Kamis, 30 April 2020

PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL


OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.

( Disarikan  dari Materi 17 Kuliah Belajar Menulis Online Gelombang 8)
Nara Sumber : WIJAYA KUSUMAH,M.Pd.
SELASA, 21 April 2020


Sekilas Profil  Narasumber :
Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. adalah seorang teacher, motivator, trainer, writer, blogger, fotografer,father, pembicara seminar dan workshop tingkat nasional, pembicara / nara sumber di bidang ICT, Eduprenership, Learning dan PTK. Beliau juga seorang Guru di SMP Labschool Jakarta. Beliau seorang guru blogger yang terkenal di Indonesia. Beliau mengantongi juga banyak prestasi sebagai penulis maupun guru berprestasi.
Alamat web beliau : http://wijayalabs.com
***
Materi pertemuan kuliah Belajar Menulis Online kali ini disampaikan oleh Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd., atau biasa dipanggil Om Jay. Om jay adalah pemrakarsa / fasilitator/ penggagas Belajar Menulis Online. Beliau akan menyampaikan sebuah tema  tentang Pembelajaran Online / Pembelajaran Daring yang Ideal . Pelaksanaan kuliah biasanya diadakan pada malam hari, tapi kali ini di pagi hari dari jam 10.00 – 11.30 WIB . Dan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Namun tahun ini memperingati Hari Kartini hanya dapat dilakukan secara online , tetap dengan semangat emansipasi di tengah pandemi corona . Semoga semangat dari Ibu Kartini yang menulis buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, maka setelah pandemi corona berlalu, yang sudah beberapa bulan membuat gelap keadaan dapat memberikan suntikan semangat emansipasi baru untuk lebih giat menulis seperti Raden Ajeng Kartini.
Dari penyampaian Om Jay, dapat dimaknai bahwa yang dimaksud  pembelajaran daring ( dalam jaringan ) / online adalah sebuah / suatu proses pembelajaran yang dilakukan tanpa lewat tatap muka / tanpa bertemu secara langsung antara pebelajar dengan pembelajar,  antara siswa dengan guru, atau antara orang yang satu dengan orang yang lain. Pembelajaran daring / online ini dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran ini dilakukan lewat dunia maya dengan memanfaatkan jaringan internet.
Dalam pembelajaran daring / online ini banyak aplikasi yang dapat digunakan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diantaranya dapat memakai video conference, memakai zoom, memakai webex, memakai google meeting, google form, melalui WAG ( grup WhatsAap ), video online,atau aplikasi grup online yang lainnya. Dalam pembelajaran daring / online ini, tentu saja ada penyampaian informasi atau materi dari guru kepada siswa. Selain itu dalam pembelajaran ini  ada juga pemberian tugas kepada siswa.Setelah itu ada juga proses  penilaian / evaluasi yang dilakukan secara online juga. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya dimanfaatkan dalam pembelajaran saja, tetapi dapat juga untuk kegiatan yang lain , misalnya rapat, seminar, diklat, kuliah, atau hanya sekedar percakapan biasa  dengan teman atau saudara yang saat ini karena pandemi corona semuanya harus menjaga jarak ( social distancing ) , tidak boleh berkumpul , hanya di rumah saja ( stay at home ), bekerja dari rumah ( work for home/ WFH ), belajar di rumah ( study at home ), pembelajaran jarak jauh/daring ( distance learning ), dan berbagai istilah yang tiba-tiba menjamur seiring mewabahnya covid 19 yang semakin merajalela.
Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi yang semakin canggih maka pertemuan-pertemuan pun dapat  difasilitasi secara lebih mudah dan luwes / fleksibel. Artinya dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Namun dari berbagai macam penerapan kemajuan teknologi tersebut  sebagai sebuah aplikasi tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Secanggih apapun teknologi pasti juga ada sisi tidak sempurnanya karena hanyalah sebuah karya dari manusia. Di dunia ini tak akan ada yang dapat sesempurna seperti ciptaan Tuhan.
Penerapan aplikasi teknologi dalam pembelajaran daring ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan diantaranya :
-      Bebas bertemu dan belajar tanpa batas ruang dan waktu. Di sini siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran daring / online dari rumah.  Kalau sebelumnya guru dan siswa bertemu langsung / dapat bertatap muka  di sekolahan , namun saat ini harus melakukan pembelajaran yang berjarak, tidak dapat bertatap muka / tidak dapat bertemu langsung. Ini salah satu berkah dari pandemi corona virus. Kegiatan rapat, seminar, diklat atau pertemuan-pertemuan yang lain, saat ini terpaksa harus mengunakan fasilitas lewat internet / jaringan karena untuk mencegah penyebaran pandemi covid 19 yang tengah merajalela .
-      Dari segi waktu, biaya, tenaga memang lebih irit daripada harus belajar , bekerja, mengikuti seminar, diklat dan lain-lain di tempat yang berbeda yang jauh dari rumah, namun juga harus bersiap-siap untuk merogoh kantong untuk membeli kuota.
-      Penggunaan aplikasi daring ini juga akan menekan / menurunnya tingkat kemacetan arus lalulintas karena saat ini diberlakukan pembatasan sosial berskala besar. Semuanya harus bekerja dari rumah, berkarya dari rumah dan belajar dari rumah.
-      Manfaat lain, dapat terjalinnya hubungan yang lebih hangat bagi keluarga karena setiap hari selalu dapat berkumpul bersama, makan bersama, melakukan ibadah bersama,bercengkerama bersama, atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat selalu bersama di tengah-tengah keluarga tercinta.
Dalam pembelajaran daring memang tidak dapat bertemu langsung antara guru dan siswa namun pentingnya / esensi dari kegiatan tersebut haruslah sama seperti saat bertatap muka langsung seperti di sekolah. Namun demikian seorang guru tidak boleh memberikan tugas-tugas yang terlalu memberatkan siswa dan orang tuanya.
Banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Untuk melakukan komunikasi secara visual diantaranya dapat menggunakan aplikasi zoom.Walau banyak yang pro dan kontra terhadap kehandalan zoom, namum aplikasi ini banyak diminati untuk melakukan komunikasi secara online.
Untuk lebih mengenal aplikasi zoom, dapat dilihat  di alamat idcloudhost.com. Di web tersebut yang dimaksud zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasis cloud computing yang mengizinkan kita untuk dapat bertemu / bertatap muka / berkomunikasi  dengan orang lain secara online lewat internet baik itu dengan video, suara maupun audio video. Aplikasi zoom  dapat dengan mudah didownload di hape android atau juga laptop maupun komputer , tentu saja harus terkoneksi dengan internet / jaringan. Cara menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah yaitu dengan cara meng-klik aplikasi dengan link yang sudah dibagikan sebelumnya oleh pengguna / fasilitator. Adapun  Langkah-langkah menggunakan aplikasi zoom adalah :
1.   Daftarkan zoom Anda dengan meng-klik sign up. Gunakan google account untuk mempermudah sign up. Kemudian isilah perintah pada format yang tersedia dengan memasukan akun Anda.
2.   Setelah mempunyai akun zoom, klik lagi untuk dapat masuk ke aplikasi zoom, gunakan juga google seperti mendaftar tadi , maka kita sudah tergabung dalam aplikasi zoom.
3.   Setelah masuk di zoom, buatlah jadwal, isikan judul pertemuan, tanggal,waktu pelaksanaan pertemuan tersebut. Waktunya pertemuan maksimal 40 menit.
4.   Setelah selesai mengisi , kemudian klik done, maka kita akan tertuju ke link dan dapat kita salin. Salin link tersebut dan bagikan ke peserta pertemuan yang akan dituju melalui grup WA atau media online yang lain.
5.   Kemudian Kita tinggal menunggu peserta lain untuk bergabung ke meeting sesuai dengan waktu dan tanggal yang telah ditentukan. Agar lebih jelas dan paham dapat dibuka alamat web ini https://youtu.be/KR2-hrxjTz4.
Aplikasi zoom ini dapat kita kita gunakan untuk mengadakan pembelajaran dengan siswa kita . Materi dapat disampaikan kepada siswa dan  dapat berkomunikasi langsung, dapat berdiskusi , tanya jawab dan kegiatan-kegiatan lain  sekalipun hanya lewat dunia maya.
Selain kelebihan-kelebihan / beberapa manfaat dari aplikasi pembelajaran daring ini , ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan /  kelemahan yaitu:
-          Bagi siswa / orang tua yang tidak mampu menyediakan Android tentu saja  akan menjadi kendala tersendiri bagi berlangsungnya pembelajaran daring tersebut, bahkan dapat memicu dampak yang lainnya misalnya terjadi kesenjangan sosial antara yang mempunyai hape dan yang tidak mampu membeli hape Android.
-          Siswa mempunyai hape tetapi tidak mempunyai uang lebih untuk membeli kuota agar dapat terhubung dengan internet / jaringan. Siswa / orang tua harus mengeluarkan  uang lebih untuk membeli kuota agar dapat mengikuti pembelajaran daring setiap saat.
-          Kadang terkendala sinyal yang jelek terutama di  daerah-daerah yang terpencil atau jauh dari jaringan, di pedesaan-pedesaan.


Jadi dari pemaparan materi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa segala sesuatu , dalam hal ini suatu model pembelajaran secanggih apapun, pasti ada kelebihan / nilai plusnya dan ada kelemahannya / kekurangannya. Tapi pembelajaran daring saat ini memang harus diterapkan seiring perkembangan jaman apalagi dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Guru dan siswa , dunia pendidikan kita harus mempersiapkan diri sejak kini, di masa pandemi corona ini untuk memanfaatkan aplikasi teknologi dalam pembelajaran daring / online . Dan pembelajaran daring ini harus dikemas / didesain/ dirancang semenarik mungkin, sebagus mungkin agar menjadi sarana / media pembelajaran yang memenuhi kriteria ideal bagi semuanya. Walaupun aplikasi pembelajaran daring ini sudah diterapkan akan tetapi  pembelajaran secara tatap muka/ bertemu langsung , antara guru dan siswa atau pembelajaran  luar jaringan ( luring ) itu tetap penting dan  diperlukan.  Karena secara psikologis, bertatap muka antara guru dan siswa akan membangkitkan motivasi tersendiri bagi siswa maupun guru sebagai makhluk sosial. Dan di sini peran guru tidak tergantikan oleh apapun juga, karena walau pembelajaran daring itu berlangsung, peran seorang guru  akan tetap dibutuhkan untuk memberikan petunjuk / arahan / bimbingan agar siswa / anak tidak salah dalam mendapatkan materi / pengetahuan lewat internet.  
Demikian pengetahuan seputar pembelajaran daring semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama sehingga dapat mendesain pembelajaran daring yang ideal. Salam

                       
Gunungkidul,Selasa, 21 April 2020

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...