Jumat, 29 Mei 2020

SD WILADEG BERBAGI DI TENGAH PANDEMI

oleh : Eni Setyowati



Foto-foto  Kegiatan Berbagi SD Wiladeg di Tengah Pandemi .

Pada hari Selasa, 12 Mei 2020 dilaksanakan kegiatan sosial 
di SD N Wiladeg Karangmojo



     Persiapan pendistribusian bantuan sembako dari SD N Wiladeg


Ibu Sukarni, S.Pd.SD, sedang menyerahkan sembako kepada keluarga siswa


Bapak Haryono,S.Pd.I, seusai menyerahkan sembako kepada keluarga siswa


Ibu Prapti Nurhayati,S.Ag. menyerahkan bantuan sembako kepada 
orang tua siswa



Bapak Tamijo Isnu Palupi sedang menyerahkan sembako kepada keluarga siswa


Ibu Rubinem,S.Pd. sedang menyerahkan sembako kepada keluarga siswa





Bapak Suwarman,A.Md. sedang menyerahkan sembako kepada beberapa keluarga siswa


Ibu Eni Setyowati, S.Pd. sedang menyerahkan sembako kepada keluarga siswa


Kegiatan Sosial SD Wiladeg di Tengah Pandemi COVID 19

SD Negeri Wiladeg ,beralamat di Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang dapat dikatakan favorit. SD ini terletak di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Karangmojo-Wonosari Km.06. SD ini berada di bawah Koordinator Wilayah ( Korwil) Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.

SD Wiladeg di tengah menghadapi pandemi corona virus 19 ( covid19), tetap menjalankan visi misi kemanusiaan. Pandemi covid 19  yang tengah melanda dunia pendidikan,khususnya dalam pembelajaran yang kini ditiadakan lewat tatap muka, harus berganti haluan lewat dunia maya. Walaupun pandemi corona hampir melumpuhkan segala tatanan yang sudah ada, namun tak mematikan rasa dalam jiwa para warga SD Negeri Wiladeg untuk berbagi. Berbagi rezeki yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita semua, terutama kepada guru-guru pegawai pemerintah (PNS), yang mendapatkan berkah rezeki sertifikasi, THR, Gaji ke13, insentif, atau rezeki-rezeki yang lain. Mereka menyisihkan sebagian rezeki mereka untuk dibagi , disedekahkan kepada warga sekolah baik itu GTT, PTT, GP dan siswa yang kurang mampu. 

Kegiatan -kegiatan yang dijalankan oleh SD Negeri Wiladeg di bulan Mei tahun 2020 ini dikoordinir oleh Ibu Kepala Sekolah yang baru yaitu Ibu Suparmiasih, S.Pd. Dan bapak ibu guru karyawan karyawati baik PNS maupun non PNS saling mendukung, saling melengkapi, saling bekerjasama, melaksanakan kegiatan berbagi ini dengan sepenuh hati dan rasa ikhlas.

Sumber Dana Sosial SD N Wiladeg yang digunakan untuk sumbangan sembako ini berasal  dari :
- Iuran rezeki sertifikasi, THR,insentif dari bapak ibu guru karyawan karyawati      PNS .
- Saldo dana sosial sekolahan yang dikumpulkan tiap bulannya dari iuran bapak    ibu guru PNS maupun non PNS .
- Sumbangan sukarela / seikhlasnya dari siswa dari kelas 1 - 6 , secara insiden    ketika ada keluarga siswa yang satu rumah meninggal dunia, digunakan            untuk takziah dan sisanya untuk kas dana sosial.

Dari sumber dana yang dibelanjakan untuk dibagikan kepada siswa yang membutuhkan tersebut,  sebagai wujud kepedulian sosial dari warga besar SD N Wiladeg baik dari pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik di lingkungan SD N Wiladeg, Karangmojo. Dan kali ini di tengah pandemi covid 19, dana sosial kembali dimanfaatkan dan  diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata dengan dibelikan atau dibelanjakan sembako ( beras, gula, teh, minyak, mie instan, telur).

Semoga bantuan yang tidak seberapa itu  dapat meringankan para siswa dan keluarganya dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi covid 19 ini. 
Pendistribusian sembako dilakukan oleh para guru dan karyawan karyawati di bawah bimbingan Ibu Kepala Sekolah Suparmiasih, S,Pd.. Bapak Ibu guru /karyawan karyawati yang bertugas mengantarkan sembako mendatangi rumah-rumah siswa sekaligus silaturahmi ( ngaruhke : bahasa jawanya ) anak-anak selama belajar di rumah.  Tidak semua siswa mendapatkan bantuan, namun yang dipandang sangat membutuhkan dan perlu diberi untuk meringankan beban mereka. 

Dan semoga amal jariyah berupa sedekah dari warga besar SD Negeri Wiladeg dapat bermanfaat, dan semakin melancarkan rezeki kita semua dan membawa berkah bagi kehidupan di dunia hingga akherat. Amin. 

1 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...