Senin, 19 Oktober 2020

DOA UNTUK BUNDA

 Oleh : Enis

Kutulis kisah ini untuk memenuhi tantangan menulis buku dari Nubar , yang bertema "AKSARA UNTUK IBU "







Banyak musim telah kulewati.Banyak waktu telah kulalui.Sejak rohku dititipkan dalam rahimmu.., aku telah membuatmu mengalami masa-masa dan kondisi yang pasti membuatmu tak nyaman untuk menikmati hari -harimu, Bunda. 

Siang malam, pagi petang,dalam segala suasana engkau bawa aku , kemanapun engkau pergi. Engkau bawa aku dengan penuh kasih dan perlindungan dalam rahimmu , 48 tahun yang lalu, Bunda.

Dengan tanpa jemu dan ragu...engkau selalu memberiku asupan nutrisi, hingga rohku semakin berkembang dan bertumbuh .  Akhirnya tibalah saatnya , aku lahir ke dunia ini.Dengan bersusah payah...dengan sepenuh raga dan jiwamu..yang tak kenal lelah dan menyerah..engkau pertaruhkan nyawamu agar aku dapat lahir ke dunia..menghirup segarnya hawa dunia , Bunda.

Kemudian masih dengan kasih sayang dan cinta yang tiada tara,engkau besarkan aku, engkau rawat aku.Engkau bimbing aku, engkau ajari aku tentang segala yang tak mampu kulakukan dan tak kumengerti, Bunda.

Engkau beri aku ilmu hidup dan kehidupan.Engkau ajari aku tentang kebaikan .Engkau ajari aku tentang kesopanan.Engkau ajari aku tentang pengorbanan.Engkau ajari aku tentang pengabdian.Engkau ajari aku tentang kesederhanaan.Engkau ajari aku tentang kesabaran, Engkau ajari aku tentang arti sebuah kesetiaan, Bunda.

Dan waktupun terus melaju.Engkau dorong aku agar mendapatkan ilmu lewat bangku sekolah. SD , SMP, SMA, dapat kulewati dengan tepat waktu, dengan engkau selalu ada di sampingku, bersamaku, Bunda.

Saatnya  menimba ilmu di perguruan tinggipun akhirnya tiba juga. Alhamdulillah..dari hasil seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri , aku di terima di jurusan  sastra jawa UNS Solo, Jawa Tengah.

Dan dengan bekal doa-doa tulusmu, semangat darimu yang senantiasa "tutwuri handayani" membawaku melangkah ke kota Solo dengan penuh gairah kala itu , Bunda. Akhirnya akupun terpaksa harus berpisah darimu untuk menuntut ilmu sebagai bekal untuk masa depanku.Di saat-saat aku hidup mandiri di kos Solo, kerinduan akan dirimu tak pernah padam, bahkan kian bergelora , Bunda. 

Akhirnya ..aku pun kembali mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri lagi, dan Alhamdulillah, diterima di IKIP Negeri Yogyakarta, kala itu dengan pilihan jurusan Teknologi Pendidikan.

Bunda , dengan bersusah payah dan berdarah-darah, kulalui dan kujalani kuliahku . Namun aku lebih merasa bahagia dan nyaman berada di Yogya, aku dapat lebih dekat denganmu , karena jarak dari rumah ke kampus tidak sejauh sewaktu menuntut ilmu di Solo. Setiap minggu, aku selalu pulang ke rumah untuk bersamamu dan  ayah , kakak dan adik-adikku.

Tiba juga saatnya aku diwisuda dan lulus dari UNY , dengan mengantongi gelar sarjana pemdidikan.Dan semua berkat dukungan ,semangat dan  doa yang luar biasa dari seorang ibu sepertimu, yang senantiasa ditopang semangat dari seorang ayah yang juga penuh pengorbanan , jasanya tiada tara untuk aku, kakak dan adik-adikku, Bunda. 

Hingga akhirnya, engkau dan ayah mengijinkan dan melepaskan aku untuk hidup bersama dengan seorang laki-laki yang telah memberiku beraneka kisah hati bersama kedua buah hatiku , cucu-cucu tersayangmu, Bunda. 

Alhamdulillah , terima kasih Bunda...atas semua pengorbanan yang tiada berlaksa , kasih sayangmu yang tiada berujung , kesabaranmu yang seluas samodera, doa-doamu yang selalu kau panjatkan tanpa jeda di setiap tarikan napas dan akhir sembahyangmu, Bunda.

Dan aku tak pernah bisa membalas semua yang telah engkau korbankan ..engkau berikan...padaku dan anak-anak cucumu.Aku hanya mampu memanjatkan doa-doa terbaik dan terindah untukmu, Bunda, semoga engkau senantiasa dilimpahi kesehatan, kebahagiaan lahir batin di sisa usiamu, Bunda.

"DOA UNTUK BUNDA"

Ya ,Alloh , Ya Robbi

Hanya kepadaMu hamba memohon...

Berilah hambaMu kesempatan yang lebih lama lagi...

Agar hamba dapat berbakti dengan sepenuh hati

Kepada ibu yang telah melahirkan .merawat dan membesarkanku.

Ya Alloh..berikanlah  selalu kebahagiaan lahir batin

Kesehatan jiwa dan raga

Kebaikan dunia dan akherat kepada ibu hamba.

Jauhkanlah ibu hamba

Dari segala ketidakbaikan

Bahagiakanlah ibu hamba

Di akhir sisa hidupnya 

Ya ,Alloh..,

Kelak tempatkan ibu hamba di surga indah Mu..

berdampingan dengan ayah yang sudah lebih dulu menghadap-Mu.

tempatkan beliau berdua di tempat terindah, di istana-Mu, Ya Robb-ku.

Amin.

***

3 komentar:

  1. Tak terasa butiran bning ini menetes mbk.. Keinget jg siso ibu yg tlh mbawaku sprti sekrng ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak atik....ketika kita bicara tentang seorang ibu, air mata tak pernah dapat kita tahan lagi.....

      Hapus
  2. Aamiin Ya Allah..🤲
    Bahagianya yang masih bersama Bunda..
    Selamat.. Barakallah Mbak Ayuku..😍😘

    BalasHapus

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...