( Sumber. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar (SD)
Kelas Tinggi - Kelompok Kompetensi A Pedagogi: Karakteristik &
Pengembangan Potensi Peserta Didik
Penulis. Dr. Elly Herliani, M.Phil., Dra. Euis Heryati)
OLEH : ENIS
Rangkuman
Tugas utama guru dalam pembelajaran adalah memahami karakteristik dan mengembangan potensi
peserta didik . Dengan mengantarkan peserta didik pada prestasi terbaiknya sesuai dengan potensinya.
Guru harus memahami bagaimana karakteristik peserta didik asuhannya dan cara mengembangkan potensinya. Informasi mengenai karakteristik peserta didikdalam berbagai aspek menjadi satu acuan dalam menentukan kedalaman dan keluasan materi sehingga sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Berdasarkan pemahaman tersebut guru perlu bekerja keras dan kreatif untuk mengeksplorasi berbagai upaya baik dalam bentuk media, bahan ajar, dan metode pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik secara tepat dan kreatif sehingga
sesuai dengan perkembangan mereka termasuk gaya belajarnya.
Dalam pembelajaran karakteristik dan pengembangan potensi peserta didik diharapkan dapat memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi pesertadidik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan; mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik, menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik.
Guru juga diharapkan dapat memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
Kompetensi :
Tugas utama guru dalam pembelajaran adalah mengantarkan peserta didik pada prestasi terbaiknya sesuai dengan potensinya. Jadi hal pertama yang perlu dipahami adalah bagaimana karakteristik peserta didik asuhannya dan cara
mengembangkan potensinya.
Informasi mengenai karakteristik peserta didik dalam berbagai aspek menjadi satu acuan dalam menentukan kedalaman dan
keluasan materi sehingga sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Berdasarkan pemahaman tersebut guru perlu bekerja keras dan kreatif untuk mengeksplorasi berbagai upaya baik dalam bentuk media, bahan ajar, dan metode pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik secara tepat dan kreatif sehingga
sesuai dengan perkembangan mereka termasuk gaya belajarnya.
Guru diharapkan dapat memahami konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik, tahapan, prinsip-prinsip dan implementasinya terhadap pendidikan; mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak dan keragaman karakteristik peserta didik, menganalsiis permasalahan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan menentukan kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik.
Guru juga diharapkan dapat memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
2. Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
3. Menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan;
4. Mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak;
5. Menjelaskan pengertian potensi;
6. Menjelaskan jenis-jenis potensi;
7. Mengidentifikasi potensi peserta didik;
8. Menganalisis permasalahan berkaitan dengan potensi peserta didik sekolah dasar; dan
9. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
Uraian Materi
1. Perkembangan Peserta Didik
Pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan, dan berlangsung dalam lingkungan pendidikan.
Interaksi pendidikan berfungsi untuk mengembangkan seluruh potensi kecakapan dan karakteristik peserta didik diantaranya yaitu karakteristik fisik-motorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual.
Interaksi antara pendidik dan peserta didik merupakan hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi.
Agar para pendidik dapat berinteraksi dengan baik dengan peserta didik, maka pendidik perlu memiliki pemahaman siapa yang menjadi peserta didiknya.
Pemahaman yang memadai terhadap potensi, kecakapan dan karakteristik peserta didik akan berkontribusi dalam bentuk perlakuan, tindakan-tindakan yang bijaksana, tepat sesuai kondisi dan situasi.
Pendidik akan menyiapkan dan menyampaikan pelajaran,
memberikan tugas, latihan dan bimbingan disesuaikan dengan kemampuan dan tahap perkembangan peserta didik
a. Konsep Perkembangan Perilaku dan Pribadi Peserta Didik
1) Pengertian Individu
Dalam konteks pendidikan peserta didik harus dipandang sebagai pribadi yang utuh, yaitu sebagai satu kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial, sebagai satu kesatuan jasmani dan rohani, serta sebagai mahluk Tuhan.
Dengan melihat sifat-sifat dan ciri-ciri tersebut pada hakekatnya setiap manusia adalah pribadi atau individu yang utuh, tidak dapat dibagi, tidak dapat dipisahkan dan bersifat unik.
Artinya manusia tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan raganya,
rohaniah dan jasmaniahnya, kegiatan jiwa dalam kehidupan sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya bukan kegiatan jiwa saja dan sebaliknya.
Bersifat unik menunjukkan sifat khas yang membedakan individu tersebut dengan individu lainnya, bahwa di dunia ini tidak ada orang yang persis sama.
Dengan demikian peserta didik sebagai individu memiliki karakteristik yang berbeda dengan peserta didik lainnya (Sunarto, 2002:2).
2) Keragaman Karakteristik Individu
Usia anak SD berada dalam akhir masa kanak-kanak yang berlangsung dari usia 6 s.d. 12 tahun (Yusuf, 2014:23).
Individu yang melakukan kegiatan belajar adalahpeserta didik, oleh karena itu dalam proses dan kegiatan belajar tidak dapat
melepaskan peserta didik dari karakteristik, kemampuan dan perilaku individualnya.
Keragaman karakteristik dapat dilihat secara fisik, kepribadian dan perilaku seperti berbicara, bertindak, mengerjakan tugas, memecahkan masalah, dsb.
Dari berbagai keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan (ability) dan kepribadian (Makmun, 2009:53).
Implikasi karakteristk peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sebagai individu.
Hal yang sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah guru menciptakan kondisi kondusif supaya setiap individu peserta didik dapat belajar secara optimal, meskipun mereka berada dalam kelompok.
Dengan demikian dalam proses pembelajaran setiap individu
memerlukan perlakuan yang berbeda, maka strategi dan upaya pelaksanaanya pun akan berbeda pula.
Menurut Desmita (2014:57) ada 3 hal penting berkaitan
dengan karakteristik individual peserta didik, yaitu
(1) Karaketristik yang berkaitan dengan kemampuan awal atau prerequisite skills, seperti kemampuan intelektual, kemampuan berpikir dan hal-hal yang berhubungan dengan aspek psikomotor.
(2) Karakteristik yang berkaitan dengan latar belakang dan status sosio-kultural.
(3) Karakteristik yang berkaitan dengan perbedaan-perbedaan kepribadian, seperti perasaan, sikap, minat dan sebagainya.
Sangat penting bagi guru memahami keragaman karakteristik individu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.
Pemahaman ini sangat bermanfaat dalam memilih dan menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan tepat
sehingga dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara efektif.
Selain itu,guru dapat menyusun dan mengorganisasikan materi pembelajaran dan menentukan media yang tepat.
Pemahaman karakteristik individu peserta didik juga berguna untuk memotivasi dan membimbing peserta didik sehingga dapat mencapai prestasi yang optimal sesuai dengan potensinya.
3) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keragaman Individu
Karakteristik atau ciri-ciri individual adalah keseluruhan perilaku dan kemampuan individu sebagai hasil pembawaan dan lingkungan.
Pembawaan yang bersifat alamiah (nature) adalah karakteristik individu yang dibawa sejak lahir (diwariskan dari keturunan),
sedangkan nurture (pemeliharaan, pengasuhan) adalah faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi individu sejak dari masa pembuahan sampai selanjutnya.
Nature dan nurture ini merupakan faktor yang mempengaruhi
keragaman individual. Seorang bayi yang baru lahir merupakan perpaduan keturunan dari keluarga ayah dan ibunya.
Selama perkembangannya dari mulai pembuahan mendapat berbagai pengaruh dari lingkungan secara berkesinambungan.
Hal ini akan membentuk pola karakteristik perilaku yang berbeda dengan individu-individu yang lain. (Desmita, 2014:56).
a. Tahapan Perkembangan Perilaku dan Pribadi Peserta Didik
Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang berbeda tetapi tidak berdiri sendiri.
Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan alamiah secara kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.
Menurut Libert, Paulus, dan Strauss (Sunarto, 2002: 39) bahwa perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksinya dengan lingkungan. Istilah perkembangan lebih mencerminkan perubahan psikologis.
Kematangan adalah perubahan yang terjadi pada masa-masa tertentu yang merupakan titik kulminasi dari suatu fase
pertumbuhan dan merupakan kesiapan awal dari suatu fungsi psikofisik untuk menjalankan fungsinya (Makmun, 2009: 79).
Belajar atau pendidikan dan latihan adalah perubahan perilaku sebagai hasil usaha yang disengaja oleh individu, sedangkan kematangan dan pertumbuhan adalah perubahan yang berlangsung secara alamiah.
Pada batas-batas tertentu perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar.
Para ahli psikologi sependapat bahwa terdapat urutan yang teratur dalam perkembangan yang tergantung pada pematangan organisme sewaktu berinteraksi dengan lingkungan.
Banyak pendapat ahli mengenai tahapan perkembangan, namun berkaitan dengan pembelajaran (pendidikan)
Menurut Yusuf (2014: 23) digunakan pentahapan yang bersifat eklektik.
Berdasarkan pendapat tersebut, perkembangan individu sejak lahir sampai masa kematangan adalah seperti di bawah ini.
Perkembangan Berdasarkan Usia
TAHAP PERKEMBANGAN USIA :
Masa usia pra sekolah (0,0 - 6,0 )
Masa usia sekolah dasar (6,0 - 12,)
0Masa sekolah menengah (12,0 - 18,0)
Masa usia mahasiswa (18,0 - 25,0)
Pemahaman tahapan perkembangan yang dapat digunakan oleh pendidik meliputi:
(1) apa yang harus diberikan kepada peserta didik pada masa
perkembangan tertentu?
(2)Bagaimana caranya mengajar atau menyajikan pengalaman belajar kepada peserta didik pada masa-masa tertentu?
Masa usia sekolah dasar sering disebut sebagai masa intelektual atau masa keserasian bersekolah.
Umur 6 – 7 tahun umumnya anak telah matang untuk memasuki sekolah dasar. Pada masa ini secara relatif anak-anak lebih mudah dididik daripada masa sebelum dan sesudahnya.
Masa keserasian bersekolah dibagi menjadi dua fase sebagai berikut ini :
b. Masa kelas rendah sekolah dasar, kira-kira umur 6/7 tahun sampai 9/10tahun.
Menurut Yusuf (2014:24) beberapa sifat anak-anak masa ini adalah sebagai berikut :
1) Ada hubungan positif yang tinggi antara kondisi jasmani dengan prestasi, misalnya bila jasmaninya sehat maka banyak mendapatkan prestasi.
2) Sikap mematuhi kepada peraturan-peraturan permainan tradisional.
3) Terdapat kecenderungan memuji diri sendiri (menyebut nama sendiri).
4) Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain.
5) Apabila tidak dapat menyelesaikan suatu soal, maka anak akan mengabaikannya karena soal itu dianggap tidak penting.
6) Pada masa ini (terutama 6,0 – 8,0 tahun) anak menginginkan nilai (nilai rapor) yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya pantas diberi nilai baik atau tidak.
c. Masa kelas tinggi sekolah dasar, kira-kira umur 9,0/10,0 sampai umur 12,0/13,0 tahun.
Beberapa sifat khas anak-anak pada masa ini adalah sebagai berikut :
1) Memiliki minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret sehingga cenderung membandingkan pekerjaan-pekerjaan yang praktis.
2) Sangat realistik, ingin mengetahui, dan ingin belajar.
3) Menjelang akhir masa ini sudah ada minat kepada hal-hal dan mata pelajaran khusus, menurut para ahli aliran teori faktor hal ini ditafsirkan sebagai mulai menonjolnya faktor-faktor atau bakat-bakat khusus.
4) Sampai sekitar umur 11,0 tahun anak memerlukan guru atau orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya.
5) Pada masa ini, anak memandang nilai (angka rapor) sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajar di sekolah.
6) Anak-anak pada umur ini senang membentuk kelompok sebaya umumnya agar dapat bermain bersama-sama.
.
Masa keserasian bersekolah diakhiri dengan suatu masa yang disebut masa poeral.
Berdasarkan penelitian banyak ahli, sifat-sifat khas anak-anak masa poeral (Yusuf, 2014:25) ada 2 hal, yaitu:
1) Diarahkan untuk berkuasa: sikap, tingkah laku, dan perbuatan anak poeral ditujukan untuk berkuasa; apa yang diidam-idamkannya adalah si kuat, si jujur, si juara, dan sebagainya.
2) Ekstraversi: berorientasi keluar dirinya; misalnya, mencari teman sebaya untuk memenuhi kebutuhan fisiknya. Anak-anak masa ini membutuhkan kelompok- kelompok sebaya.
Anak-anak poeral menerima otoritas orang tua dan guru sebagai suatu hal yang wajar.
Oleh karena itu, anak-anak mengharapkan kehadiran orangtua dan guru serta pemegang otoritas orang dewasa yang lain.
d. Prinsip-prinsip Perkembangan dan Implikasinya terhadap Pendidikan
Prinsip-prinsip perkembangan yang perlu diperhatikan untuk
memahami perkembangan anak. dan akan berguna dalam membimbing peserta didik.
Menurut Makmun (2009:85) beberapa prinsip atau
hukum perkembangan dan implikasinya dalam pendididkan, yaitu :
Prinsip/Hukum Perkembangan Implikasi Terhadap Pendidikan
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor-faktor pembawaan (H:
heredity), lingkungan (E:environment),dan kematangan (T:time)
P= f (H,E,T) atau
P= f a + b1H +b2E + b3T
Pengembangan (penyusunan, pemilihan,penggunaan) materi, strategi, metodologi, sumber, evaluasi belajar-mengajar hendaknya memperhatikan ketiga faktor tersebut.
Umumnya peserta didik SD masih berpikir konkret, berikan contoh-contoh yang sesuai dengan taraf pemahaman dan pengalaman yang sudah dimiliki peserta didik.
Proses perkembangan itu berlangsung secara bertahap
(progresif, sistematik, berkesinambungan) :
1. Progresif: perubahan yang terjadi bersifat maju/meningkat/ mendalam/ meluas.
2. Sistematik: perubahan antar bagian terdapat saling ketergantungan sebagai suatu kesatuan yang harmonis.
3. Berkesinambungan: perubahan berlangsung secara beraturan dan berurutan, serta tidak meloncat-loncat
Program (kurikulum) pembelajaran disusun secara bertahap dan berjenjang :
1. dari yang sederhana menuju kompleks
2. dari mudah menuju sukar
3. sistem belajar-mengajar diorganisasikan agar terlaksananya prinsip mastery learning (belajar tuntas) dan continous progress (maju berkelanjutan).
Prinsip/Hukum Perkembangan Implikasi Terhadap Pendidikan :
Bagian-bagian dari fungsi-fungsi organisme mempunyai garis
perkembangan dan tingkat kematangan masing-masing.
Sampai batas tertentu, program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya dalam bentuk:
1. correlated curriculum (kurikulum yang
berhubungan) atau
2. broadfields (ruang lingkup luas), atau
3. subject matter oriented (berorientasi materi subjek, sampai batas tertentu pula)
Program dan strategi pembelajaran, sampai batas tertentu, seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan belajar secara individual di samping secara kelompok (misalnya dengan sistem pengajaran Modula atau SPM)
Proses perkembangan itu pada awalnya lebih bersifat
diferensiasi dan pada akhirnya lebih bersifat integrasi antar
bagian dan fungsi organisme.
Program dan strategi pembelajaran seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan proses yang bersifat:
1. deduktif-induktif: dari umum ke khusus
2. anilisis-sintesis: mengidentifikasi bagian-bagian
kemudian merangkai bagian-bagian menjadi suatu kesatuan.
3. global-spesifik-global
Contoh: Anak mengenal kata sebagai suatu keseluruhan, lalu mengenal huruf-huruf yang membentuk kata, kemudian melihat kata sebagai suatu keseluruhan.
Dalam batas-batas masa peka, perkembangan dapat dipercepat.
Program dan strategi pembelajaran seyogyanya dikembangkan dan diorganisasikan agar merangsang, mempercepat, dan menghindari
Prinsip/Hukum Perkembangan Implikasi Terhadap Pendidikan atau diperlambat oleh kondisi lingkungan. ekses memperlambat laju perkembangan anak
didik.
e. Tugas-tugas Perkembangan Akhir Masa Kanak-kanak
Menurut Havighurst (Hurlock, 2003:9) tugas-tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan individu.
Apabila individu berhasil menguasai tugas-tugas perkembangan akan menimbulkan rasa bahagia dan membawa ke arah keberhasilan dalam melaksanakan tugas perkembangan selanjutnya.
Sebaliknya apabila tidak berhasil maka akan menimbulkan rasa tidak bahagia dan menimbulkan kesulitan dalam menghadapi tugas-tugas selanjutnya.
Pendidikan hakekatnya bertujuan membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangan.
Tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak menurut Havighurts (Hurlock, 2003:10) adalah sebagai berikut ini.
a. Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan dan kegiatan fisik.
b. Membangun sikap hidup yang sehat.
c. Belajar bergaul dan bekerja sama dengan teman-teman seusianya.
d. Mulai belajar menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelaminnya.
e. Mempelajari keterampilan-keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung.
f. Mengembangkan pengertian-pengertian atau konsep yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
g. Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan nilai-nilai.
h. Mempelajari sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
i. Mencapai kemandirian pribadi.
f. Identifikasi Keragaman Karakteristik Peserta Didik
Tugas perkembangan memegang peranan penting dalam menentukan arah perkembangan yang normal. Terdapat perbedaan peserta didik dalam penguasaan tugas-tugas perkembangan, mungkin ada yang cepat, lambat dan
normal.
Adapun cara untuk mengidentifikasi tingkat penguasaan tugas-tugas perkembangan siswa dalam berbagai aspek perkembangan adalah sebagai berikut ini.
1) Pelajari dan pahami tugas-tugas perkembangan masa akhir kanak-kanak (siswa SD).
2) Jabarkan tugas-tugas perkembangan kepada keterampilan-keterampilan dan pola perilaku yang bersifat operasional. Contoh: Keterampilan dasar berhitung adalah keterampilan menambah, mengurangi, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan.
3) Lakukan obervasi. Guru mengamati perilaku peserta didik pada saat pembelajaran dengan menggunakan pedoman pengamatan, yang berisi aspek-aspek yang akan diamati.
Pengamatan guru fokus kepada satu orang atau paling banyak tiga orang.
Pengamatan dapat dilakukan terhadap kegiatan atau perilaku peserta didik yang menonjol baik yang positif maupun negatif atau menyimpang dengan cara:
1) menggunakan pedoman observasi,
2) catatan anekdot (tanpa dirancang secara khusus; tanpa pedoman pengamatan; insidental).
3) Lakukan wawancara. Pada situasi tertentu jika diperlukan, guru bisa melakukan wawancara kepada peserta didik tertentu (peserta didik kelas tinggi) dan orang tuanya untuk memperdalam pemahaman.
4) Menggunakan angket atau inventori (jika tersedia) untuk mengungkap aspek-aspek kepribadian peserta didik.
5) Menggunakan analisis prestasi belajar, tugas, dan karya peserta didik untuk mengidentifikasi aspek kecakapan dan kepribadian peserta didik.
7) Informasi dari orang tua serta teman-teman peserta didik.
8) Hasil identifikasi di analisis dan dibuat catatan.
9) Catatan dikembangkan menjadi langkah-langkah pengembangan atau pemecahan masalah, dan tindak lanjut.
2. Potensi Peserta Didik
Tujuan pembelajaran hakekatnya adalah membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal, oleh karena itu guru seyogyanya memiliki motivasi dan bekerja keras mengenali dan memahami potensi peserta didik asuhannya secara cermat dan jujur.
Setiap peserta didik dianugerahi potensi (potential ability) atau kapasitas (capacity).
Terdapat keragaman atau perbedaan potensi yang dimiliki
peserta didik yang satu dengan yang lainnya, baik dalam jenis potensi yang dimiliki maupun dalam kualitas potensi.
a. Pengertian Potensi
Potensi adalah kemampuan yang masih terkandung dalam diri peserta didik yang diperoleh secara herediter (pembawaan).
Menurut Syaodih (2007:159) kecakapan potensial merupakan kecakapan-kecakapan yang masih tersembunyi, masih kuncup belum terwujudkan, dan merupakan kecakapan yang dibawa dari kelahiran.
Potensi merupakan modal dan sekaligus batas-batas bagi perkembangan kecakapan nyata atau hasil belajar. Peserta didik yang memiliki potensi yang tinggi memungkinkan memiliki prestasi yang tinggi pula, tapi tidak mungkin prestasinya melebihi potensinya.
Melalui proses belajar atau pengaruh lingkungan, maka potensi dapat diwujudkan dalam bentuk prestasi hasil belajar atau kecakapan nyata dalam berbagai aspek kehidupan dan perilaku.
Oleh karena potensi merupakan kecakapan yang masih tersembunyi atau yang masih terkandung dalam diri peserta didik, maka guru sebaiknya memiliki kemauan dan kemampuan mengidentifikasi potensi yang dimiliki peserta didik yang menjadi siswa asuhnya, kemudian membantu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
b. Jenis-jenis Potensi
Potensi dibedakan menjadi potensi fisik dan potensi psikologis (Desmita, 2014:40).
Potensi psikologis berkaitan dengan kecerdasan atau inteligensi (intelligence), bakat (aptitude), dan kreativitas.
Kecerdasan diantaranya adalah kecerdasan umum (kemampuan intelektual) dan kecerdasan majemuk. Bakat terbagi menjadi bakat sekolah (scholastic aptitude) dan bakat dalam pekerjaan (vocational aptitude).
1) Potensi Fisik
Potensi fisik berkaitan dengan kondisi dan kesehatan tubuh, ketahanan dan kekuatan tubuh, serta kecakapan motorik (Desmita,2014:53).
Ada di antara individu yang memiliki potensi fisik yang luar biasa, mampu membuat gerakan fisik yang efektif dan efisien serta memiliki kekuatan fisik yang tangguh.
Menurut Gardner (Syaodih, 2007:95) individu yang memiliki kecerdasan kinestetis, berbakat dalam bidang fisik mampu mempelajari olah raga dengan cepat, selalu menunjukkan permainan yang baik, atau individu yang berbakat dalam seni tari mampu menguasai gerakan-gerakan yang indah dan lentur.
2) Potensi Psikologis :
a) Potensi Kecerdasan Umum
Kecerdasan umum (general intelligence) atau kemampuan intelektual merupakan kemampuan mental umum yang mendasari kemampuannya untuk mengatasi kerumitan kognitif (Gunawan, 2006:218) .
Kemampuan umum dikaitkan dengan kemampuan untuk pemecahan masalah, berpikir abstrak, keahlian dalam pembelajaran.
Menurut Syaodih (2007:256) seseorang yang memiliki kecerdasan yang tinggi maka memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengenal, menerima, dan memahami pengetahuan, menganalisa, mengevaluasi, dan memecahkan
masalah, membaca, menulis, serta mengingat fakta
Inteligensi atau kemampuan
intelektual merupakan potensi bawaan (potential ability) yang dikaitkan dengan keberhasilan peserta didik dalam bidang akademik di sekolah.
Peserta didik yang memiliki intelektual tinggi atau IQ nya (tingkat intelegensi) tinggi diprediksi akan memiliki prestasi belajar yang tinggi pula, dan sebaliknya.
b) Kecerdasan Majemuk
Menurut Gardner (Syaodih, 2011:95) tingkat inteligensi atau IQ bukan satu-satunya kecerdasan yang dapat meramalkan kesuksesan, akan tetapi ada kecerdasan dalam spektrum yang lebih luas yaitu kecerdasan majemuk (multiple intelligentce).
Dalam diri anak terdapat berbagai potensi atau kecerdasan
majemuk.
Menurut Gardner setiap anak memiliki kecenderungan dari delapan kecerdasan, meskipun memiliki tingkat penguasaan yang berbeda.
• Kecerdasan bahasa (verbal-linguistic intelligence), kecakapan berpikir melalui kata-kata, menggunakan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks (penulis, ahli bahasa, sastrawan, jurnalis, orator, penyiar adalah orang-orang yang memiliki inteligensi linguistik yang tinggi.
• Kecerdasan matematika - logis (logical-mathematical intelligence), kecakapan untuk menyelesaikan operasi matematika (para ilmuwan, ahli matematis, akuntan, insinyur, pemrogram komputer).
• Kecerdasan spasial–visual (visual-spatial intelligence), kecakapan berpikir dalam ruang tiga dimensi (pilot, nakhoda, astronot, pelukis, arsitek, dll.)
• Kecerdasan kinestetis atau gerakan fisik (kinesthetic intelligence). Kecakapan melakukan gerakan dan keterampilan-kecekatan fisik (olahragawan, penari, pencipta tari, perajin profesional, dokter bedah).
• Kecerdasan musik (musical intelligence). Kecakapan untuk menghasilkan dan menghargai musik, sensitivitas terhadap melodi, ritme, nada, tangga nada, (komposer, musisi, kritikus musik, penyanyi, pengamat musik).
• Kecerdasan hubungan sosial (interpersonal intelligence). Kecakapan memahami dan merespon serta berinteraksi dengan orang lain secara efektif (guru, konselor, pekerja sosial, aktor, pimpinan masyarakat, politikus)
• Kecerdasan intrapersonal (intrapersonal intelligence). Kecakapan mengenali dan memahami diri serta menata diri sendiri secara efektif (agamawan, psikolog, psikiater, filsuf).
• Kecerdasan naturalis adalah kecakapan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta (petani, ahli botani, arkeolog, antropolog, ahli ekologi, ahli tanah,atau pecinta lingkungan).
c) Bakat
Bakat merupakan kecakapan dasar atau suatu potensi yang merupakan pembawaan untuk memperoleh suatu pengetahuan atau keterampilan pada bidang tertentu.
Bakat dapat dikelompokkan menjadi bakat bilangan, bakat
bahasa, bakat tilikan ruang, tilikan hubungan sosial, dan bakat gerak motoris (Makmun, 2009:55).
Pembagian jenis bakat mungkin dikaitkan dengan bidang
studi atau bakat sekolah (scholastic aptitude) atau bidang pekerjaan (vocational aptitude).
Bakat sekolah berkaitan dengan kemampuan penguasaan ilmu,penguasaan mata pelajaran, seperti bakat matematika, bahasa, fisika, sejarah, IPS, olah raga, musik, menggambar dan keterampilan.
Bakat pekerjaan berkaitan dengan penguasaan bidang pekerjaan seperti bidang teknik, pertanian, dan ekonomi.
d) Kreativitas
Kreativitas memegang peranan penting dalam kehidupan manusia . Dengan kreativitas individu dapat mencapai keberhasilan dan kebahagiaan.
Orang kreatif adalah orang yang unggul, terus belajar, dan membuat kreasi.
Setiap orang memiliki potensi kreatif meskipun dalam derajat yang berbeda (DePorter, 2001:293).
Kreativitas mengarah ke penciptaan sesuatu yang baru, berbeda, unik, baik itu berbentuk lisan, tulisan, maupun konkret atau abstrak.
Kreativitas timbul dari pemikiran divergen. Berpikir divergen mempertimbangkan beberapa jawaban yang mungkin ada untuk suatu masalah (Hurlock, 2013:5).
De Bono (1991:8) menyebutnya sebagai berpikir lateral. Pola berpikir lateral selalu berkaitan dengan ide-ide baru sehingga nampak erat kaitannya dengan pola berpikir kreatif.
• Hubungan Kreativitas dengan Kecerdasan
Menurut Hurlock (2013:4-5) tidak selamanya orang yang kreatif memiliki inteligensi yang tinggi. Kadang-kadang ditemukan orang yang memiliki bakat kreatifnya tinggi
tetapi tingkat kecerdasannya rendah, dan tidak semua orang yang tingkat kecerdasannya tinggi adalah pencipta.
• Kondisi yang Meningkatkan Kreativitas
Penghargaan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepribadian anak. Sebaliknya tidak ada yang lebih mengurangi harga dirinya selain kritikan dan ejekan terhadap kreasi tersebut.
Cara mendidik yang demokratis dan permisif di rumah dan sekolah meningkatkan kreativitas, sedangkan cara mendidik yang otoriter melemahkanya.
Cara mendidik yang demokratis meningkatkan kreativitas karena memberi kesempatan yang lebih banyak kepada anak untuk mengekspresikan kreativitasnya.
Sedangkan cara mendidik yang permisif memberi kebebasan kepada anak untuk mengemukakan ide-ide tanpa takut salah.
Selain itu untuk mengembangkan kreativitas diperlukan sarana dan prasarana untuk mengembangkannya.
Seperti halnya potensi yang lain bakat kreatif dikembangkan melalui interaksinya dengan lingkungan.
Hurlock (2013:11) menyatakan terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kreativitas, seperti berikut ini.
(1) Waktu. Beri kesempatan kepada anak untuk memiliki waktu bebas untuk menemukan ide-ide dan mempraktekkan idenya.
(2) Kesempatan. Berikan waktu dan kesempatan menyendiri untuk mengembangkan kehidupan imajinatif yang kaya, bebas dari tekanan kelompok sosial.
(3) Dorongan. Berikan dorongan untuk kreatif meskipun prestasinya tidak sesuai dengan standar orang dewasa, jangan diejek atau dikritik
(4) Sarana. Sediakan sarana yang merupakan hal penting untuk merangsang dorongan eksperimen dan eksplorasi.
(5) Lingkungan. Berikan lingkungan rumah dan sekolah yang merangsang kreativitas anak.
(6) Percaya diri. Bangun hubungan orangtua dan anak yang tidak posesif, agar memberikan rasa percaya diri dan mandiri.
(7) Cara mendidik. Didiklah anak secara demokratis dan permisif baik di rumah dan di sekolah yang akan meningkatkan kreativitas.
(8) Pengetahuan. Kreativitas tidak muncul dalam kehampaan. Berikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan. Semakin banyak pengetahuan yang dapat diperoleh anak, semakin baik dasar untuk mencapai hasil yang kreatif.
• Karakteristik Kreativitas
Menurut Munandar (Ali, 2014:52) ciri-ciri kreativitas :
(1) senang mencari pengalaman baru;
(2) memiliki keasyikan dalam mengerjakan tugas-tugas sulit; (3) memiliki inisiatif;
(4) sangat tekun;
(5) cenderung bersikap kritis terhadap orang lain;
(6) berani menyatakan pendapat dan keyakinannya;
(7) selalu ingin tahu;
(8) peka atau perasa;
(9) enerjik dan ulet;
(10) menyenangi tugas-tugas yang majemuk;
(11) percaya diri;
(12) memiliki rasa humor:
(13) memiliki rasa keindahan;
(14) berwawasan masa depan dan penuh imajinasi.
• Tahapan Kreativitas
Menurut Wallas (Ali, 2014:51) keberhasilan orang-orang kreatif dalam mencapai ide, gagasan, pemecahan, cara kerja, dan karya baru biasanya melewati beberapa tahapan seperti berikut ini.
(1) Persiapan meletakan dasar: mempelajari latar belakang masalah, seluk beluk dan problematiknya. Pada tahapan ini diperlukan minat dan antusiasme untuk memperoleh pengetahuan dan informasi sebagai persiapan untuk kreativitas.
Guru perlu memberikan informasi atau pengetahuan yang memadai kepada peserta didik sebagai dasar pengembangan kreativitasnya.
(2) Inkubasi: mengambil waktu untuk meninggalkan masalah, istirahat, santai.
Pada tahap ini proses pemecahan masalah diendapkan dalam alam pra sadar.
(3) Iluminasi: tahap ini disebut sebagai tahap pemahaman, suatu tahap mendapatkan ide, gagasan, pemecahan, penyelesaian, cara kerja, dan jawaban baru.
(4) Verifikasi/produksi: menghadapi dan memecahkan masalah-masalah praktis, sehubungan dengan perwujudan ide, gagasan, pemecahan, penyelesaian, cara kerja, dan jawaban baru.
Pada tahap ini dilakukan langkah-langkah untuk mewujudkan ide dan gagasan kreatif menjadi karya kreatif dan inovatif.
a. Identifikasi Potensi Peserta Didik
Guru dapat mengidentifikasi kemampuan intelektual atau kecerdasan umum, kecerdasan majemuk, bakat, dan kreativitas peserta didik melalui cara berikut ini.
1) Identifikasi Kemampuan Intelektual atau Kecerdasan Umum
a) Mengamati kemampuan intelektual dan kecerdasan umum peserta didik.
Menurut Makmun (2009:56) guru dapat menandai peserta didik dengan membandingkannya dengan peserta didik
lainnya di kelas.
• Peserta didik yang cenderung selalu lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugasnya, dibandingkan dengan teman-temannya, lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan (accelerated students).
• Peserta didik yang cenderung selalu mencapai hasil rata-rata saja, dan hanya dapat menyelesaikan tugasnya sesuai batas waktu yang telah ditetapkan dibandingkan dengan teman-temannya (average students).
• Peserta didik cenderung selalu memiliki kesulitan dalam memahami materi pelajaran, mencapai hasil yang lebih rendah dari teman-temannya, dan hampir selalu tidak dapat menyelesaikan tugasnya sesuai batas waktu yang telah ditetapkan (slow learners).
b) Analisis hasil ulangan atau tes, tugas, wawancara, analisis himpunan data prestasi belajar (nilai rapor) sebelumnya, sikap perilaku, dan hasil psikotes, dsb.
Cara-cara identifikasi tersebut di atas dapat saling melengkapi untuk mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai potensi peserta didik.
Hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus dan menjadi prioritas untuk diidentifikasi adalah peserta didik prestasinya sering di bawah KKM, yang lambat belajar, serta tingkat kreativitasnya rendah.
2) Identifikasi Kecerdasan Majemuk dan Bakat
Mengidentifikasi bakat dan kecerdasan majemuk peserta didik dapat menggunakan cara yang sama dengan identifikasi kemampuan intelektual, namun lebih diarahkan kepada bidang studi atau kelompok bidang studi.
Bakat khusus di suatu bidang studi biasanya baru nampak jelas pada awal masa remaja.
3) Identifikasi Kreativitas Peserta Didik
Untuk mengidentifikasi kreativitas dapat menggunakan cara
(1) pengamatan, yaitu mengamati proses ketika anak sedang membuat karya kreatif;
(2) analisis tes, bila peserta didik diberikan kebebasan untuk memberikan beberapa alternatif jawaban;
(3) analisis karya kreatif dan inovatif.
**
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar