Jumat, 01 Mei 2020

MENULIS BUKU MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN


OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

( Disarikan  dari Materi 22 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Nara Sumber : AMIR FAISAL
https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/
KAMIS, 30  April 2020

Sekilas Profil Narasumber




Amir Faisal adalah :
-       Seorang trainer dan  sekaligus motivator 
-      BusinessInspirator CN: 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication.
-      Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR (International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.
-      Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihan Amir faisal, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa. Selain menjadi Business Coach, trainer/ praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo.
-      Amir Faisal tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dan lain-lain.
-      Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program (2007), Konsultan Marketing Media (2007).
-      Alamat yang bisa dihubungi adalah Contact Person: 08157698288 WA atau melalui  E-mail: mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page: Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.
**

Kamis siang, tanggal 30 April 2020, adalah hari terakhir di bulan April. Tepat pukul 13.00 – 15.00 kembali dilaksanakan kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8 , yang sudah beberapa hari pemberitahuannya disampaikan oleh Om Jay , sang guru blogger di grup WA. Kali ini Om Jay menghadirkan narasumber yang juga hebat yang menambah semangat bagi para peserta yang haus akan ilmu tulis menulis. Beliau adalah Bapak Amir Faisal, kali ini akan menyampaikan materi tentang “ Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi dan Kepemimpinan “.

Setelah Om Jay selaku moderator mempersilahkan Bapak Amir Faisal, kemudian beliau menyapa peserta dengan ucapan salam. Dan pada awal pertemuannya beliau menyampaikan sebuah video youtube agar peserta menonton apa yang ada di dalamnya. Video ini berseri. Untuk seri Hypnowriting ini Insya Allah ada 5 seri, ini alamatnya : https://youtu.be/-VRlzTu_O4M, ujar Pak Amir.

Setelah beberapa menit berlalu menikmati video youtube yang disajikan Pak Amir, decak kagum pun membahana memenuhi langit-langit hati dan benak kita. Benar kata-kata Om Jay tentang membangun personal branding yang sering dishare di grup ini untuk menyemangati para peserta kuliah belajar menulis online gelombang 8 . Menurut Pak Amir , bahwa untuk menjadi seorang penulis terkenal, yang bukunya dapat diterbitkan oleh penerbit berskala nasional adalah cita-cita para penulis. Menurut pengalaman Pak Amir, beliau tadinya tidak bercita-cita menjadi seorang penulis, bahkan beliau bukan dari dunia pendidikan. Namun beliau ternyata mampu menerbitkan buku pertama kalinya di penerbit besar  berskala nasional yang terkenal yaitu Gramedia dengan bukunya berjudul “ Menyiapkan Anak Jadi Juara “. Dan sungguh diluar dugaan, ternyata buku itu menjadi bestseller hanya dalam waktu dua bulan. Padahal beliau bukan seorang penulis, tapi seorang mandor. Ternyata untuk menjadi tenar yang dikenal oleh berjuta orang, begitu mudah yaitu dengan cara menulis sebuah buku kemudian diterbitkan oleh penerbit berskala nasional. Menurut Pak Amir lagi bahwa sejelek-jeleknya buku Anda, apabila telah diterbitkan oleh penerbit besar seperti Gramedia yang sudah berskala nasional, dapat bertahan hingga 6 bulan, bahkan lebih, maka akan dicetak ulang ditambah 6 bulan berikutnya. Tetapi untuk penerbit lain , belum tentu hal itu akan dilakukan.


Beliau tidak mempunyai latar belakang yang berhubungan dengan tulis menulis dan dunia pendidikan. Karena sejak lulus dari perguruan tinggi beliau langsung masuk di dunia profesional. Bekerja sebagai marketing perusahaan nasional selama kurang lebih 8 tahun. Kemudian memilih resign dari pekerjaannya. Kemudian membuka usaha sendiri juga kurang lebih selama 8 tahun. Ternyata mengurus usaha sendiri juga capek, kemudian berpindah lagi di dunia konsultan. Dan di dunia ini mulai menulis buku untuk memperkuat layanan konsultasinya, dan buku-bukunya diterbitkan Gramedia.


Saran beliau, bahwa untuk menjadi penulis dan mulai menulis maka perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :
- perlu mengenali genre masing-masing. Genre adalah sifat genetik karya
 Anda.Maksudnya buku apa yang dapat kita tulis,yang kita sukai dan kuasai, 
 misalnya buku cerita anak atau novel atau yang lain.
-    Kemudian carilah buku yang laku di pasaran lalu di pelajari. 
-    Perlu juga menentukan dulu visi /dream Anda, menjadi seorang penulis. 
-    Berikutnya hadapi tantangan-tantangannya dengan sekuat tenaga. Pasti akan tercapai mimpi-mimpi Anda menjadi seorang penulis terkenal.

Penerbit Gramedia atau penerbit manapun adalah sebuah korporasi bisnis, yang orientasi mereka adalah menjual. Orientasi para penerbit adalah pasar, karena itu carilah yang disukai pasar dan disesuaikan dengan genre kita. Gramedia biasanya menyebarkan angket untuk mengetahui buku apa yang paling dicari oleh pelanggannya. Tetapi ada info bagus bahwa buku yang paling disukai oleh para pembeli buku atau para pelanggan Gramedia adalah Novel, Traveling, Komik, Motivasi dan Marketing.


Pak Amir juga menjelaskan bahwa apabila ingin menjadi penulis yang disukai pelanggan,  maka dapat menggabungkan antara novel  dengan travelling. Maksudnya novel yang menceritakan tentang traveling. Atau menggabungkan antara travelling dengan komik yakni komik yang menceritakan traveling, dan sebagainya.


Bapak Amir Faisal menuturkan pengalamannya menjadi seorang motivator, trainer dan lain-lain, pada awalnya beliau hanya mentraining anak sekolah dan mahasiswa.  Kemudian  beliau membuat tantangan untuk mentraining para guru. Dan hal itu dianggapnya luar biasa, gila karena beliau tidak tahu tentang ilmu pendidikan. Dan itu adalah tantangan tersendiri bagi seorang Amir Faisal. Akhirnya beliau harus banyak membaca, harus banyak  belajar buku-buku tentang pendidikan mutakhir . Dan buku-buku karangan dari Bobbi DePorter, Barbara Prashnig,  buku-buku psikologi dr. Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan lain-lain menjadi konsumsinya setiap saat, hingga mendapatkan bekal ilmu pendidikan untuk mentraining guru. Selain itu beliau juga ikut trainingnya Bapak Munib Khatib, seorang narasumber yang beberapa waktu lalu juga dihadirkan oleh  Om Jay untuk mengisi kuliah di gelombang 8 ini. Bapak Munif Chatib yang menulis buku-buku bestseller seperti Gurunya Manusia, Sekolahnya Manusia, Kelasnya Manusia, dan lain-lain.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Penulis
Menurut Bapak Amir Faisal agar tulisan / buku dapat diterbitkan oleh penerbit besar berskala nasional seperti Gramedia  adalah :
1.   Intinya tentukan dulu visi/ dream Anda, kenapa ingin jadi penulis.
2.   Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani
3. Yang penting adalah kualitas tulisan, genre Anda dan buku itu disukai pasar atau tidak?
4.   Ingat penulis itu hanya memenuhi kriteria penerbit.
5.  Kirimkan tulisan kita / buku kita full naskah ,  dilengkapi dengan kata pengantar, daftar isi, isi, penutup, biodata penulis, sinopsis, dan lain –lain sesuai ketentuan penerbit yang dituju.

Tips agar Buku Laris , menurut Bapak Amir Faisal adalah :

-      Usahakan temanya Ilpop ( ilmiah popular )
-      Tidak usah banyak teori. Semakin banyak hal-hal praktis akan semakin baik.
-      Menarik perhatian banyak orang.

Sedangkan buku yang disukai penerbit, menurut Pak Amir yaitu :
- Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan,
  gagasan Anda sendiri, bukan plagiat.
-Anda juga harus gigih ikut marketing lewat medsos. Dengan
  cara memberi pelatihan gratis.
-Membagi buku-buku Anda secara gratis  pada key person/
 influencer dan sebagainya.
- Kita harus mempunyai website , blog, facebook, instagram, atau yang lain dan 
 harus aktif menulis artikel-artikel di media sosial tersebut.

Semua penerbit punya kriteria masing-masing maka kita harus jeli mensiasati permintaan penerbit yang kita tuju untuk menerbitkan buku. Dari penerbit biasanya ada buku-buku yang diobral yaitu :
- Buku terbitan lama
- Buku yang tidak laku-laku
- Isunya sudah lama


Selanjutnya buku yang dapat diterbitkan oleh sebuah penerbit adalah True story , buku jenis ini dapat  juga diterbitkan asalkan fenomenal.
Misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di rumah singgah dan lain-lain.

Menurut Bapak Amir Faisal motivasi menulis yang ada dalam dirinya dan agar menjadi penulis yang sukses, berdasarkan pengalaman beliau adalah:
1. Temukan passion of life ( minat dalam hidup ) .Waktu itu  hati  beliau sudah tidak bahagia lagi hidup sebagai kontraktor maka beralih profesi dan di profesi ini mulai menulis buku.    
3. Kemudian kita harus menemukan Life Cycle 
4.Cari expertise dan specialities juga uniquenya dari
   dalam diri kita dan  harus diekpresikan.


Kesimpulan dari pemaparan materi Pak Amir Faisal adalah bahwa untuk meraih sebuah kesuksesan itu membutuhkan pengorbanan, perjuangan, kegigihan , dan kesabaran. Kesuksesan  jangan ditunggu tetapi harus dijemput, diraih dan diperjuangkan. Jangan pernah Anda menyerah sebelum mencoba atau merasa tidak bisa. Berdasarkan beberapa pengalaman ,banyak tokoh yang sukses menulis padahal latar belakangya bukan pendidikan. Yang terpenting harus  ditanamkan dalam diri seorang penulis adalah   kemauan yang kuat untuk meraih kesuksesan.  Maka lebih baik berlatih, berlatih dan terus berlatih untuk meraih kemampuan terutama dalam hal menulis. Dan kita tunggu tema beliau tentang Mengubah Mindset dan Hypnowriting dari Pak Amir Faisal, pasti sangat menarik dan luar biasa sebagai penyemangat untuk berkarya.



                                      Gunungkidul, kamis, 30 April 2020

***

3 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...