Senin, 25 Mei 2020

MEMBUAT SIARAN TELEVISI PENDIDIKAN LEWAT HP


OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

(Disarikan dari Materi 39 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Narasumber : Prof. Deni Darmawan
Jumat, 22 Mei 2020

Sekilas Profil Narasumber:

Jumat siang, 22 Mei 2020, Om  Jay mengatakan di grup,  bahwa akan mendapatkan tambahan materi baru dari Prof. Deni Darmawan. Beliau akan memberikan materinya tentang “ Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi HP.” Prof. Deni Darmawan adalah Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat. Adapun yang menjadi moderatornya adalah ibu Fatimah dari Aceh.
Setelah Om Jay mempersilahkan Prof Deni untuk memulai materinya, Prof Deni memberikan alamat untuk mendowload aplikasi tersebut: http://humas.upi.edu/upi-tv/.
Peluncuran Canel TVUPI

Hari Selasa, tanggal 28 April 2020, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung Jawa Barat, meluncurkan sebuah canel televisi. Televisi yang diluncurkan UPI tersebut  berbasis digital. Peluncuran canel televisi pendidikan tersebut diberi nama TVUPI. TVUPI dikelola oleh universitas, namun masyarakat luas dapat berperan serta untuk ikut memberikan siaran atau tayangan yang bersifat pendidikan. Baik pendidikan formal maupun pendidikan informal. Dapat pula yang bertema pendidikan keuangan, pemerintahan dalam negeri, keperawatan, kesehatan, dan lain-lain, dapat tayang di TVUPI.

Prof. Deni Darmawan selaku kepala Humas UPI mengatakan, bahwa tujuan pembuatan canel TVUPI tersebut sesuai dengan  Tri Darma Perguran Tinggi.  TVUPI ini dibuat tidak berorientasi mencari keuntungan . TVUPI ini berbasis digital , dan akan ditayangkan di laman humas.upi.edu. TVUPI juga dapat diakses di media sosial dan kanal youtube UPI.


Lewat TVUPI, semua anggota masyarakat umum, para pejabat, atau siapa pun dapat melakukan siaran langsung dengan gawai sendiri, dan akan ditayangkan di TVUPI.
Bagi yang ingin dan akan melakukan siaran langsung atau berpartispasi dalam tayangan acara di TVUPI dapat mengunduh aplikasi yang ada di laman humas.upi.edu.

Selain menayangkan siaran atau konten partisipasi dari pihak luar, TVUPI juga akan menayangkan konten-konten yang ada di dalam atau internal UPI. Yang termasuk internal UPI, adalah dosen, mahasiswa, sivitas akademika UPI, alumni UPI, Tata Usaha, orang tua mahasiswa juga dapat berkontribusi untuk memberikan tayangan di TVUPI. Kegiatan-kegiatan yang dapat ditayangkan antara lain kegiatan dosen dan mahasiswa, pelaksanaan seminar, penelitian dan kegiatan-kegiatan kampus UPI lainnya.

Awal Mula Berdirinya TVUPI

Prof. Deni mengatakan bahwa  pendirian TVUPI terinspirasi dari kehadiran TV edukasi yang dulu dibuat oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Waktu itu beliau juga pernah terlibat dalam produksi TV Edukasi. Dan TV Edukasi itu sekarang sudah tidak tayang lagi.

Prof.  Deni berharap, semoga dengan diluncurkannya TVUPI dapat menghadirkan kembali sebuah televisi yang menayangkan tentang  pendidikan. Dan untuk tetap menjaga filosofi bahwa perlunya pendidikan dalam segala aspek kehidupan. Karena tayangan tentang pendidikan kurang mendapatkan perhatian dari stasiun – stasiun TV komersil yang marak di Indonesia.


Menurut Prof. Deni , agar TVUPI ini juga diminati oleh kaum milenial, maka akan menyiarkan hiburan-hiburan yang bertema kuliner dan perjalanan.

Dalam pengalaman mengembangkan siaran program TVUPI di bidang pendidikan dilakukan  secara mobile dan personal . Yaitu dengan memanfaatkan produk-produk digital television. Dan produk-produk tersebut  dapat  diunduh di  handphone dengan website http://humas.upi.edu.


Menurut Prof. Deni bahwa jenis kamera jurnalis untuk memproduksi siaran live atau recording dengan menggunakan HaPe, aplikasinya bernama Wowza GoCoder . Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera yang dipakai ketika akan meliput aktifitas di manapun berada. Kelebihan dari  aplikasi Wowza GoCoder  adalah dapat dipadukan dengan kamera depan dan kamera belakang dari HaPe. Aplikasi ini ada di Playstore HaPe berbasis Android dan Apple.


Ada 3 langkah menyiapkan  aplikasi kamera:
1.    Download aplikasi
2.    Menginstal aplikasi di HP
3.    Set up kode-kode siaran langsung yang bisa dihubungkan dengan MCR di TVUPI.

Setelah  langkah-langkah di atas siap atau dilalui maka  artinya telah siap untuk menggunakan kamera broadcast yang ada pada Hape . Setelah pihak TVUPI set up dan request dari Anda, misalnya jam berapa akan live dan telah menelpon ke TVUPI, maka akan segera disambungkan dengan HaPe Anda.
Cara set up encoder, log in password kamera yang sudah terinstal di HaPe .

                     
Adapun alamat untuk mendownload aplikasi Wowza GoCoder adalah http://humas.upi.edu/upi-tv/.
Sebaiknya  HaPe yang digunakan untuk siaran langsung atau live harus nmemiliki ketahanan baterai yang maksimal atau kuat. Juga harus mempunyai memori penyimpanan yang memadai dan baik. Dan acara yang diliput maksimal 1 jam. Dan siarannya  memuat informasi audio dan visual.


Dengan peluncuran TVUPI dari UPI Bandung, mengalir ucapan-ucapan selamat, diantaranya dari :
1.    Prof. Unifah Rosyidi,
Beliau adalah Ketua Umum Pengurus Besar PGRI

2.    Wijaya Kusumah, M.Pd. atau  Om Jay
Beliau seorang guru blogger Indonesia .


Demikian materi tentang “ Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi HP.” Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan berguna bagi para guru atau pendidik untuk mengembangkan konten-konten pembelajaran lewat siaran di televisi pendidikan . Dan hal itu dapat menjadi sarana pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di hape.
Gunungkidul, 25 Mei 2020
**


8 komentar:

  1. Bagus Banget mbak Eni, lengkap sekali dan rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak naniku...hehe masih hrs banyak belajar dari teman-teman

      Hapus
  2. Alhamdulilah..ibu..sip..lngkap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maturnuwun mbak atikku...sinau bareng sama panjenengan sedaya

      Hapus
  3. Balasan
    1. amin...semoga dalamnya..isinya juga luar biasa jih pak supyanto..hehe. bukan hanya luarnya saja...dan terus belajar menulis bersama teman-teman semua di grup gelombnag 8 ....

      Hapus
  4. Semoga OIbu bisa siaran langsung saat mengajar, OK

    BalasHapus

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...