Jumat, 03 April 2020

CARA MENCARI IDE DALAM MENULIS

OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

DISARIKAN  DARI MATERI  “ BELAJAR MENULIS ONLINE GELOMBANG 8” 

NARASUMBER  : BAPAK AGUS SAMPURNA

SENIN, 30 MARET 2020



SEKILAS PROFIL NARASUMBER


Bapak Agus Sampurna :

(Saat ini – 2015) bekerja di PSF SDO Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2015-2013) Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2013-2000)  Koordinator guru dan guru kelas di Global Jaya International School Jakarta.

(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA.

•   (2014-2017) Become a jury and facilitator in teaching innovation competition held by KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)
•   (2014) a Book writer “suluh tak kenal peluh’ Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) and Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
•   (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta TK-SMA
•   (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany nominated
•   (2011) won the Guru Era Baru Acer Indonesia award.
•   (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators. 
•   (2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com



Senin malam, tanggal 30 Maret 2020, Pak Jay atau biasa dipanggil Om Jay , kembali mengajak peserta / anggota grup “Belajar Menulis Online“ untuk belajar tentang “ Bagaimana Mencari Ide dalam Menulis “

Kali ini narasumbernya  seorang yang luar biasa prestasinya, karirnya, pengalamannya berkecimpung di dunia  tulis menulis, diantaranya menulis online . Beliau mengajak peserta untuk membelalakkan mata dengan segudang prestasi dan berbagai pengalaman yang  beliau punya. 

Wow, sungguh luar biasa. Dua jempol mesti kuacungkan . Decak kagum tiada henti juga terlontar begitu membaca riwayat singkat sepak terjang beliau yang begitu mengagumkan. 

Alloh Maha Besar. Dan orang-orang seperti beliau, walau ibaratnya sudah jauh di awang-awang tetapi tetap melihat ke bawah. Artinya walaupun beliau orang pintar, sukses, terkenal, ahli, atau banyak sebutan yang pantas beliau sandang, karena berbagai prestasi dan pengalaman serta ilmu-ilmunya, namun beliau tetap merendah.  Beliau tetap dengan hati penuh keikhlasan berkenan untuk membagi ilmu kepada para peserta kuliah  di grup WA Belajar Menulis Online ini.

Nah, inilah sekilas ilmu yang beliau bagikan  dan teramat membekas. Semoga dapat kami manfaatkan sebaik-baiknya dan suatu saat kelak bisa kami tularkan untuk orang lain pula yang membutuhkan. In syaa Allah.
         
Pak Agus Sampurna nama narasumbernya , menyapa peserta dengan bersahabat. Sebelum masuk ke materi, beliau mengirimkan sebuah link. Dan peserta dengan penuh harap dan semangat membuka dengan penuh asa akan mendapatkan sesuatu yang berharga di baliknya. Tenyata memang benar, video atau youtube itu menampilkan sebuah artikel tentang “ Panduan Awal Mendesain Pembelajaran Daring “.

Dari situ kami temukan banyak informasi, ilmu, pengetahuan yang sangat bermanfaat  untuk menghadapi situasi saat ini. Dimana hampir semua aspek kehidupan sedang terdampak dengan adanya penyebaran Covid 19 yang tengah merajalela melanda dunia, termasuk Indonesia. 

Dampaknya  bagi segala aspek / sektor kehidupan teramat terasa dan kentara. Begitu juga dalam dunia pendidikan, sekarang harus menerapkan pembelajaran berbasis online / daring. Semua sekolah diliburkan dan diganti belajar dari rumah,  belajar jarak jauh ( distance learning ) dengan menggunakan layanan  jaringan internet.

 Para pendidik dalam hal ini guru juga siswa-siswa mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, lembaga-lembaga pendidikan dan lain-lain  harus menggunakan pembelajaran jarak jauh online / daring.  Dan guru bertindak sebagai pembelajar jarak jauh ( distance learner ) yang tentu saja harus dapat menggunakan  fasilitas teknologi dengan jaringan internet untuk tetap dapat memberikan ilmu, pengetahuan dan wawasan yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Sehingga selama pembelajaran dari rumah, siswa tetap mendapatkan haknya untuk diberikan pengajaran dan pendidikan. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar negara kita.

 Maka untuk mewujudkan pembelajaran daring / online yang baik dan menyenangkan atau mengasyikkan, seorang guru harus dapat mendesain pembelajaran daring / online dengan baik pula. 

Menurut Pak Agus Sampurna dalam artikelnya tersebut, bahwa pembelajaran daring / online sebagai sebuah pilihan atau mungkin sebuah tantangan memiliki prinsip-prinsip yang dapat diterapkan bagi pembelajaran saat ini, dalam kondisi dan situasi negara yang baru dalam keadaan darurat korona. Bahkan harapannya dapat berlanjut sesuai tuntutan kebutuhan jaman di era revolusi industri 4.0 ini.

Dari prinsip-prinsip yang mendasari pembelajaran daring / online tersebut ada satu poin yang menarik yaitu “ Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan  memberi keteladanan ( Ing Ngarso Sung Tuladha ), membangun kemauan ( Ing Madya Mangun Karsa), dan membangun kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran ( Tut Wuri Handayani).  

Itulah tiga semboyan , ajaran dari Bapak Pendidikan Indonesia , Ki Hajar Dewantara, yang tak lekang oleh kemajuan jaman. Pemikiran beliau tetap ada dan akan terus melegenda dan mendasari sistem pendidikan di Indonesia. 

Sekalipun saat ini pembelajaran berbasis online / daring yang  mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi tetap akan kembali pada ketiga hal tersebut sebagai saka gurunya  proses pendidikan di negara ini. Tetap akan memperhatikan  pada cipta , rasa dan karsa  dari manusia-manusia yang terlibat dalam proses pendidikan tersebut.

Dari sekilas video Panduan Awal Mendesain Pembelajaran Daring / Online tersebut banyak makna yang dapat kita renungkan . Namun direnungkan saja tidak cukup, harus terwujud dalam karya nyata melalui sebuah pembelajaran online / daring yang bermakna dan bermanfaat  bagi siswa , guru, orang tua, masyarakat dan dunia pendidikan umumnya.

Dan semua itu dapat  terwujud jika ada karya-karya nyata yang dihasilkan dan yang bisa dimanfaatkan dari adanya kemajuan teknologi yang semakin mendunia . Sudah saatnya para guru / pendidik giat dan semangat untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan.  

Mencari Ide menulis dengan  kunci 5 kata persuasif

Lewat tulisan-tulisan yang disusun oleh para guru / pendidik akan semakin menambah wawasan, pemahaman  bagi siswa, orang tua , dan pembaca. Namun kadang banyak guru / pendidik masih sulit untuk menemukan sebuah ide untuk memulai menulis. Dan kemampuan menulis itu harus ditumbuhkan, dilatih secara terus menerus.

Untuk memulai  sebuah tulisan yang paling manjur dan menarik agar dilirik pembaca adalah dengan menggunakan beberapa kata persuasif. Ada 5 ( lima ) kata yaitu Persuasive Words That Control Minds  atau bahasa Indonesianya 5 ( lima ) kata persuasif  yang dapat mengendalikan pikiran pembacanya,  beserta contoh dalam judul sebuah tulisan / artikel sebagai berikut  :

1.  You / Anda
Contoh : “ 5 ( Lima ) Cara Agar ANDA Menjadi Guru yang Handal dalam Mengajar Secara Online”
2.  Free / Bebas
Contoh : “ Solusi Pembelajaran Daring BEBAS Stres “
3. New / Baru
Contoh : “ 5 ( Lima ) Aplikasi BARU untuk Mengajar Online “
4. Now / Sekarang / Kini/ Saat ini
Contoh : “ Aplikasi Online yang Anda  Bisa Mulai SEKARANG Gunakan untuk Mengajar Secara Online “
5.  Secret / Rahasia.
Contoh : RAHASIA Menjadi Guru Sukses Mengajar Secara  Online “

Dalam membuat tulisan , dimanapun, baik di media cetak atau media sosial, tidak terlepas dari cara menarik perhatian pembacanya. Apalagi menulis dalam sebuah blog. Dalam menulis di blog sangatlah mungkin terinspirasi dari tulisan-tulisan orang lain. Dan inilah yang dilakukan oleh Pak Agus Sampurna dalam menginspirasi peserta  agar dapat berpikir bahwa menulis itu mudah.

Dari semangat dan cara penyampaian dan bermaknanya ilmu yang disampaikan oleh Pak Agus Sampurna tersebut semoga segera bisa terealisasi dan  tercapai lewat belajar menulis online di bawah bimbingan Pak Wijaya Kusumah. 

Dengan begitu guru / pendidik di negeri ini dapat menerapkannya dalam pembelajaran daring ( dalam jaringan ) sesuai kebutuhan dan tetap harus melaksanakan pembelajaran luring ( luar jaringan ) yang berpegang pada prinsip-prinsip  dasar pendidikan kita yang saling asuh, asih dan asah dengan semangat Trilogi Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara.

                                                                    Gunungkidul, 3 April 2020
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...