Rabu, 28 Oktober 2020

BARA SEMANGAT SUMPAH PEMUDA DI MASA CORONA

 OLEH : ENIS



Sekilas Peristiwa Sumpah Pemuda 

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini merupakan salah satu dari banyak peristiwa bersejarah yang mewarnai bumi pertiwi. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan kejadian penting bagi bangsa kita, Indonesia tercinta.

Peristiwa Sumpah Pemuda menjadi suatu momen atau kejadian yang dapat menyadarkan masyarakat Indonesia, bahwa kala itu , sembilan puluh dua tahun silam tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, telah diucapkan ikrar atau janji atau sumpah dari para pemuda Indonesia. 

Para pemuda yang berjanji atau bersumpah  berasal dari berbagai daerah di seluruh wilayah nusantara . Dari Sabang sampai Merauke.Para pemuda dengan penuh semangat meneriakkan sumpah bersama. Agar dapat lepas dari belenggu penjajahan bangsa asing yang telah lama memborgol kemerdekaan hakiki bangsa ini.

Makna dari peristiwa bersejarah tersebut harus makin menyadarkan pada kita semua warga negara Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah kala itu.

Dengan kesadaran dari warga negara /masyarakat Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa , maka mendorong semangat para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengedepankan dan mengambil tindakan dengan jiwa patriotisme.

Jiwa patriotisme yaitu merupakan paham / keyakinan diri yang sejati akan jati diri / identitas diri sebagai sebuah bangsa yang besar dan bermartabat. Merupakan sebuah paham atau keyakinan diri akan cinta tanah air, cinta pada bangsa dan cinta negara yaitu Indonesia. 

Peristiwa Sumpah Pemuda didorong situasi dari penjajahan Belanda yaitu adanya larangan untuk melakukan kegiatan organisasi. Dari situasi tersebut semakin mendorong para pemuda berdatangan dari penjuru negeri untuk berkumpul di Jakarta. Para pemuda Indonesia dari berbagai penjuru itu mengadakan Kongres Pemuda pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 yang melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda.

Peristiwa Sumpah Pemuda tersebut akhirnya dapat menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, bahwa betapa pentingnya persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan kemerdekaan yang hakiki bagi bangsa ini. 

Pada peristiwa 92 tahun silam itu, para pemuda dari berbagai penjuru negeri, berbeda suku, agama, ras, adat dan bahasa namun bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Dimana sumpah ini merupakan ikrar atau janji dari para pemuda yang mewakili masyarakat Indonesia. Ikrar atau janji atau sumpah tersebut yaitu tekad untuk bersatu mewujudkan dan membentuk sebuah negara yang merdeka dan terbebas dari belenggu penjajahan bangsa asing. 

Adapun sumpah setia atau janji atau ikrar dari para pemuda Indonesia kala itu yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Isi atau bunyi Sumpah pemuda sebagai berikut :

  • Pertama : Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
  • Kedua : Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Ketiga : Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia.
Pada peristiwa pengucapan sumpah tersebut , juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman untuk pertama kalinya. Dan hal ini yang semakin meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan para pemuda untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Akhirnya setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan, lagu ini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Bara Semangat Sumpah Pemuda di Masa Corona

Kini  dunia tengah dilanda wabah. Wabah yang berupa pandemi corona virus 2019 ( covid-19). Kehadiran pandemi ini mewabah hampir ke seluruh negara yang ada di muka bumi ini, termasuk  Indonesia juga terdampak oleh corona. 

Berbagai lini kehidupan terkena imbasnya. Kehadiran corona yang begitu cepatnya menyebar , hampir meluluhlantakkan bidang ekonomi,  politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, industri, tak terkecuali bidang pendidikan, begitu terasa sekali. Semua tatanan kehidupan hampir berubah total. Namun , haruskah semua mesti kehilangan akal dan juga moral?

Tentu saja tidak. Semua kejadian atau peristiwa ini harus kita sikapi dengan lebih bijak. Artinya bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini sudah ada yang mengaturnya, yaitu Dia lah Tuhan Yang Maha Kuasa atas segalanya. Segala yang terjadi di atas muka bumi sudah atas sepengetahuan dan seijin dari -Nya.

Peristiwa pandemi corona virus ini kita ambil hikmahnya. Hikmah dari ujian Tuhan ini adalah bahwa kita harus senantiasa mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan . Di saat ini , di masa pandemi covid-19 ini, kepekaan dan rasa kepedulian sosial teramat diperlukan. Rasa kemanusiaan terhadap sesama yang sedang dilanda musibah teramat dibutuhkan. Rasa saling bahu membahu, saling tolong, antar sesama teramat diutamakan. Rasa persatuan dan kesatuan untuk bersatu padu melawan penyebaran covid-19 mesti dikentalkan. 
Jangan saling menyalahkan, Jangan saling tuding. Jangan saling menghujat. Jangan saling mencari-cari kesalahan pihak-pihak lain. Saat ini apalagi di bulan Oktober bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, kita sebagai bangsa yang besar dan bermartabat harus mengukuhkan tekad, niat untuk mengobarkan bara semangat Sumpah Pemuda dengan sebenar-benarnya. Kita kencangkan ikatan rasa persaudaraan dan kerukunan agar dapat segera bebas dari lingkaran wabah yang masih merambah hampir semua wilayah di negeri ini. 
Persatuan dan kesatuan seperti yang pernah digelorakan oleh para pemuda bangsa dari Sabang sampai Merauke, dari berbagai wilayah di seluruh penjuru negeri harus kita ikrarkan dalam diri sendiri, dan harus mengejawantah dalam perbuatan, tindakan , dan rasa simpati kita sebagai insan Ilahi dengan penuh rasa instrospeksi diri.
Agar bara semangat Sumpah Pemuda yang pernah digelorakan oleh para pemuda Indonesia kala itu, kini menjadi sebuah bara yang berkobar untuk bersama seia sekata memperbaiki keadaan dengan penuh rasa kesetiakawanan, kerukunan , persatuan dan kesatuan agar segala dampak yang diakibatkan oleh pandemi corona virus di negeri ini dapat terselesaikan dengan penuh kedamaian .  Dan virus-virus corona akan tertawan dalam bara semangat persatuan dan kesatuan dari semua anak bangsa  di negeri tercinta, Indonesia. Hingga kita semua dapat kembali bekerja, berkarya membangun dan memajukan bangsa  dengan suasana yang merdeka dari belenggu virus corona.

***

GK, 28 Oktober 2020


1 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...