OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.
(Disarikan
dari Materi 38 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Narasumber : Paman
Apiq
Kamis, 21 Mei 2020, ada
jadwal kuliah belajar menulis online di grup gelombang 8. Beberapa hari sebelumnya
sudah diberitahukan Om Jay lewat grup. Narasumber hari ini adalah Paman Apiq. Beliau
akan menyampaikan materi “ Dari Blogger
Menjadi Youtuber dan Mendapatkan Jutaan Rupiah hanya dari Rumah “. Wow, tema yang menarik.
Setelah dipersilahkan oleh
moderator yaitu Mr.Bams, Paman Apiq memberi salam dan menyapa peserta. Beliau
mengatakan bahwa memulai menjadi blogger dengan wordpress gratisan sejak tahun
2008 dengan alamat APIQQUANTUM.COM. Kemudian tahun 2012 semakin aktif sebagai
youtuber dengan beberapa canel yaitu : youtube.com/pamanapiq,
dan youtube.com/edujiwa. Keduanya membahas
tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.
Sosok tentang Paman Apiq
Di balik sosoknya yang
rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang
ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ
(Aritmatika Plus Inteligensi Quantum).
Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.
Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini
akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan
metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya
dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas
Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3
karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing
karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan
Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia
munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an
ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep
dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi
anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan
menjadikan anak-anak lebih berprestasi.
Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu putra-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu putra-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru
sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA
yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil
mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta
menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri.
Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan metode
APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan bekerja
sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota Bandung,
kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga
mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan
oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal
ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game
orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika.
Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil
ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah,
dianggap sebagai mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus,
kesan menakutkan pada matematika itu bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat
langsung mengalami asyiknya belajar matematika seperti di APiQ.
Bahkan kini, banyak orang dewasa yang mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus, kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata.
Dan itulah yang ia kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Bahkan kini, banyak orang dewasa yang mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus, kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata.
Dan itulah yang ia kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut Agus, memang
banyak yang salah dengan pengajaran matematika saat ini, sehingga menempel
fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan pihak
lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing.
Misalnya dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah.
Paman APiQ juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan Indonesia.
Misalnya dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah.
Paman APiQ juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan Indonesia.
Kini Agus memilih media
Youtube untuk memberikan edukasi, karena ia menganggap media Youtube merupakan
media belajar matematika yang efektif dan efisien. Siswa menjadi mudah memahami
konsep matematika kreatif APiQ melalui video multimedia Paman APiQ atau
www.youtube.com/agusyes.
Hal ini karena video multimedia dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah ramai.
Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin, menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus.
Trik khususnya adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat, dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Hal ini karena video multimedia dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah ramai.
Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin, menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus.
Trik khususnya adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat, dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan
tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk
kepentingan positif semisal belajar matematika bersama Paman APiQ.
Masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi dapat bergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi dapat bergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah
berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain mendapat kehormatan dengan
diundang oleh Youtube Indonesia (Google Indonesia) untuk menjadi narasumber di
seminar pendidikan nasional melalui Youtube.
Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif. Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ.
Sementara secara bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk kategori waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi di sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif. Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ.
Sementara secara bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk kategori waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi di sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus
masih fokus pada usaha kursus matematika kreatif APiQ yang ia dukung dengan
inovasi pada teknologi multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem belajar
matematika online melalui www.APiQQuantum.com.
APiQ juga menawarkan beragam aplikasi di Android baik berupa game matematika atau buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem usaha paling efektif saat ini.
Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh APiQ Pusat.
Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
APiQ juga menawarkan beragam aplikasi di Android baik berupa game matematika atau buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem usaha paling efektif saat ini.
Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh APiQ Pusat.
Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita
memang perlu konsisten untuk membangun negeri tercinta ini sesuai kapasitas
masing-masing. Dan barangkali, ia memang sengaja memilih jalur pendidikan
matematika untuk berkontribusi memajukan negeri. Memang berat rasanya, tapi
sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih ringan.
Dan Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya, meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan berbeda nilainya.
Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di perusahaan besar nasional atau internasional.
Tetapi ia lebih memilih mengabdi melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana, lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna.
Dan Agus juga sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
Dan Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya, meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan berbeda nilainya.
Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di perusahaan besar nasional atau internasional.
Tetapi ia lebih memilih mengabdi melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana, lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna.
Dan Agus juga sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
Menurut Paman Apiq, menjadi youtuber memang lebih menggoda karena
penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran penghasilan 1 canel Paman Apiq dengan youtube tersebut sekitar 100 sampai dengan 2000 dolar per bulan. Hanya dengan berbagi ilmu matematika, dan mendapatkan bonus dolar.
Taksiran penghasilan 1 canel Paman Apiq dengan youtube tersebut sekitar 100 sampai dengan 2000 dolar per bulan. Hanya dengan berbagi ilmu matematika, dan mendapatkan bonus dolar.
Tips
Menjadi Blogger dan Youtuber
1. Gunakan program gratis.
Misalnya pakai wordpress dan youtube.
2. Kembangkan konten sesuai
minat dan keahlian kita. Misalnya guru dan
penulis matematika. Maka kembangkan menulis
dengan keterampilan
atau keahlian kita tentang seputar dunia kita
sehari-hari.
3.Pelajari statistik untuk
improvement. Baik wordpress atau youtube
menyediakan statistik yang berlimpah.
4. Temukan cara
meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
5. Temukan cara
meningkatkan kualitas konten video. Maka konten bisa
terus
mengalir. Trik membuat konten menarik yaitu yang sedang
dicari banyak orang.
6. Temukan cara
memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya,
dan
energi.
7. Temukan irama yang
konsisten untuk meproduksi konten positif.
Gali lebih dalam analytic Anda dan
perhatikan trending serta analytic
canel
lain.Buat video lagi sesuai analytic.Fokuskan ke dampak positif
kepada masyarakat luas.
.
Cara
Membuat Youtube :
1. Buka aplikasi youtube di hape agar lebih mudah.
2. Klik kanan atas gambar
kamera
3. Coba upload 1 video
4. Ikuti petunjuknya . Maka
sudah jadi canelnya.
5. Agar lebih menarik buatlah youtube tentang bahasa
Inggris. Baik materi
bahasa Inggris atau tentang cara belajar
Bahasa Inggris. Itu akan bagus
prospeknya.Dan
ini global bisa untuk seluruh dunia.
Aplikasi yang sesuai dengan youtube :
1. Polaris untuk papan
digital.
2. Mobizen untuk rekam
layar dan suara
Bila
perlu tambahan,
3. Canva desain gambar
4. Inshot edit video
Semua cukup pakai hape
saja. Kalau jaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang lebih mudah.Riset
bisa pakai google dan youtube sendiri.Lalu konten kita improve lagi sambil
jalan.Yang penting sekarang praktek dulu lalu perbaiki. Lama-lama akan makin
sempurna.
Cara
atau syarat mendapatkan penghasilan dari youtube :
Harus memenuhi syarat untuk
jadi youtube partner :
1. Subscribe minimal 1000.
2. Minimal 4000 jam tayang
dalam 1 tahun terakhir.
Agar dapat monet dan dapat
uang , nantinya monetise itu akan muncul jika sudah memenuhi syarat di atas.
Cara membuat konten kreatif
di youtube agar menarik ribuan orang dapat like / menyukai video kita , adalah :
1. Bikin konten apa saja.
2. Perbaiki dengan konten
lebih baru.
3. Pelajari statistik
analytic yang disediakan youtube .
4. Bikin konten lagi yang
lebih baik
5. Ulangi lagi.
Beberapa
contoh pengalaman pribadi sebagai youtuber dari Paman Apiq yaitu :
Cara meningkatkan kualitas
video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video
adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video
sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video pakai
camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih
praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video
saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan
mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa
editing.
Makin mahir seorang
youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk
menghindari edit video. Caranya?
Tingkatkan kualitas video
dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa
langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video
ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan
persiapan.
Persiapan saya yang paling
penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan
animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube.
Sukses!
Meningkatkan kualitas
konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen
dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang
lebih baik dari itu.
Saya mengamati untuk
konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara
yang hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah.
Sukses.
Penonton ingin berkomentar
tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan
yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah
itu sekaligus menulis komen.
Cara murah dan efisien
memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan
mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk memproduksi satu
video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit,
lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya
biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
Irama produksi video
menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya
sekaligus bahagia.
Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.
Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.
Irama produksi menunjukkan
keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya
saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya
kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu
kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di
hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan.
Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
Dalami analytic sedalam
samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir.
Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video
paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang
paling dicari oleh penonton?
Analytic memberi data yang
lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan
canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.
Video baru lebih sukses
video lama terpercaya.
Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari analytic penonton
saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah
perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.
Penonton saya berminat
dengan tema jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah
ditonton 1,7 juta view.
Tahun 2019 adalah tahun
pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan
video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari
dan sempat masuk trending youtube.
Akhirnya, mengapa jadi
youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak
positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita
terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia
bersama-sama.
Pengalaman
Paman Apiq tentang Karir Kedua Lebih
Penting dari Karir Pertama :
Ini
berlaku untuk karir. Anda lebih baik memiliki dua karir dari hanya satu karir
dalam hidup Anda. Jelas karena dengan karir kedua maka Anda jadi memiliki dua
karir tidak hanya satu karir – khususnya karir profesional di sini.
“Jangankan
dua karir, satu pekerjaan saja saya tidak punya!” celetuk seorang pengangguran.
Karir
berbeda dengan perkerjaan. Di sini letak masalahnya. Banyak orang mengira bahwa
karir adalah memperoleh pekerjaan. Tapi lapangan kerja terbatas. Maka sebagian
angkatan kerja menganggur. Akibatnya mereka tidak punya karir sama sekali.
Karir
menunjukkan suatau perkembangan atau kemajuan kehidupan profesional Anda. Orang
yang punya pekerjaan mungkin saja tidak punya karir karena pekerjaannya mandeg.
Tapi orang yang punya karir maka ia pasti punya pekerjaan yang makin maju
berkembang. Bahkan jika tidak ada pekerjaan, orang yang punya karir, justru
bisa menciptakan pekerjaan baru.
Kabar
baiknya, di jaman digital ini, kita lebih mudah untuk mendapatkan dua karir:
karir dunia nyata dan karir dunia digital.
Karir
dunia nyata.
Saya misalnya berkarir untuk menjadi guru matematika plus (lain-lain). Dari awal saya menyusun rencana untuk menjadi guru terbaik tingkat RT atau kampung. Karir selanjutnya adalah saya menciptakan beragam metode belajar matematika yang kreatif dengan balutan nama paman APIQ. Karir bertumbuh meluas lebih dari guru kelas kampung saja.
Saya misalnya berkarir untuk menjadi guru matematika plus (lain-lain). Dari awal saya menyusun rencana untuk menjadi guru terbaik tingkat RT atau kampung. Karir selanjutnya adalah saya menciptakan beragam metode belajar matematika yang kreatif dengan balutan nama paman APIQ. Karir bertumbuh meluas lebih dari guru kelas kampung saja.
Karir
dunia digital.
Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan konsistensi. Saya tetap berkarir menjadi guru tetapi di dunia digital. Awalnya saya mengajar melalui tulisan-tulisan yang saya buat di blog gratisan. Internet makin berkembang maka saya menjadi guru matematika digital sebagai youtuber. Karir digital ini tampaknya terus makin berkembang, semoga.
Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan konsistensi. Saya tetap berkarir menjadi guru tetapi di dunia digital. Awalnya saya mengajar melalui tulisan-tulisan yang saya buat di blog gratisan. Internet makin berkembang maka saya menjadi guru matematika digital sebagai youtuber. Karir digital ini tampaknya terus makin berkembang, semoga.
Bila
saya mengajar di dunia nyata biasanya hanya bisa mengajar siswa puluhan orang
saja dalam satu hari. Sedangkan melalui dunia digital saya bisa mengajar
ratusan ribu siswa setiap harinya. Bisa langsung dibuka.
PPT
dari komputer pindah ke hape. Maka di hape bisa langsung buka pakai Polaris.Wow…dampak kemajuan teknologi sungguh
luar biasa apabila kita dapat memanfaatkan, merawat dan mengelolanya dengan
baik dan bertanggung jawab.
Semoga bermanfaat bagi
para blogger dan youtuber pemula yang ingin sukses lewat dunia maya dengan
memanfaatkan aplikasi yang tersedia.
Gunungkidul, Kamis, 21 Mei
2020
**
Luar biasa tulisannya.
BalasHapuspenamrbams.id
mantaapp tulisannya
BalasHapusternyata enak ya jadi youtuber atau blogger
BalasHapusterima kasih mr.bambs, pak supiyanto, pak rusmin,...belajar menulis bersama panjenengan semua ,,,pasti bisa....semangat
BalasHapus