Selasa, 28 Juli 2020

SEPUTAR KINERJA KEPALA SEKOLAH SD NEGERI WILADEG

OLEH : ENIS








                    

Setelah sepuluh hari, laptop miniku tak mau menemaniku  menuliskan cerita hari karena hampir tak berfungsi , kini dini hari di Rabu tanggal 29 Juli 2020 ini , aku kembali dapat menuangkan goresan pena lewat tulisan seputar kinerja kepala sekolah di SD N Wiladeg  berikut ini :

Senin, tanggal 27 Juli 2020, SD Negeri Wiladeg menghadapi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS).

 Senin pagi ibu kepala sekolah, beserta semua guru dan karyawan telah siap di sekolah dengan wajah-wajah sumringah. Langitpun tampak cerah  disinari mentari pagi yang berwarna orange dan bersinar  indah. 
 
Penilaian kinerja di SD N Wiladeg hari senin 27 Juli ini adalah yang pertama. Adalah jadwal paling awal di wilayah Karangmojo ini.

 Mendapat giliran penilaian kinerja yang pertama memang 
penuh cerita. Disertai detik-detik mendebarkan bagi Ibu Kepala Sekolah,  juga seluruh warga sekolah.Guru-guru dan karyawan- karyawati pun tak ketinggalan ikut berdebar .
 
Apalagi ketika dua pengawas Korwil Kecamatan Karangmojo telah rawuh. Yaitu Ibu Nurhayati,M.Pd., dan bapak Suryanto,M.Pd. 
 
Kedatangan beliau berdua sebagai tim penilai kinerja kepala sekolah ini, disambut dengan hangat dan ramah oleh ibu kepala sekolah serta bapak ibu guru karyawan karyawati di hall depan sekolah.
 
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan jaga jarak, pakai masker, cuci tangan , bapak dan ibu pengawas juga warga besar SD N Wiladeg, menyambut dan menyertai beliau berdua pengawas korwil ke tempat penilaian kinerja kepala sekolah yang sudah ditata dan disipakan di salah satu ruang kelas yaitu kelas 6 B.
 
Persiapan kinerja kepala sekolah ini  telah beberapa hari sebelumnya dipersiapkan oleh Ibu Kepala sekolah beserta guru-guru dan karyawan/karyawati SD N Wiladeg dengan penuh semangat . 
Ibu kepala sekolah sejak awal bertugas di SD N Wiladeg ini  senantiasa menekankan kekompakan dan kerjasama dalam segala kegiatan. Maka dalam menghadapi penilaian kinerja kepala sekolah pun , hal itu juga diterapkan.

Ibu Suparmiasih,S.Pd, selaku kepala sekolah  memang seorang piyayi yang berjiwa pemimpin. Beliau seorang yang penuh dedikasi dan teladan terutama dalam hal kesejahteraan, kekeluargaan,  kekompakan, pelestarian kebudayaan, serta  keteladanan lain  memang sangat pantas dijadikan panutan.

Dan ternyata memang hal itu dapat dibuktikan dengan hasil kinerja pada hari pertama, Senin 27 Juli 2020 dengan hasil yang Alhamdulillah "Cumlaude " , sangat memuaskan bagi ibu kepala sekolah tentunya dan juga para guru dan karyawan karyawati SD N Wiladeg as apresiasi kepemimpinan Ibu Parmi di SD N Wiladeg ini beserta seluruh jajarannya.

Dukungan, kerjasama,  kekompakan, kekeluargaan serta doa-doa yang senantiasa dilakukan oleh warga SD N Wiladeg tidak sia-sia. Tuhan Yang Maha Kuasa telah mengijabahi semuanya. Amin,Amin, Amin Ya Robbal Alamin.

Susunan acara pada penyambutan tim penilai kinerja yang dibawakan oleh ibu guru muda SD N Wiladeg yang manis yaitu Rachmawati,S.Pd. adalah sebagai berikut 

Pembukaan
Pembukaan dimulai pukul 8.15 karena tepat pukul 08.00,
tim asesor telah rawuh di SD Negeri Wiladeg. Diawali dengan berdoa bersama dipimpin oleh Ibu Rachmawati,S.Pd.

Sambutan / Laporan Singkat Ibu kepala Sekolah


Ibu kepala sekolah, Ibu Suparmiasih,S.Pd. menyampaikan secara singkat, padat tentang persiapan kinerja SD N Wiladeg sehingga dapat  mempersiapkan segala sesuatunya karena kekompakan dan kerjasama dari seluruh warga SD N Wiladeg.

Semuanya saling bahu membahu,saling  mendukung,saling
melengkapi  satu sama lain. 
Beliau juga menyampaikan sekilas tentang profil SD N
Wiladeg beserta prestasi-prestasi akademik maupun non 
akademik yang telah berhasil diraih.

Sambutan / Sepatah kata dari Tim Asesor Kinerja Kepala 
Sekolah diwakili oleh Bapak Suryanto,M.Pd.

Beliau menyampaikan bahwa penilaian kinerja kepala
sekolah di era new normal , di tengah pandemi  covid19 ini harus tetap dijalankan sesuai jadwal dari dinas dengan tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, dst, seperti himbauan dari kepala Dinas  Bapak Drs. H. Bahron Rosyid,M.Pd.

Bapak Suryanto juga menyampaikan bahwa  penilaian
kinerja kepala sekolah ini akan diadakan setiap tahun. Jadi 
Ibu kepala sekolah serta  bapak ibu guru tidak usah kawatir,
karena  penlaian kinerja kepala sekolah ini hanya ingin 
mencocokan dari instrumen yang telah diisi dan  sudah 
dikirim. Penilaian ini   hanya ingin mengevalausi jika masih 
ada yang perlu dibenahi, Jadi jangan menjadikan galau 
dan risau atau khawatir bagi semuanya.

Lagi pula Ibu Suparmiasih, sudah lama menjabat kepala 
sekolah, dan ini adalah pengalaman ketiga kalinya beliau
Ibu Parmi mengalami kinerja kepala sekolah.  Jadi sudah
bukan beban yang berat lagi. Apalagi hasil kinerja tahun 
sebelumnya dari ibu Suparmiasih sudah mendapatkan hasil
yang bagus. Namun Tim Penilai tidak dapat memberikan 
nilai 100 / sempurna, karena yang sempurna-sempurna 
hanya milik Alloh, Tuhan Yang Maha Esa.

Kesan/ Pesan : 

Tim Asesor diwakili oleh Ibu Nurhayati,M.Pd. dan Ketua Komite SD N Wiladeg ,  Bapak Warnoto,S.Sos.

Ibu Nurhayati,M.Pd. selaku Tim Asesor yang kedua setelah
penilaian kinerja selesai kurang lebih pukul 11.00 WIB, menyampaikan kesan dan pesannya kepada seluruh warga SD N Wiladeg yaitu tentang sedikit kekurangan dan 
kelebihan yang tersaji pada penilaian kinerja .

Sedikit kekurangan yang disampaikan Bu Nurhayati,M.Pd  
yaitu tentang MOU dengan DUDI ( Dunia Usaha ) dan 
dengan Polsek Karangmojo  yang kini ada di Wilayah
Wiladeg tentang permintaan petugas untuk mengatur lalu lintas dan menjaga ketertiban dan keselamatan anak-anak
sekolah penyeberang jalan di depan sekolah. Sebenarnya 
sudah ada kerjasama , dimana setiap hari petugas dari 
polsek sudah bertugas di depan SD N Wiladeg untuk 
menyeberangkan siswa, tapi belum ada surat kerjasamanya
secara tertulis ( MOU).

Kemudian yang kedua dalam beberapa laporan atau
notulen-notulen rapat atau laporan belum ada yang 
mengesahkan, dan ada beberapa yang belum ditanda 
tangani. Itu sekilas dan sedikit kekurangan dari penilaian
kinerja kepala sekolah di SD N Wiladeg  yang disampaikan oleh Tim Asesor.

Selebihnya Bu Nurhayati menyampaikan kelebihan dari kinerja ini adalah :

Semua kegiatan terdokumentasikan dengan baik.

Dan semua yang telah terdokumentasikan tersebut juga  disertai bukti-bukti/foto-foto dan pengerjaan administrasi yang sangat baik pula.

Kekeluargaan dan kekompakan antara yang satu dengan yang lain, antara kepala sekolah dengan guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan guru juga sangat luar biasa.

Peran komite SD N Wiladeg juga hebat karena ketua komitenya Bapak Warnoto,S.Sos juga bersedia mengorbankan waktu kerja beliau yang seharusnya dinas di kantor , tetapi menyambut dan menunggui hingga proses penilaian selesai.

Ketua Komite :

Mengucapkan terima kasih karena hari ini adalah pengalaman berharga dan tak terlupakan dapat ikut serta melihat proses penilaian kinerja kepala sekolah di SD N Wiladeg.

Dan selamat untuk kerja sama dan kerja keras penuh semangat dari Ibu Suparmiasih ,S.Pd, yang gebrakan-gebrakannya sangat luar biasa bagi kemajuan SD N Wiladeg agar ke depannya menjadi semakin baik dan berkibar,

Penutup

Acara  ditutup dengan berdoa bersama sesuai kepercayaan masing masing, dan diakhiri dengan makan siang bersama untuk semakin mempererat tali silaturahmi.

Demikian sekilas tentang kinerja kepala sekolah di SD N Wiladeg yang atas berkat dari Tuhan dapat berjalan lancar sesuai harapan.  Semoga bermanfaat.

Gunungkidul, Rabu dini hari 29 Juli 2020



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...