Kamis, 02 Juli 2020

WORKSHOP KURIKULUM SD N WILADEG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI ERA PANDEMI COVID19

OLEH : ENIS


Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum 2013, SD Negeri Wiladeg tahun pelajaran 2020 / 2021 ,di adakan hari ini Kamis, 2 Juli 2020. 

Dihadiri oleh Ibu Pengawas Korwil Biddik Kecamatan Karangmojo, guru serta karyawan karyawati SD N Wiladeg. 
Adapun susunan acara yaitu :
  • Pembukaan
  • Sambutan Kepala Sekolah
  • Pembahasan Kurikulum
  • Tanggapan / Revisi narasumber
  • Lain-lain
  • Penutup

Berikut foto-foto kegiatan workshop kurikulum 2013
tahun pelajaran 2020/2021 :





Foto bersama dengan Ibu Pengawas




Ibu Kepala Sekolah, Ibu Suparmiasih,SPd., sedang memberikan sambutan dengan karismanya.



Ibu Pengawas Korwil Biddik Kecamatan Karangmojo, Ibu Nurhayati,M,Pd. sedang memberikan pemaparan materi tentang kurikulum dengan jelas.





Ibu Rachmawati,S.Pd., selaku pembawa acara sedang membawakan acara dengan penuh pesona




Ibu Nuraini,S.Pd.SD selaku ketua Tim Pengembang Kurikulum Sekolah dengan ceria, sedang memaparkan draft, sekaligus merevisi kurikulum berdasarkan musyawarah, dan masukan dari kepala sekolah serta bapak ibu guru / karyawan karyawati.




Bapak ibu guru karyawan karyawati peserta workshop tengah mendengarkan dan mengikuti rangkaian acara dengan penuh perhatian.

Adapun rangkaian acara workshop sebagai berikut :

Ad.Pembukaan : 
Dibuka dengan berdoa bersama oleh Ibu Rachma pada pukul 09.00 WIB.

Ad.2. Sambutan Kepala Sekolah :

Ucapan terima kasih dari Ibu kepala sekolah, atas kehadiran Ibu Pengawas serta bapak ibu guru karyawan karyawati semua dalam kegiatan workshop kurikulum tahun pelajaran 2020 / 2021. 

Sekalipun di tengah pandemi dan masih dalam suasana libur kenaikan kelas namun, bapak ibu semua rela meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Ibu kepala sekolah juga mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan urutan kedua kalinya di wilayah kecamatan Karangmojo yang mengadakan workshop kurikulum.

Ucapan terima kasih untuk Ibu Nuraini yang telah menyusun draft kurikulum dengan penuh keikhlasan juga kepada bapak ibu guru karyawan karyawati SD N Wiladeg yang telah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas senantiasa mengajar, mendidik, membimbing, melayani para siswa dengan penuh kesabaran , keihlasan dan kerjasama yang baik. 

Semoga semakin menambah semangat bagi semuanya untuk berkarya demi kemajuan anak didik dan SD N Wiladeg ke depannya dengan prestasi yang lebih baik lagi.

Selamat menyongsong tahun ajaran baru 2020 / 2021 sekalipun masih dalam suasana pandemi covid19, semoga semua tetap sehat dengan mematuhi himbauan dari dinas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, juga orang tua.

Ibu Kepala sekolah juga melaporkan tentang penerimaan hasil belajar / raport kelas 1-6 di SD N Wiladeg juga telah dilaksanakan dengan lancar pada tanggal 24 Juni 2020, dengan tetap menerapkan social distancing dan  mematuhi protokol kesehatan.

Ibu kepala sekolah melaporkan tentang kegiatan PPDB SD Tahun ajaran 2020/2021 mendapatkan 30 siswa baru, tapi karena kuota dari dinas hanya 1 kelas sejumlah 28 anak, maka yang 2 anak karena umur belum memenuhi kriteria, akhirnya belum diterima, dan oleh orang tuanya dikembalikan ke TK lagi. 

Ad.3. Ibu Pengawas

Mengharapkan agar draft kurikulum yang akan dibahas hari ini akan menjadi acuan bagi SD N Wiladeg untuk melakukan kegiatan pembelajaran di tahun ajaran 2020 / 2021 di tengah pandemi, semoga pelaksanaan dapat berjalan lancar dan sukses.

Tentang kinerja kepala sekolah yang akan dilaksanakan akhir Juli - awal Agustus 2020, agar dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, dan mohon bapak ibu guru juga karyawan karyawati SD N Wiladeg mendukung dan membantu mempersiapkan administrasi dan segala sesuatunya demi kelancaran penilaian kinerja kepala sekolah mendatang.

Masing-masing komponen dalam penilaian kinerja kepala sekolah agar dibagi tugas kepada masing-masing guru agar dapat saling melengkapi, saling bekerjasama sehingga saat penilaian nantinya berjalan lancar dan sukses.

Dalam penyusunan kurikulum harus ada tim pengembang kurikulum, ada daftar hadir, berita acara, notulen, surat keputusan, dan lain-lain.
Dan SD N Wiladeg sudah mempersiapkan semua itu.

Ad.4. Ibu Nuraini

Dengan dipandu oleh ibu Nuraini selaku ketua tim pengembang kurikulum, melakukan perbaikan atau revisi berdasarkan saran dan masukan dari ibu pengawas juga peserta yang hadir ( guru / karyawan/karyawati).

Hasil revisi draft kurikulum yaitu sebagai berikut :
  • merubah visi yaitu menjadi " Unggul dalam prestasi, bertakwa dan berkarakter.
  • merubah indikator dari visi menjadi 3 indikator.
  • merubah dan melengkapi misi (menyempurnakan )
  •  Serta menambah maupun mengurangi beberapa bagian dalam draft kurikulum disesuaikan dengan perkembangan dan situasi saat ini di era pandemi corona, yaitu dengan menambahkan tentang desain pembelajaran di era pendemi atau di era new normal.
Ad. 5 musyawarah bersama, tanya jawab seputar intrumen/ indikator dalam kinerja kepala sekolah, tugas-tugas, dll.

Ad. 6 Penutup

ditutup dengan ucapan terima kasih dan mohon maaf dari pembawa acara jika ada kekurangan. 

Dan doa bersama untuk mengakhiri acara / kegiatan hari ini.
Workshop ditutup pukul. 12. 15. WIB.

Dilanjutkan dengan makan bersama hidangan yang telah disediakan.

Gunungkidul, Kamis, 2 Juli 2020



3 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...