Jumat, 10 April 2020

DASAR-DASAR MENULIS


(DISARIKAN  DARI MATERI KETUJUH “ BELAJAR MENULIS ONLINE GELOMBANG 8” )
NARASUMBER  : BAPAK IMAM FITRI RAHMADI
KAMIS, 9 APRIL 2020

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

              Tak terasa, malam ini aku, kami , bersama teman-teman di Grup WA “ Belajar Menulis Online Gelombang 8 “ akan kembali menyimak pemaparan materi dari nara sumber yang betul-betul sangat menambah  pengalaman. Dengan narasumber yang   ahli dibidangnya masing- masing. Dan malam ini , Kamis, 9 April 2020, Om Jay menghadirkan Bapak Imam Fitri Rahmadi yang akan dipandu oleh ketua kelas yaitu Mr. Bambs.
            Narasumber Bapak Imam Fitri Rahmadi menyapa hangat peserta kuliah online. Sekalipun tidak dapat bertatap muka langsung, tapi seakan ada ikatan yang sudah terjalin antara nara sumber dengan peserta. Karena peserta sudah hampir sepuluh hari bersama dalam satu rumah.  Saling berkenalan, merangkai cerita bersama, belajar menulis bersama, berbagi pengalaman bersama , mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke para nara sumber yang jawabannya dibagi bersama . dibaca bersama, saling kunjung ke blog, saling komentar, dan berbagai cerita / kisah indah yang telah terangkum dalam sebuah bingkai persahabatan “ WAG BMOG8 “ ( Whatsapp Grup Belajar Menulis Online Gelombang 8 ).  Kali ini materi yang disampaikannya adalah tentang “ Dasar-Dasar Menulis”  .
            Sebelum ke materi , saya sajikan sekilas tentang Bapak Imam Fitri Rahmadi. Beliau seorang dosen Unviversitas Pamulang, yang sedang menyelesaikan kuliah S3 nya di Johannes Kepler Universitat Linz Austria. Beliau pernah menulis 2 buah buku yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo ketika masih kuliah S1 di UIN Jakarta. Pada penghujung kuliah S2 nya di Universitas Negeri Jakarta , beliau mulai tertarik untuk menekuni penulisan akademik. Beliau juga mengelola jurnal , menjadi reviewer jurnal kampus lain, dan banyak mengikuti pelatihan penulisan bahasa Inggris. Beliau juga ngbelog di tigabelase.wordpress.com. Itulah profil singkat Bapak Imam Fitri Rahmadi, semoga jejaknya dapat memberi petunjuk kepada kita sebagai penulis pemula untuk lebih banyak berkarya hingga di ujung usia.
            Bapak Imam Fitri Rahmadi menyampaikan dasar-dasar menulis yaitu tentang pemilihan kata, penulisan kalimat, dan penyusunan paragraph. Yang mana materi tersebut dapat dipergunakan untuk keperluan penulisan akademik, penulisan personal dan formal. Adapun materi yang disampaikan Bapak Imam Fitri Rahmadi dibagi dalam 3 sesi yaitu 30 menit untuk menyampaikan materi, 60 menit untuk diskusi/ tanya jawab materi dan 30 menit untuk latihan menyusun paragraph.  Inilah paparan materi dari Bapak Imam,  sebagai berikut :
1.      Pemilihan Kata
Pemiliha kata atau istilahnya diksi. Pada penulisan akademik, penulisan personal maupun penulisan formal, diksi yang digunakan bisa sangat berbeda meskipun untuk mengungkapkan maksud yang sama . Contoh :
-          Ibu guru sedang ngobrol-ngobrol dengan kepala sekolah
-          Ibu guru sedang berbincang-bincang dengan kepala sekolah.
-          Ibu guru sedang berdiskusi dengan kepala sekolah.
Dari contoh tersebut , berbeda satu kata saja sudah merubah rasa dari sebuah kalimat.
2.      Penulisan kalimat
Kalimat terdiri dari kalimat sederhana ( simple sentence), kalimat gabungan ( compound sentence), kalimat kompleks ( complex sentence ) dan kalimat campuran. Contoh :
-          Kalimat sederhana : Saya membaca tulisan di blog.
-          Kalimat gabungan : Saya membaca tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimat.
-          Kalimat kompleks : Saya membaca tulisan di blog ketika sedang bekerja dari rumah.
-          Kalimat Campuran : Saya membaca tulisan di blog untuk menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimat ketika sedang bekerja dari rumah.
Konjungsi antar kalimat dipilih berdasarkan jenis kalimatnya
Kalimat terbagi menjadi 4 yaitu : penyataan, pertanyaan, perintah dan seruan.
-          kalimat pernyataan berfungsi untuk menceritakan sesuatu
-          Kalimat peranyaan berfungsi untuk menanyakan sesuatu
-          Kalimat perintah berfungsi untuk menginstruksikan sesuatu
-      Kalimat seru berfungsi untuk mengekspresikan sesuatu yang mengherankan / mengagetkan

3.      Penyusunan paragraph
Paragraf adalah kumpulan kalimat yang mempunyai satu topic ( topic sentens ) sebagai ide pokok atau gagasan utama ( main idea ) dan beberapa kalimat penjelas ( supporting sentences ) sebagai detail yang menjelaskan ide pokok. Supaya enak dibaca dan tulisan mudah dipahami, susunan dengan paragraf deduktif. Gunakan bentuk kalimat sederhana untuk membuat kalimat topik. Konjungsi antar paragraf dikontrol dengan kalimat topiknya.
            Kemudian dari sesi diskusi , banyak pertanyaan yang masuk kepada Bapak Imam. Dan semuanya dijawab dengan baik dan jelas. Adapun rangkuman dari pertanyaan-pertanyaan berserta jawaban pada  diskusi adalah sebagai berikut :
1.      Menurut bapak Imam bahwa proses dan rahasia kreatif seorang penulis adalah membaca. Inspirasi itu secara ilmiah tidak ditemukan dengan tiba-tiba, dengan menyepi, melamun atau yang lain. Tapi jika anda ingin menulis berarti  harus banyak membaca dulu. Memperbanyak input sebelum out putnya ditulis.
2.      Hambatan terbesar seorang penulis adalah mencari ide / topic yang masih orisinil, belum ditulis orang lain. Dan itu adalah tantangan seorang penulis, yaitu mencari sesuatu yang belum pernah ditemukan/ ditulis orang.
3.      Literasi digital kaum milenial masih sangat minim, terutama di Indonesia adalah literasi digital untuk keperluan akademik sebagai bekal generasi milenial untuk belajar di era digital
4.      Struktur artikel terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup
Dalam pendahuluan penulis mencantumkan thesis statement atau pendapat penulis dulu. Lalu nanti pendapat penulis mengandung beberapa kalimat topik, yang nantinya akan ditaruh dalam setiap paragraf, sehingga satu artikel akan berkaitan .
5.      Dalam pemilihan diksi , itu tidak harus indah, yang penting sampai kepada pembaca, harus disesuaikan dengan target pembacanya. Diksi yang terlalu tinggi malah akan membuat pembaca bingung. Pesan yang ditulis  tidak akan sampai ke pembaca / pembaca tidak mengerti atau istilahnya inflated  words.
6.      Agar tulisan kita bagus maka harus banyak membaca dulu sehingga kata-kata yang kita miliki akan banyak,  akan semakin kaya. Jangan harap bisa menulis bagus kalau tidak penah membaca.
7.      Struktur paragraph yang lengkap dan tepat  adalah bahwa kalimat penjelas terbagi menjadi kalimat mayor dan kalimat minor. Kalimat penjelas mayor adalah menjelaskan kalimat topic. Kalimat penjelas minor adalah menjelaskan kalimat penjelas mayor, kemudian diakhiri dengan kalimat penutup, jika diperlukan. Kalimat penjelas bermacam-macam yaitu dapat berupa fakta, alasan, contoh, data dsb. Praktek menulis pargaraf yang tepat ada unsur what ( apa ) dan why ( mengapa ) dari kalimat topiknya.
8.      Paragraph yang baik dan benar juga harus memperhatikan koherensi ( logikanya ) dan kohesi ( kata,diksi, konjungsi yang dipakai tepat hingga mudah dibaca )
9.      Dalam penulisan artikel bebas atau artikel popular dapat menggunakan kata personal atau formal.
10.  Dalam penulisan akademik agar  paragraph mudah dipahami digunakan paragraph deduktif, juga dalam artikel, jurnal dsbnya.
11.  Ada 6 prinsip pemilihan diski : pilih kata yang mudah dipahami, gunakan kata yang khusus / spesifik dan kontekstual, pilih kata yang paling kuat diantara pilihan diski yang ada, lebih baik tekankan pada penggunaan kata yang positif daripada  negative, hindari penggunaan diksi yang tinggi secar a berlebihan, hindari diksi yang terlalu jadul. Diksi sesuai dengan target pembacanya.
12.  Dalam menulis harus buat outlinenya / daftar isinya agar mudah kita membahasnya dan mudah menyelesaikan tulisan kita
13.  Tulisan yang baik dan menarik adalah yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan terutama dalam konteks penulisan formal dan akademik.
14.  Tips dan trik menulis : perbanyak input dengan  banyak membaca, berlatih : mencoba sedikit demi sedikit menulis , menulis : rajin menulis
15.  Kalimat gabungan dirangkai dengan kata - kata ,  : untuk, tetapi, maupun, dan atau, namun sehingga
16.  Kalimat kompleks dirangkai dengan kata-kata:  ketika, sesudah, sebelum, karena, sejak, meskipun, sementara, dll
17.  Dalam penulisan karya fiksi / penulisan personal : cerpen, yang ada plotnya, ide ditaruh di klimaknya atau dikasih tahu secara pelan-pelan supaya pembaca penasaran. Tulisan fiksi lebih fleksibel daripada tulisan non fiksi.
18.  Sedangkan dalam penulisan non fiksi / penulisan formal dan akademik justru ide diletakkan didepan / ditonjolkan. Diperlihatakan terkebih dahulu kepada pembacanya. 
19.  Curah gagasan atau brainstorming sering dilakukan untuk mengumpulkan ide, biasanya lebih efektif berdiskusi dengan orang lain sebagai lawan berpikir.

Kesimpulan dari Pak Imam bahwa terkait dengan kata dan penggunannya secara umum, bahasa dibagi menjadi 2 kategori yaitu spoken ( bahasa lisan ) biasanya berupa kosa kata, dan struktur kalimat dan written language ( bahasa tulisan ) biasanya berupa kata dan kalimatnya lebih kompleks
Jadi bila ingin menulis formal dan akademik , pakailah bahasa tulisan yang sangat konsern terhadap variasi penggunaan kata,  penulisan kalimat dan penyusunan paragraf.
            Di akhir pertemuan bapak Imam memberikan 3 latihan untuk tugas menulis setelah materi selesai yaitu :
1.      Buatlah kalimat topik dari paragraph berikut :
Tetap di rumah saja dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif. Menggunakan masker ketika terpaksa harus bepergian dan selalu menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara lainnya. Senantiasa jaga stamina dengan istirahat yang cukup juga dapat dilakukan untuk menjaga imun tetap baik sehingga tidak rentan tertular.
2.      Tambahkan minimal   3 kalimat penjelas
Pandemi korona virus mengubah pola orang dalam bersosialisasi, bekerja, belajar di Indoensia.
3.      Buatlah satu paragraf dengan tema bebas. Kalimat topik harus memiliki ide pengontrol. Paragraph minimal memiliki 3 kalimat penejlas yang saling mendukung atau menjelaskan ide pengontrol.

Demikian resume  dari materi ketujuh “ Dasar-Dasar Menulis “ dari Bapak Imam Fitri Rahmadi, semoga bermanfaat dapat menambah sedikit wawasan kita dalam menulis.
                                         

Gunungkidul, jumat, 9 April 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...