OLEH : ENI SETYOWATI,
S.Pd.
(
Disarikan dari Materi 13 Kuliah Belajar
Menulis Online Gelombang 8)
Nara
Sumber : Aris Ahmad Jaya,M.M.
Kamis,
16 April 2020
CEO ABCo Motivatindo
Mr. Sugesti Indonesia
PROFIL ARIS AHMAD JAYA
Nama : H.
Aris Ahmad Jaya, DVM, MM.
TTL
: Pati, 23 Februari 1974
Alamat : Bogor
Raya Permai FD IV No. 16.A Bogor Hp. 0818-101446
Aktivitas
·
Motivator Nasional Character Building
“Auto Sugesti Power”
·
Penulis Buku Motivasi Best Seller 30 hari
Mencari Jati Diri
·
Terapist Trauma Heling Nasional
·
Owner ABCo
PENGALAMAN
ORGANISASI
1. Ketua Umum OSIS
SMU Institut Indonesia I Yogyakarta 92/93
2. Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB.
Tahun 96/97
3.
Sekretaris Jendral Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Hewan
Indonesia 97/99
4. Ketua Delegasi Studi Banding
Pendidikan Kedokteran Hewan
Indonesia - Malaysia
97
5. Personalia Manager
PT SCo Prima Inovatindo 2000-2002
6. Direktur PT
ABCo Sugesti Motivatindo 2003 – 2014
BUKU YANG TELAH DITULIS
1. 30 Hari Mencari Jati Diri (Best Seller)
terjual lebih dari 39.000 buku.Tahun 2003
2. Spirit
Of Success ,ABCoPulisher. 2006
3. BETHE 5 Karakter Idola Pecundang Sejati,
PustakaInti Jakarta, 2007
4. Aura Kemenangan,
ABCo Publisher 2008
5. Motivadrenalin, Meningkatkan adrenalin motivasi menuju sukses dan bahagia.
ABCo Publisher 2008
6. Motimorphosis,
MotivasiMenujuPerubahan. ABCo Publisher 2010
MATERI TRAINING
1. Auto
Sugesti Power Menggali Sugesti dan Melejitkan Potensi Bahagia Sukses dan
Mulia dalam kehidupan sehari hari.
2. Management Of
Change
3. Love Touch
Parenting (Mengelola Emosi Buah Hati menjadi Prestasi)
4. Aplikasi Hypnosis
untuk Guru dalam pembelajaran.
5. Sugesti Power
Healing (Terapi dengan kekuatan sugesti)
PENGALAMAN TRAINING
1 PT Telkom, JICT (Jakarta
International Container Terminal), PT Coca Cola, PT Bank Mandiri, Telkomsel,
Garuda Food, Asuransi Tripa Syariah, Asuransi Takaful,
Asuransi Prudential, Asuransi Ekspor Impor, PT Indosat, Bank Permata, PT
Kangean energy Jakarta, DepartemenPertanian RI, Departemen Perdagangan RI,
Kementrian Pemuda dan Olahraga RI,
Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Direktorat Pajak RI.
2. Perguruan Labschool Jakarta,
Perguruan Al AzharPusat, Perguruan Madania Bogor, Perguruan Al Ittihat Rumbai
Riau, Pesantren Baabussalaam Riau, Diniah Putri Padang Panjang, SMA Negeri 8
Jakarta, dan beberapa sekolah unggulan RSBI di Indonesia. dan masih banyak
lagi.....
Manajemen
: Kantor 0251 7540530 HP. Bapak Muhamad Komarudin 085214140415
Email :abco.pusat@gmail.com
Kamis malam, 16 April 2020, mulai pukul 19.00 sampai dengan
pukul 21.00, kembali digelar pertemuan ketiga belas dari Belajar Menulis Online
Gelombang 8. Kali ini bersama seorang motivator, trainer , juga seorang penulis buku-buku best seller
yaitu Bapak Aris Ahmad Jaya, M.A.
Beliau akan menyampaikan sebuah judul yang menarik “ MENGAJAR GAYA MOTIVATOR “ atau
disingkat MGM. Dan judul tersebut
sesuai karena Pak Arislah motivatornya, sehingga mempunyai gaya mengajar yang
penuh inspirasi dan motivasi.
Judul yang disampaikan menggelitik telinga sehingga
menarik untuk disimak. Untuk itulah resume kali ini aku beri judul “ MENGAJAR
ALA MOTIVATOR “ atau disingkat MAM.
Mengapa ? Karena kami , para peserta kuliah adalah guru-guru / pendidik yang akan
meniru , mencontoh cara mengajar seperti seorang motivator ala Pak Aris Ahmad
Jaya.
Pemaparan dan penyampaian materi MGM ini simple namun
penuh berjuta makna. Setelah Om Jay mempersilahkan , Sang Motivator menyapa
peserta dengan salam kehangatan. Sapaan dengan kata-kata penyemangat yang
sangat menggugah diri dan hati para peserta . Kemudian beliau menyajikan
tayangan-tayangan slide dengan rangkaian
gambar-gambar dan tulisan yang menarik. Dan tayangan-tayangan slide tersebut
semakin diperjelas dengan pemaparan lewat audio. Wah, memang unik . Benar-benar
gaya mengajar dari Sang Motivator yang penuh inspirasi dan motivasi bagi yang mendengarkan dan menyimak
perkuliahan ini.
Mengawali penjelasan
materinya , Pak Aris mengatakan bahwa Mengajar Gaya
Motivator (MGM) adalah program hebat.
Program ini khusus untuk para guru
dan pendidik yang manfaatnya telah dinikmati oleh hampir seluruh guru dan
pendidik di Indonesia . Program ini digagas dan didirikan dengan tujuan agar
para guru dan pendidik mampu menjadi motivator / penyemangat bagi peserta didiknya ,
sehingga seorang guru atau pendidik akan dirindukan dan akan menginspirasi
peserta didik.
Sang Motivator juga
memberikan rahasia – rahasia atau trik-trik agar guru dan pendidik mampu
mengajar atau mengelola pembelajaran dengan
kondisi menyenangkan dan menarik. Banyak guru yang mampu menguasai materi dengan baik, dan banyak pula guru / pendidik yang memiliki seni atau
keterampilan mengajar yang menarik dan
menyenangkan bagi peserta didiknya. Namun banyak pula guru / pendidik yang
tidak diterima oleh peserta didik karena cara penyampaiannya , gaya mengajarnya kurang
menarik dan kurang menyenangkan.
Bagi siswa terkadang belum mampu untuk mengenal
mana yang penting dan mana yang kurang / tidak penting. Siswa akan lebih mampu membedakan mana yang menyenangkan
dan mana yang tidak menyenangkan. Siswa akan lebih mudah membedakan mana
yang menarik dan mana yang kurang / tidak menarik. Jika hal itu terjadi akan menyebabkan materi / sesuatu yang
penting yang disampaikan seorang guru tidak akan mengena bahkan akan ditolak
oleh peserta didik dan membuat prestasi belajar menurun, motivasi belajar rendah ,
atau masalah-masalah lain yang akan mengganggu kelancaran jalannnya sebuah pembelajaran.
Menjadi guru yang
menyenangkan dan menarik adalah pintu untuk masuk ke dunia anak. Karena dengan
gaya mengajar yang menarik dan menyenangkan peserta didik akan dengan mudah
menerima materi yang diajarkan seorang guru / pendidik. Dengan gaya mengajar
guru yang menarik akan membuat siswa menjadi fokus dan tertarik untuk mendengarkan
dan menyimak pelajaran.
Ada beberapa gejala atau fenomena yang sering dijumpai dalam kelas , misalnya guru atau pendidik merasa tidak bersemangat mengajar karena siswa-siswanya tidak antusias, bahkan cenderung mengabaikan kehadiran guru. Sering dijumpai juga guru atau pendidik menemui kesulitan untuk meminta siswa agar fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran, dan masih banyak lagi fenomena-fenomena yang dijumpai di kelas dalam proses pembelajaran.
Sebenarnya akar permasalahan dari fenomena –fenomena tersebut banyak disebabkan oleh diri guru / pendidik itu sendiri, bukan pada siswanya, walaupun memang dalam diri seorang murid juga dipengaruhi oleh latar belakang keluarganya, atau faktor lain. Tetapi kuncinya ada pada guru / pendidik.
Ada beberapa gejala atau fenomena yang sering dijumpai dalam kelas , misalnya guru atau pendidik merasa tidak bersemangat mengajar karena siswa-siswanya tidak antusias, bahkan cenderung mengabaikan kehadiran guru. Sering dijumpai juga guru atau pendidik menemui kesulitan untuk meminta siswa agar fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran, dan masih banyak lagi fenomena-fenomena yang dijumpai di kelas dalam proses pembelajaran.
Sebenarnya akar permasalahan dari fenomena –fenomena tersebut banyak disebabkan oleh diri guru / pendidik itu sendiri, bukan pada siswanya, walaupun memang dalam diri seorang murid juga dipengaruhi oleh latar belakang keluarganya, atau faktor lain. Tetapi kuncinya ada pada guru / pendidik.
Seorang guru / pendidik ,
yang kurang kreatif atau membosankan jika mengajar maka akan membuat siswa
menjadi malas dan mengabaikan pelajaran yang diterimanya. Maka sebagai seorang
guru harus menjadi sosok yang mampu memotivasi dan mengembangkan potensi siswa.
Guru yang kurang kompetensi dan kurang
kreatif dalam mengajar akan tidak diterima dengan baik oleh anak didik. Oleh karena itu sudah saatnya para guru menginstrospeksi
diri sendiri dengan memperbaiki cara
mengajarnya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.
Menurut Sang Motivator niat
menjadi guru ada 2 yaitu :
1. Guru Betul
Adalah guru atau pendidik yang benar-benar dan sungguh-sungguh
sejak awal mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang guru atau pendidik.
2. Guru Kebetulan
Adalah guru atau pendidik awalnya tidak berniat menjadi guru. “
tetapi” kebetulan ada peluang jadi guru, kebetulan diterima CPNS, kebetulan ada
lowongan mengajar, dan lain-lain.
Kemudian Pak Aris menambahkan lagi tentang tipe / model guru berdasarkan kinerjanya yaitu :
Kemudian Pak Aris menambahkan lagi tentang tipe / model guru berdasarkan kinerjanya yaitu :
1. Guru Nyasar
Adalah guru yang tidak mempunyai tujuan atau arah, dan guru yang
mengajar seperti ini akan menyesatkan siswa. Siswa-siswa akan membenci atau
menolak kehadiran guru. Biasanya ditandai dengan keadaan kelas yang rebut. Bagi
siswa sebenarnya ketepatan waktu tidak masalah, tetapi kehadiran seorang guru
di dalam kelas itu sangat diharapkan oleh siswa. Bahkan banyak guru / pengajar
yang terlambat masuk ke kelas, dan keluar kelas lebih cepat atau lebih awal.
Bahkan siswa seringnya hanya ditinggali tugas-tugas. Dan hal ini akan membuat
kehadiran seorang guru tersebut tidak diharapkan di dalam kelas.
2. Guru Bayar
Untuk yang ini menyangkut guru atau pendidik yang semata-mata
hanya didasarkan pada segi finansiil, hanya berupa uang. Jika masih tanggal
muda guru tersebut semangat untuk mengajar, jika tanggal pertengahan sampai
tanggal akhir bulan, guru menjadi tidak bersemangat untuk mengajar.Malas untuk
masuk ke dalam kelas apalagi untuk mengajar.
3.
Guru Sadar
Adalah tipe guru yang betul-betul sadar bahwa mengajar /
mendidik , hadir dalam kelas adalah
sebuah kewajiban .Hadir dalam kelas menghadapi anak adalah sebuah tugas dan
tanggung jawab. Kalau dalam diri guru tertanam semangat seperti itu secara tidak langsung kehadiran guru tersebut akan sangat dirindukan oleh siswa-siswanya.
Dan tipe guru seperti itu akan menjadi motivator / penyemangat bagi siswa untuk
berprestasi, berkreasi dan mengembangkan potensi diri. Tipe guru seperti ini
merupakan magnet , daya tarik tersendiri bagi siswa-siswanya yang akan menjadi
sosok guru idola yang selalu dirindukan.
Kemudian Pak Aris
mengemukakan tentang peran guru yaitu
1. Mengajar
Adalah memindahkan / menstransfer ilmu yang dimiliki kepada siswanya.
1. Mengajar
Adalah memindahkan / menstransfer ilmu yang dimiliki kepada siswanya.
2 2. Mendidik
Adalah mengajarkan nilai-nilai karakter mulia dalam diri siswa.
Guru harus
menjadi teladan, panutan , idola, contoh. Seperti falsafah jawa , bahwa
guru itu digugu dan ditiru. Seorang guru harus dapat digugu ( dipatuhi / ditaati
) dan ditiru ( dicontoh ) oleh siswa-siswanya.
3. Menginspirasi
A Adalah bahwa seorang guru
harus dapat menjadi sosok yang mampu
menginspirasi, membangkitkan semangat / motivasi dalam diri siswa-siswanya.
4. Menggerakkan
4. Menggerakkan
Adalah bahwa seorang guru harus dapat menggerakkan
siswa-siswanya untuk
dapat melakukan sesuatu yang ditugaskan atau diperintahkan
oleh seorang guru, sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari materi
pelajaran dengan baik dan akan berpengaruh pada prestasi belajarnya.
Selanjutnya Pak Aris mengatakan tentang langkah-langkah untuk
mengajar gaya motivator adalah sebagai berikut :
1. Awali mengajar / masuk kelas dengan senyum, salam, sapa.
2. Berikan simulasi sederhana / permainan / game sederhana dari youtube atau dari buku-buku.
Untuk mempersiapkan psikologis siswa menghadapi pembelajaran.
3. Menghargai siswa
Guru memberikan apresiasi baik secara personal maupun secara
klasikal kepada siswa.
4. Temukan nilai tambah dalam diri siswa
Berikan nilai yang baik terhadap siswa. Berilah siswa kesempatan
untuk membuat / mendapatkan nilai yang bagus. Karena dengan memberikan nilai
yang kurang bagus akan membuat siswa menjadi minder, malas dan bahkan
menghindar.
5. Guru maupun siswa harus bisa sebagai penonton maupun sebagai
pemain , agar pembelajaran menjadi semakin menarik dan menyenangkan.
6. Berikan label positif
Maksudnya bahwa guru
senantiasa memberikan pujian-pujian yang positif terhadap anak maupun kelas
baik secara personal maupun secara klasikal.
Inilah cara mengajar gaya motivator dari Pak Aris seorang
motivator hebat di tanah air. Semoga gaya mengajar yang beliau bagikan untuk
kita , para guru / pendidik dapat kita terapkan pada peserta didik kita di
sekolahan atau dimanapun kita mengajar /mendidik anak - anak didik kita, agar kelak mereka
sebagai generasi muda harapan bangsa akan lebih bersemangat untuk belajar,
berkarya membangun kejayaan bangsa.
Gunungkidul,
Jumat 16 April 2020
***
Mantul bu.....sukses ya....
BalasHapusamin pak...sukses juga untuk bapak
Hapus