Kamis, 16 April 2020

CARA MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA


OLEH : ENI SETYOWATI, S.Pd.


( DISARIKAN DARI MATERI 1 KULIAH BELAJAR MENULSI ONLINE GELOMBANG 8) 

NARASUMBER  : BAPAK DEDI DWITAGAMA

MINGGU, 29 MARET 2020




       Seorang Blogger dan Youtuber ternama dan sukses yaitu Bapak Dedi Dwitagama, menjadi narasumber dalam kuliah online pada hari Minggu malam, tanggal 29 Maret 2020. 
Pada pertemuan pertama ini , yang berlangsung antara pukul 19.00 – lebih kurang pukul 21.00, diikuti dengan antusias dan bersemangat dari peserta yang tergabung dalam Grup WA “ Belajar Menulis Online”. 

Dengan penggagas / pelaksana / pembuat grup yaitu Bapak Drs. Wijaya Kusumah atau yang akrab disapa Om Jay. Di grup ini banyak sekali manfaatnya yaitu bertambahnya ilmu , pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana cara atau kiat-kiat menulis di media sosial. Pada pertemuan pertama ini diwarnai dengan berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik , sabar dan jelas oleh Bapak Dedi Dwitagama.

Dalam pertemuan pertama pada kuliah perdana yang dijadwalkan ada 20 kali pertemuan, materinya berjudul : Bagaimana menjadi Blogger dan Youtuber “. Adapun resume materinya berikut ini :

A.   Sekilas tentang Blogger  :

Blogger adalah salah satu cara / upaya untuk menyampaikan tulisan-tulisan / pesan / informasi/ pemberitahuan dan lain-lain melalui media sosial sehingga bisa menambah wawsan bagi diri juga bermanfaat bagi orang lain. 

Bahkan jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber penghasilan yang akan mendatangkan finansial bagi para blogger yang tekun, sabar, ulet, gigih dan pantang menyerah. Tentu saja dengan cara-cara yang santun , tidak menyebarkan berita-berita bohong, tidak menjurus ke SARA. 

Dan menjadi seorang blogger harus memahami, mengetahui langkah-langkahnya, agar dapat berhasil membuat blogger yang diminati oleh banyak orang.

B.   Langkah-langkah membuat blog yang mudah juga gratis :
1.     Kukuhkan NIAT
2.     Buatlah EMAIL
3.     SIGN UP di blogger.com / wordpress.com / kompasianan.com / detik.com / guraru.com, dan sebagainya. Masih banyak provider yang menyediakan platform blog secara gratis .
4.     POSTING tulisan-tulisan / foto-foto atau yang lain.

C.   Cara-cara  Mengelola Blogger :

Setelah mempunyai sebuah blog, maka seorang blogger harus mengelola blognya tersebut dengan baik, agar blog menjadi menarik dan banyak dikunjungi oleh orang lain / pembaca.  Adapun cara-cara atau kiat-kiat yang harus dilakukan yaitu :

1.     Dalam blog temanya bebas, boleh pendapat pribadi atau mengambil pendapat orang lain tetapi lebih santunya kita “ permisi” minta ijin pada yang punya tulisan atau informasi atau mencantumkan sumbernya atau juga linknya kalau ada.

2.     Sertakan foto-foto atau video karena biasanya secara visualakan lebih atraktif dan menarik pembaca.

3.  Agar lebih banyak pembaca yang mebunjungi maka dapat dipromosikan lewat grup WA, facebook, Twiter atau dapat juga mengunjugi blog orang lain dengan meninggalkan komentar, cantumkan identitas kita sehingga nanatinya pemilik blog juga akan gentian menyambangi blog kita.

4.     Berilah judul blog dengan kata-kata yang sedang hits dan banyak dicari oleh netizen.
5.  Agar artikel kita bisa lebih hidup dan lebih banyak dikenal dapat dihubungkan dengan media sosial yang lain seperti grup WA, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

D.   Penjelasan lain seputar blog  :

1.     Dalam blok boleh menambahkan iklan untuk mempromosikan blog kita.
2.   Cara membuat blog bisa dilihat di web. Blogger .com, kemudian ikuti langkah-langkahnya .
3.  Dalam postingan-postingan di blog bisa dihapus dengan cara masuk ke dashboard, posting, delete atau move to trash, dan seterusnya.

Demikian sekilas resume materi tentang pembuatan blog dan cara menjadi
blogger yang tangguh dan sukses. Mohon maaf jika banyak kekurangan.
Terima kasih.
         
Gunungkidul, April 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...