Jumat, 10 April 2020

BINGKISAN KURMA DARI GURU BLOGGER


OLEH : ENI SETYOWATI

            Sore ini ketika kembali kubuka WA Grub Belajar Menulis Online Gelombang 8, Om Jay atau Pak Jay, gurunya blogger Indonesia yang baik hati itu lagi-lagi mengirimkan kurma yang menggugah selera. Sekalipun hanya membayangkan, kurma dari Om Jay kuterima juga. Dan kunikmati bersama sepenggal cerita tidak penting ini yang kutulis dengan asa yang tidak bergeming untuk tetap konsisten dan berkomitmen dapat menghadirkan sebuah tulisan yang layak baca . Setidaknya kubaca sendiri , sebagai arsip memori hidupku.
          Kurma, salah satu buah impor yang banyak dijumpai di negara-negara timur tengah, khususnya negara Arab Saudi. Kurma salah satu buah dari tanah Arab yang banyak mengandung manfaat. Di negara-negara timur tengah banyak tumbuh jenis pohon buah kurma. Berbagai jenis kurma ada di sana. Salah satunya seperti yang sekarang dikirim Om Jay. Apapun jenisnya semua kurma adalah buah yang penuh berkah. Di Indonesia di beberapa tempat ditanam juga buah kurma , walaupun tidak sebanyak di negara- negara asalnya. 


        Sudah menjadi tradisi bagi para jamaah haji maupun orang-orang yang melaksanakan perjalanan / wisata religi atau umroh,  setiap pulang dari sana membawa buah tangan berupa kurma, air zam-zam, kacang arab, kismis dan souvenir lainnya. Namun yang paling khas yaitu kurma.
        Hari ini tanggal 10 April adalah hari libur nasional.  Dalam kalender ditulis tanggal merah, yaitu  bertepatan wafatnya Isa Al Masih. Yang dalam agama Islam beliau adalah Nabi Isa Alaihis Salam. Bicara tentang kurma , mengingatkanku akan cerita/ kisah kelahiran Nabi Isa. Sewaktu Siti Maryam  hendak melahirkan Nabi Isa AS, dia pergi menuju ke sebuah pohon kurma. Maryam akhirnya melahirkan Nabi Isa  di bawah pohon kurma. Akhirnya turunlah Surat Maryam ayat 23 dan ayat 25 yang menyebutkan tentang pohon kurma.
Dalam ayat 23 artinya  :  Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya ( bersandar ) pada pangkal pohon kurma, dia ( Maryam ) berkata, “ Wahai, betapa ( baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan ,”. Sedangkan ayat 25 artinya yaitu : Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya ( pohon ) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”
Dari kisah Maryam sewaktu akan melahirkan Nabi Isa tersebut, menunjukkan bahwa kurma adalah salah satu buah yang disebut dalam Kitab Suci Al Quran. Itu berarti kurma adalah salah satu buah yang diberkahi tumbuhnya di atas bumi Alloh . Sehingga banyak manfaat dan khasiatnya karena zat-zat  gizi, vitamin, karbohidrat, dan lain- lain yang terkandung dalam buah kurma.  Dan itu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mengembalikan stamina yang hilang, dan masih banyak lagi kegunaanya.  Dan pasti juga dapat bermanfaat untuk melawan serangan virus corona yang tengah merajalela.
Buah kurma akan banyak dijumpai pada saat menjelang bulan Ramadhan sebagai hidangan berbuka yang lezat dan sebagai hidangan khas di saat menyambut Lebaran Idul Firti bersama keluarga ,  sanak saudara dan tetangga . Semoga kita semua dapat kembali menikmati rasa khas kurma di tahun ini tanpa dibayang- bayangi lagi oleh virus corona . Dan semoga bisnis Om Jay laris manis penuh berkah.

                                                            Gunungkidul, Jumat, 10 April 2020
***


2 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...