Minggu, 31 Mei 2020

DIALAH SANG OLAHRAGAWAN DAN SENIMAN

OLEH : ENI SETYOWATI


Bapak Jumaryana, S.Pd. adalah seorang guru Olahraga yang sudah lama bertugas di SD N Wiladeg Karangmojo. Beliau sebenarnya asli dari Kulon Progo. Namun Tuhan berkehendak bahwa seorang Jumaryana, rezeki dan jodohnya ada di puncak gunung, yaitu di daerah Gunungkidul, tepatnya di desa Wiladeg, Karangmojo. Pak Jumaryana ditakdirkan Tuhan untuk berjodoh dengan putri kepala sekolahnya , dimana dulu dia mengajar. 
Bu Tanti, istri beliau adalah juga seorang guru PNS di SMP N 2 Karangmojo. 

Pak Jum, itulah panggilan akrab beliau. Oleh teman dan para muridnya beliau dikenal piyayi yang lucu, kocak, namun kadang juga tegas, disiplin  kepada murid-muridnya, untuk menanamkan jiwa dan mental tangguh pada anak didiknya .

Beliau dikaruniai 3 orang putri cantik-cantik. Yang pertama lahir kembar diberi nama Dani dan Titi. Putri yang kedua , Aning , kini masih kuliah di UPN Yogyakarta.

Selain sebagai guru olahraga, ternyata Pak Jum juga seorang seniman tulen. Beliau sering mengajar karawitan bagi murid-murid di SD Wiladeg, yang dulu beberapa saat nunut latihan karawitan di Balai Desa Wiladeg. Pak Jum juga mempunyai suara yang lumayan merdu lhoo.. bila nembang jawa, nyampur sari, dan pandai berjoget, menari, dan lain-lain.

Wow....SD N Wiladeg itu memang merneni, ada olahragawan sekaligus seniman tulen, dan juga kadang berperan sebagai pendakwah di masjid-masjid kala Ramadhan, atau pengajian-pengajian.

Semoga sukses selalu Pak Jum, diberi kesehatan jiwa raga dan rezeki yang barokah. Salam Olahraga. Selamat berkesenian ria....



Gunungkidul, 31 Mei 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...