OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.
(
Disarikan dari Materi 17 Kuliah Belajar
Menulis Online Gelombang 8)
Nara
Sumber : WIJAYA KUSUMAH,M.Pd.
SELASA,
21 April 2020
Sekilas
Profil Narasumber :
Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. adalah seorang
teacher, motivator, trainer, writer, blogger, fotografer,father, pembicara
seminar dan workshop tingkat nasional, pembicara / nara sumber di bidang ICT,
Eduprenership, Learning dan PTK. Beliau juga seorang Guru di SMP Labschool
Jakarta. Beliau seorang guru blogger yang terkenal di Indonesia. Beliau
mengantongi juga banyak prestasi sebagai penulis maupun guru berprestasi.
***
Materi
pertemuan kuliah Belajar Menulis Online kali ini disampaikan oleh Bapak Wijaya
Kusumah, M.Pd., atau biasa dipanggil Om Jay. Om jay adalah pemrakarsa /
fasilitator/ penggagas Belajar Menulis Online. Beliau akan menyampaikan sebuah
tema tentang Pembelajaran Online
/ Pembelajaran Daring yang Ideal . Pelaksanaan kuliah biasanya diadakan pada
malam hari, tapi kali ini di pagi hari dari jam 10.00 – 11.30 WIB . Dan bertepatan
dengan peringatan Hari Kartini. Namun tahun ini memperingati Hari Kartini hanya
dapat dilakukan secara online , tetap dengan semangat emansipasi
di tengah pandemi corona . Semoga semangat dari Ibu Kartini yang menulis
buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, maka setelah pandemi corona berlalu,
yang sudah beberapa bulan membuat gelap keadaan dapat memberikan suntikan semangat
emansipasi
baru untuk lebih giat menulis seperti Raden Ajeng Kartini.
Dari
penyampaian Om Jay, dapat dimaknai bahwa yang dimaksud pembelajaran daring ( dalam jaringan ) /
online adalah sebuah / suatu proses pembelajaran yang dilakukan tanpa
lewat tatap muka / tanpa bertemu secara langsung antara pebelajar dengan
pembelajar, antara siswa dengan guru,
atau antara orang yang satu dengan orang yang lain. Pembelajaran daring
/ online ini dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran
ini dilakukan lewat dunia maya dengan memanfaatkan jaringan internet.
Dalam
pembelajaran daring / online ini banyak aplikasi yang dapat digunakan agar
proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diantaranya dapat memakai
video
conference,
memakai zoom, memakai webex, memakai google meeting, google
form, melalui WAG ( grup WhatsAap ), video
online,atau aplikasi grup online yang lainnya. Dalam pembelajaran daring
/ online ini, tentu saja ada penyampaian informasi atau materi dari guru
kepada siswa. Selain itu dalam pembelajaran ini ada juga pemberian tugas kepada siswa.Setelah
itu ada juga proses penilaian / evaluasi
yang dilakukan secara online juga. Aplikasi-aplikasi tersebut
tidak hanya dimanfaatkan dalam pembelajaran saja, tetapi dapat juga untuk
kegiatan yang lain , misalnya rapat, seminar, diklat, kuliah, atau hanya sekedar
percakapan biasa dengan teman atau
saudara yang saat ini karena pandemi corona semuanya harus
menjaga jarak ( social distancing ) , tidak boleh berkumpul , hanya di rumah
saja ( stay at home ), bekerja dari rumah ( work for home/ WFH ),
belajar di rumah ( study at home ), pembelajaran jarak jauh/daring
( distance
learning ), dan berbagai istilah yang tiba-tiba menjamur seiring
mewabahnya covid 19 yang semakin merajalela.
Dengan
adanya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi yang semakin canggih
maka pertemuan-pertemuan pun dapat difasilitasi
secara lebih mudah dan luwes / fleksibel. Artinya dapat dilakukan
kapanpun dan di manapun. Namun dari berbagai macam penerapan kemajuan teknologi
tersebut sebagai sebuah aplikasi tentu
saja ada kelebihan dan kekurangannya. Secanggih apapun teknologi pasti juga ada
sisi tidak sempurnanya karena hanyalah sebuah karya dari manusia. Di dunia ini
tak akan ada yang dapat sesempurna seperti ciptaan Tuhan.
Penerapan
aplikasi teknologi dalam pembelajaran daring ada beberapa manfaat yang
dapat kita rasakan diantaranya :
- Bebas bertemu dan
belajar tanpa batas ruang dan waktu. Di sini siswa dan guru dapat melakukan
pembelajaran daring / online dari rumah.
Kalau sebelumnya guru dan siswa bertemu langsung / dapat bertatap muka di sekolahan , namun saat ini harus melakukan
pembelajaran yang berjarak, tidak dapat bertatap muka / tidak dapat bertemu
langsung. Ini salah satu berkah dari pandemi corona virus. Kegiatan rapat,
seminar, diklat atau pertemuan-pertemuan yang lain, saat ini terpaksa harus mengunakan
fasilitas lewat internet / jaringan karena untuk mencegah penyebaran pandemi
covid 19 yang tengah merajalela .
- Dari segi waktu,
biaya, tenaga memang lebih irit daripada harus belajar , bekerja, mengikuti
seminar, diklat dan lain-lain di tempat yang berbeda yang jauh dari rumah,
namun juga harus bersiap-siap untuk merogoh kantong untuk membeli kuota.
- Penggunaan aplikasi
daring
ini juga akan menekan / menurunnya tingkat kemacetan arus lalulintas karena
saat ini diberlakukan pembatasan sosial berskala besar. Semuanya harus bekerja
dari rumah, berkarya dari rumah dan belajar dari rumah.
- Manfaat lain, dapat
terjalinnya hubungan yang lebih hangat bagi keluarga karena setiap hari selalu
dapat berkumpul bersama, makan bersama, melakukan ibadah bersama,bercengkerama bersama,
atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat selalu bersama di
tengah-tengah keluarga tercinta.
Dalam
pembelajaran daring memang tidak dapat bertemu langsung antara guru dan
siswa namun pentingnya / esensi dari kegiatan tersebut haruslah sama seperti
saat bertatap muka langsung seperti di sekolah. Namun demikian seorang guru
tidak boleh memberikan tugas-tugas yang terlalu memberatkan siswa dan orang tuanya.
Banyak
aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Untuk melakukan
komunikasi secara visual diantaranya dapat menggunakan aplikasi zoom.Walau
banyak yang pro dan kontra terhadap kehandalan zoom, namum aplikasi ini
banyak diminati untuk melakukan komunikasi secara online.
Untuk
lebih mengenal aplikasi zoom, dapat dilihat di alamat idcloudhost.com. Di web tersebut yang
dimaksud zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasis cloud
computing
yang mengizinkan kita untuk dapat bertemu / bertatap muka /
berkomunikasi dengan orang lain secara online
lewat internet baik itu dengan video, suara maupun audio video. Aplikasi zoom
dapat dengan mudah didownload di hape android
atau juga laptop maupun komputer , tentu saja harus terkoneksi dengan internet
/ jaringan. Cara menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah yaitu dengan cara
meng-klik
aplikasi dengan link yang sudah dibagikan sebelumnya oleh pengguna /
fasilitator. Adapun Langkah-langkah
menggunakan aplikasi zoom adalah :
1. Daftarkan zoom
Anda dengan meng-klik sign up. Gunakan google
account untuk mempermudah sign up. Kemudian isilah perintah
pada format yang tersedia dengan memasukan akun Anda.
2. Setelah mempunyai akun
zoom, klik lagi untuk dapat masuk ke aplikasi zoom, gunakan
juga google
seperti mendaftar tadi , maka kita sudah tergabung dalam aplikasi
zoom.
3. Setelah masuk di zoom,
buatlah jadwal, isikan judul pertemuan, tanggal,waktu pelaksanaan pertemuan
tersebut. Waktunya pertemuan maksimal 40 menit.
4. Setelah selesai mengisi
, kemudian klik done, maka kita akan tertuju ke link dan dapat kita
salin. Salin link tersebut dan bagikan ke peserta pertemuan yang akan dituju
melalui grup WA atau media online yang lain.
5. Kemudian Kita
tinggal menunggu peserta lain untuk bergabung ke meeting sesuai dengan
waktu dan tanggal yang telah ditentukan. Agar lebih jelas dan paham dapat
dibuka alamat web ini https://youtu.be/KR2-hrxjTz4.
Aplikasi
zoom
ini dapat kita kita gunakan untuk mengadakan pembelajaran dengan siswa kita . Materi
dapat disampaikan kepada siswa dan dapat
berkomunikasi langsung, dapat berdiskusi , tanya jawab dan kegiatan-kegiatan
lain sekalipun hanya lewat dunia maya.
Selain
kelebihan-kelebihan / beberapa manfaat dari aplikasi pembelajaran daring
ini , ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan / kelemahan yaitu:
-
Bagi
siswa / orang tua yang tidak mampu menyediakan Android tentu saja akan menjadi kendala tersendiri bagi
berlangsungnya pembelajaran daring tersebut, bahkan dapat memicu
dampak yang lainnya misalnya terjadi kesenjangan sosial antara yang mempunyai
hape dan yang tidak mampu membeli hape Android.
-
Siswa
mempunyai hape tetapi tidak mempunyai uang lebih untuk membeli kuota agar dapat
terhubung dengan internet / jaringan. Siswa / orang tua harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli kuota agar dapat
mengikuti pembelajaran daring setiap saat.
-
Kadang
terkendala sinyal yang jelek terutama di
daerah-daerah yang terpencil atau jauh dari jaringan, di
pedesaan-pedesaan.
Jadi dari pemaparan
materi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa segala sesuatu , dalam hal ini
suatu model pembelajaran secanggih apapun, pasti ada kelebihan / nilai plusnya
dan ada kelemahannya / kekurangannya. Tapi pembelajaran daring saat ini memang
harus diterapkan seiring perkembangan jaman apalagi dalam menghadapi revolusi
industri 4.0. Guru dan siswa , dunia pendidikan kita harus
mempersiapkan diri sejak kini, di masa pandemi corona ini untuk
memanfaatkan aplikasi teknologi dalam pembelajaran daring / online . Dan
pembelajaran daring ini harus dikemas / didesain/ dirancang semenarik
mungkin, sebagus mungkin agar menjadi sarana / media pembelajaran yang memenuhi
kriteria ideal bagi semuanya. Walaupun aplikasi pembelajaran daring
ini sudah diterapkan akan tetapi pembelajaran
secara tatap muka/ bertemu langsung , antara guru dan siswa atau pembelajaran luar jaringan ( luring ) itu tetap
penting dan diperlukan. Karena secara psikologis, bertatap muka
antara guru dan siswa akan membangkitkan motivasi tersendiri bagi siswa maupun
guru sebagai makhluk sosial. Dan di sini peran guru tidak tergantikan oleh
apapun juga, karena walau pembelajaran daring itu berlangsung, peran
seorang guru akan tetap dibutuhkan untuk
memberikan petunjuk / arahan / bimbingan agar siswa / anak tidak salah dalam
mendapatkan materi / pengetahuan lewat internet.
Demikian
pengetahuan seputar pembelajaran daring semoga dapat menambah wawasan
dan pengetahuan kita bersama sehingga dapat mendesain pembelajaran daring
yang ideal. Salam
Gunungkidul,Selasa,
21 April 2020
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar