Minggu, 05 Juli 2020

MINUMAN SEGAR ,MENYEHATKAN / MINUMAN SEHAT, MENYEGARKAN

OLEH : ENIS

                                                







Hari minggu, 5 Juli 2020, aku membuat minuman segar yang menyehatkan, atau minuman sehat yang menyegarkan tubuh.

Ramuan atau racikan minuman itu sederhana saja. Terdiri dari jahe seperlunya, jeruk lemon atau jeruk nipis 1 buah, kunyit 1 ruas, dan gula batu.

Cara membuatnya pun amat mudah. 
Jahe, kunyit dikupas kulitnya , kemudian dicuci bersih bersama lemon. Setelah itu, jahe dan kunyit digeprek atau di iris tipis-tipis kemudian ditambah air  seperlunya, terus direbus . 

Kemudian lemon atau bisa juga jeruk nipis , setelah dicuci bersih dibelah menjadi 2 bagian. Yang separo diiris tipis-tipis bulat. Kemudian yang sebagian dipotong sesuai selera. Agar tidak terlalu pahit, kulit jeruk boleh dikupas . Namun justru rasa pahit itu sebenarnya besar khasiatnya.

Yang potongan sesuai selera dimasukkan ke dalam rebusan jahe dan kunyit. Setelah mendidih, diangkat kemudian dituangkan ke dalam teko atau tempat air. 
Tambahkan gula batu sesuai selera dan irisan jeruk lemon / nipis yang bulat-bulat tadi. 

Maka minuman segar nan sehatpun, siap dinikmati, dalam segala suasana. Pagi,siang,sore atau malam hari . Dapat diminum hangat- hangat. Diminum dinginpun juga tak masalah. Tidak mengurangi kesegaran dan kenikmatan dalam setiap teguknya. 
Diminum hangat nikmat, diminum dingin-dingin tambah inginnnnn dan inginnnn. 

Ramuan ini banyak manfaatnya karena terdiri dari bahan-bahan herbal alami yang dapat ditemukan di sekitar kita, atau di pasar-pasar tradisional.

Minuman yang aku beri nama : Manjaku Je (minuman jahe kunyit jeruk:lemon,nipis), banyak manfaatnya, terutama dalam situasi sekarang , ditengah gempuran virus corona yang masih menjadi sejuta tanya tentang obat penangkalnya yang belum pasti ditemukan. 

Dapat disajikan setiap hari atau 2 hari sekali sesuai situasi. Murah, nikmat, bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kekebalan dan kebugaran tubuh.
                                        
Dan minuman ini Insya Alloh dapat menjauhkan dari virus-virus nakal itu. Karena jahe, kunyit dan jeruk lemon atau nipis itu mengandung berbagai vitamin, mineral,karbohidrat,zat besi, fosfor, antioksidan, magnesium, antiradang, dan masih banyak lagi.

Yang kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika tubuh kita dibentengi dengan kandungan-kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan herbal tersebut, maka virus-virus dan penyakit tidak akan  gampang menyerang kita. 

Selamat mencoba . Salam sehat.

Gunungkidul, Minggu 5 Juli 2020

5 komentar:

  1. Boleh donk.. Ikut gabung untuk minum.. Hehe

    BalasHapus
  2. Hehe...iya mbk atik...mbk nani..ibu anik...segerr tenan lhoooo

    BalasHapus
  3. Waini, maknyus bu. Langsung otw bikin mumpung ada semua bahannya.
    Simpen kulkas, besok pasti sueger.

    BalasHapus

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...