosok
dan kondisi ekonomi siswa yang menengah ke bawah, adalah kendala besar pembelajaran
secara daring dilakukan. maka solusinya agar dapat tetap menciptakan belajar efektif dirumah dengan
menyenangkan yaitu bahwa kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat
Indonesia yang merupakan negara kepulauan.
Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yang dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tidak ada. Memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya. Apalagi bila rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah pengabdian, terutana buat guru di daerah 3T.
Omjay salut dan memberikan penghormatan dengan guru-guru tangguh seperti ini. Mereka selalu datang dengan solusi dari masalah yang dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat kurang. Tapi yakinlah dengan pesan Pak Harfan dalam film Laskar Pelangi. Hiduplah dengan memberi sebanyak-banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yang dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tidak ada. Memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya. Apalagi bila rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah pengabdian, terutana buat guru di daerah 3T.
Omjay salut dan memberikan penghormatan dengan guru-guru tangguh seperti ini. Mereka selalu datang dengan solusi dari masalah yang dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat kurang. Tapi yakinlah dengan pesan Pak Harfan dalam film Laskar Pelangi. Hiduplah dengan memberi sebanyak-banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
Kesimpulan
Kesimpulan dari materi
yang disampaikan Om jay adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari
rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan
disesuaikan dengan kondisi guru di rumah.
Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar.
Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar.
Khoirunnas anfa uhum linnas, sebaik-baik manusia adalah
yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia yang lain. Dan semoga kita
sebagai guru yang berhati cahaya akan selalu memegang prinsip hidup seperti itu
dalam mengabdi untuk mencerdaskan generasi nanti.
Gunungkidul,
18 Mei 2020
**
Rapih ibuk.. Pnak bcnya jg.. Sip
BalasHapusMantul kesimpulannya jempol
BalasHapusterima kasih mbak atik dan pak mukmin,, sukses selalu untuk kalian berdua.
BalasHapusUntuk kita semua ibuk...aamiin
BalasHapussemoga semakin mudah dalam kegiatan belajar mengajar
BalasHapuskunjungi blog saya ya
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2218605635203927585#allposts
injih pak rusmin maturnuwun, insya alloh saya berkunjung
Hapus