Jumat, 17 April 2020

MENULIS SARANA MERAIH PRESTASI

KISAH SUKSES GURU PRESTASI DARI SMP N 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

( Disarikan  dari Materi 14 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Nara Sumber : Sigit Suryono, M.Pd.
Jumat, 17 April 2020

Profil Sigit Suryono, M.Pd.









Pendidikan dimulai di TK Ngawen Trihanggo tahun 1981-1983. Pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri Jambon II, Trihanggo, Sleman pada tahun 1983-1989. Kemudian melanjutkan di bangku SMP Negeri 5 Yogyakarta pada tahun 1989-1992. Pendidikan menengah ditempuh di SMU Negeri 1 Sleman jurusan IPA pada tahun 1992-1995. 

Pendidikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 1995 – 2002 pada Fakultas FMIPA jurusan Pendidikan Fisika. 

Melanjutkan S2 di Program Pascasarjana UNY jurusan Teknologi Pembelajaran dari tahun 2003-2006. Pada tahun 2006 menikah dengan Dwi Riastuti, M.Pd dan kini sudah dikaruniai dua orang anak yaitu: Muhammad Yunus Baskara dan Galuh Ray Rannaa.

Aktifitas keseharian sebagai pengajar di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Gunungkidul, mengampu mata pelajaran IPA. 

Aktifitas lainnya yang telah dan sedang dilakukan adalah :

1.Sekretaris Komunitas Rumah Belajar Kemdiknas 2012 – sekarang
2.Sekretaris MGMP TIK Kabupaten Gunungkidul Tahun 2006-2009
3.Ketua II MGMP TIK Kabupaten Gunungkidul 2009 – 2012
4.Anggota Litbang MGMP IPA Kabupaten Gunungkidul 2012-2015
5.Ketua II MGMP IPA Kabupaten Gunungkidul 2015-2017
6.Ketua MGMP SMP Kabupaten  Gunungkidul 2017 – sekarang
7.TIM Pengembang TIK Kabupaten Gunungkidul 2009- sekarang
8.TIM Pengembang TIK Propinsi DIY 2009 – sekarang
9.Trainer Pelatihan Blog, Pelatihan Multimedia Pembelajaran di BTKP Propinsi DIY
10.Trainer ICT di MGMP IPA dan TIK Kabupaten Gunungkidul

Prestasi lomba yang telah diraih :

1.Finalis National Inovatif Teacher Comptetition tingkat Nasional tahun 2009
2.Finalis Inovasi Pembelajaran SMP Tingkat Nasional tahun 2009
3.Juara 3 Website SMP Tingkat Propinsi DIY 2010
4.Juara 1 Website SMP tingkat Propinsi DIY 2011
5.Finalis Lomba Media Pembelajaran KI Hajar Award tingkat Nasional Tahun 2012
6.Juara 1 FIG guru SMP Tingkat Propinsi DIY Tahun 2013
7. Finalis FIG guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2013
8.Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2013
9. Finalis Lomba Mobile Edukasi tingkat Nasional tahun 2014
10.Finalis Lomba Mobile Edukasi tingkat Nasional tahun 2015
11.Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2015
12.Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2015
13.Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015
14.Penerima Anugrah Gubernur DIY tahun 2015 atas prastasi sebagai Juara 1 Gupres TK Nasional.
15.Penerima SatyaLencara Bidang Pendidikan dari Presiden RI tahun 2016 atas prestasi sebagai juara 1 guru berprestasi Tingkat Nasional tahun 2015.
16. Sebagai Salah Satu Peserta Terbaik Literasi Tingkat Nasional 2017.
17.Duta Rumah Belajar Tk Nasional Th 2018 dan Duta Rumah Belajar Terinovatif Th 2018.
18.Penerima Anugrah Gubenur DIY tahun 2018 atas prestasi sebagai Duta Rumah Belajar Terinovatif Thn 2018.

Alamat tempat tinggal beliau: Jeruksari Rt 01/ RW 20, Wonosari, Wonosari, Gunungkidul, DIY, Indonesia 55812. Email : ciget_suryo@yahoo.com dan sigit.suryono@gmail.com.



Pertemuan ke 14, kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8, kembali digelar, dan dibuka oleh moderator, Om Jay. 

Bapak Sigit Suryono, M.Pd., selaku narasumber adalah seorang guru prestasi yang berhasil meraih juara 1 lomba guru prestasi jenjang SMP tingkat nasional. Beliau seorang pengajar di SMP Negeri I Wonosari,  Gunungkidul, Yogyakarta.

Setelah Om Jay mempersilahkan , Pak Sigit Suryono menyapa dengan santun dan rendah hati kepada semua peserta kuliah dimanapun berada. Pak Sigit hanya ingin berbagi sehubungan dengan pengalaman beliau dalam meraih berbagai prestasi khususnya di bidang pendidikan. 

Dari pengalamannya tersebut diharapkan dapat menjadi provokator bagi para peserta belajar menulis online untuk segera menuangkan ide-ide dalam tulisan dan mengarsipkan semua kegiatan dan sepak terjang dalam mengabdikan dirinya sebagai seorang guru / pendidik.

Menurut penuturannya, memang bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah karya, apalagi sebuah buku. Namun karena seringnya menulis atau membuat coretan-coretan artikel , atau yang lain dan tutorial tentang dunia kepenulisan akhirnya semua itu membuahkan hasil yang manis dan menyenangkan. Sehingga berhasillah disusun sebuah buku bersama istrinya kurang lebih selama 8 tahun dengan judul “ Aku Ingin Menghitung Rembulan “.

Pak Sigit Suryono satu mazab dengan Om Jay, yang juga sering menulis di blog. Pengalaman selama proses meraih juara sebagai  guru berprestasi tingkat Nasional tahun 2015, diraihnya dengan sebuah perjalanan panjang. 

Persiapan sejak awal, sejak beliau masih berstatus CPNS. Pada waktu itu diminta untuk ikut simposium tingkat propinsi tahun 2016. Dalam keikutsertaannya pada simposium tersebut , dilihatnya ada peluang . 
Senior-seniornya yang ahli di bidang penelitian namun belum banyak yang menguasai TIK. Sedangkan guru-guru yang menguasai TIK, tidak mau melakukan penelitian, bahkan tidak mau menuliskan laporannya.

Lewat simposium tersebut merupakan ajang promosi bagi Pak Sigit untuk unjuk diri lewat berkarya dan berinovasi sehingga dapat meraih predikat sebagai guru prestasi tingkat nasional. Keberhasilan awal yang beliau rasakan ketika memperoleh penghargaan sebagai guru berprestasi adalah bahwa :

1.Pendidikan amat penting bagi yang akan terjun ke dunia kerja. Dan itu adalah sebagai senjata  tajam yang telah diberikan oleh orang tua kita sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan. Dan senjata tajam yang diberikan oleh orang tuanya adalah berupa pendidikan .

2.Pemilihan jurusan yang tidak linier, itu merupakan suatu keahlian yang belum dimiliki oleh teman-teman lain di dunia pendidikan.

3.Dari keikutsertaannya dalam simposium , merupakan jalan yang terbuka lebar untuk berbagi,mengasah potensi dan kompetensi .

Namun di balik pengalaman sukanya juga banyak pengalaman sedihnya. Berbagai kegagalan demi kegagalan juga sering dijumpai. Namun  harus tetap semangat, tetap gigih, jangan pantang menyerah, jangan cepat putus asa. 

Kegagalannya adalah sebuah sukses yang tertunda. Beberapa kegagalan yang pernah ditemui selama berproses untuk meraih kejuaraan sampai tingkat nasional membuatnya ingin semakin menyingkap tabirnya.

Berkat keuletan, ketekunan, kesabaran, kegigihan, akhirnya buah kesuksesan itu mulai mengalir menghampiri hidupnya. Sehingga berhasil memenangkan kejuaraan-kejuaraan dari lomba-lomba baik tingkat kabupaten, propinsi dan nasional. 

Belajar dari kegagalan yang pernah  dialaminya juga membukakan mata hati kita agar  tidak memililiki sifat “ AKU “ yang berlebihan,  yang merasa` paling hebat dari yang lain, alias sombong.Sifat tersebut harus dihilangkan dari dalam kita, karena itu penyakit hati yang akan menghambat perjalanan menuju sebuah kesuksesan.
           
Dalam mengikuti lomba guru prestasi hal –hal yang perlu diperhatikan  adalah 

1.Cermati isi dari pedoman yang berkaitan dengan proses penilaian dari tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.
2.Buatlah portopolio 8 tahun terakhir  sesuai pedoman.
3.Persiapkan naskah inovatif dan harus sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar.
4.Buatlah makalah tentang evaluasi diri.
5.Persiapkan video pembelajaran satu tatap muka yang mencatumkan RPP yang kita buat.

Untuk mencapai kejuaraan sebagai guru berprestasi harus benar-benar dipersiapkan dari awal tentang segala sesuatunya terutama yang berhubungan dengan tugas kita sebagai seorang guru / pengajar / pendidik.

Dan inti dari pencapaian kesuksesan seseorang tak lepas dari doa, dukungan dari orang tua, keluarga tercinta dan orang –orang di sekitar kita. Belajar,belajar dan terus belajar, dimana saja, kapan saja dengan siapa saja, seperti  slogan Rumah Belajar dari Kemendikbud.

Demikian  sedikit wawasan dan pengalaman yang dapat saya sarikan  tentang guru menulis ,guru berprestasi. Semoga dapat menginspisrasi bagi semua guru yang juga ingin meraih mimpi dan prestasi dengan menulis.

                      Gunungkidul, Jumat malam 17 April 2020

***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...