Jumat, 05 Maret 2021

RANGKUMAN 5 .DASAR KOMUNIKASI ( MATERI SELEKSI P3K)

(Sumber. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) - Kelompok
Kompetensi H Pedagogi: Komunikasi Efektif
Penulis. Abdul Kodir, M.Pd., Indrawati, Dr. M.Pd. Irman Yusron, S.Sos.)

 

OLEH : ENI SETYOWATI


Rangkuman

 

Komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. 

Fungsi Komunikasi :  pembentukan konsep diri, menyatakan eksistensi diri, melangsungkan kehidupan, memupuk hubungan,mengekspresikan perasaan, dan fungsi instrumental. 

Unsur-unsur komunikasi : sumber (pengirim), penerima, pesan, saluran, efek, umpan balik, bidang pengalaman, dan gangguan.

Proses komunikasi 

1) Menurut Model Lasswel  dapat digambarkan dengan menjawab pertanyaan: “Siapa, Mengatakan Apa, Dengan Saluran Apa ,Kepada Siapa dengan Pengaruh Bagaimana?”. 

Berdasarkan model ini unsur komunikasi terdiri atas:
pengirim, pesan, media, penerima, dan hasil komunikasi. 

Model ini bersifat satu arah dan tidak mempertimbangkan gangguan komunikasi. 

2) Menurut model komunikasi Srhramm proses komunikasi mencakup proses penyandian dan adanya pengaruh pengalaman dari komunikator dan komunikan.


Faktor penunjang komunikasi efektif dapat dilihat dari faktor guru, peserta didik, dan muatan pelajaran. 

Faktor penghambat komunikasi efektif secara umum
meliputi gangguan fisik, gangguan mekanik, gangguan semantik, gangguan budaya, gangguan kepentingan, dan gangguan motivasi

Faktor penghambat komunikasi efektif dalam pembelajaran terdiri atas hambatan pada guru,hambatan pada saluran atau media, serta hambatan pada peserta didik.

 
Strategi komunikasi efektif, empatik dan santun  meliputi kegiatan 

(1)membangun etos guru 

melalui kesiapan, kesungguhan, ketulusan, kepercayaanketenangan, keramahan dan kesederhanaan; 

(2) memilih materi yang sesuai,
dengan memperhatikan: materi sesuai dengan latar belakang pengetahuan peserta didik, menarik minat guru dan peserta didik, serta sesuai dengan pengetahuan peserta didik. 

(3) menggunakan bahasa yang tepat: 

kata-kata harusjelas, kata-kata harus tepat, dan kata-kata harus menarik, 

(4) Membangun Iklim
Komunikasi dengan Peserta Didik. 

Iklim komunikasi yang positif dapat dilakukan melalui sikap respect, emphaty, audible, clarity, dan humble.

 

Kompetensi

Dapat memahami strategi komunikasi efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.

 
Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1. Menjelaskan pengertian fungsi, unsur dan proses 

    komunikasi;
2. Menentukan faktor-faktor penunjang dan penghambat 

    dalam komunikasi yang efektif;
3. Menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan

     peserta didik; dan
4. Melakukan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun

    dengan peserta didik.

 

URAIAN MATERI :

 
1. Konsep Dasar Komunikasi

 
a. Pengertian Komunikasi

 
Secara etimologis komunikasi atau communication (dalam bahasa Inggris) berasal dari perkataan Latin communis yang berarti “sama”, communico, communicatio,atau communicare yang berarti “membuat sama(to make common) (Effendi,
1993).

 
Secara terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Pada hakikatnya komunikasi dalam konteks tulisan ini adalah pernyataan antarmanusia

Adapun yang dinyatakan berupa pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa
sebagai alat perantaranya. 

Pernyataan dinamakan pesan. 

Orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator (communicator) sedangkan yang menerima pesan disebut komunikan (communicatee)

Pesan komunikasi terdiri dari 2 aspek:

1) isi pesan (the content of the message),

 Pikiran atau perasaan dikategorikan sebagai isi pesan (content)

2) lambang (symbol) untuk mengungkapkan isi pesan yang  dimaksud. Bahasa dikategorikan sebagai simbol. 

Komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna terhadap suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan. (Rakhmat, 1989)

 
Beberapa definisi Komunikasi :

Dirangkum Mulyana (2001) dan Effendi (1989) :

1)Bernard Berelson dan Gary A. Steinir: 

Komunikasi adalah transimisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol: kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.”

 
2)Carl I. Hovland: 

“Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang
(komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang- lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan).”

 
3)Everett M. Rogers: 

“Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari

sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.”

 
4)Harold Lasswell: 

“(Cara yang baik untuk menggambarkan komunikasi adalah
dengan menjawab pertanyaan berikut) Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? Atau Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana?”

 
b. Fungsi Komunikasi :

 
Mulyana (2001) menjelaskan beberapa fungsi komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli yang didasarkan pada beberapa aspek dan tujuan dalam berkomunikasi,yaitu:

 1) Pembentukan konsep diri

 
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita. Semua itu diperoleh lewat informasi yang diberikan oleh orang lain kepada kita. Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan sesamanya tidak akan memiliki kesadaran bahwa
dirinya adalah manusia. 

Pandangan orang lain terhadap kita menjadi penting untuk
pembentukan diri. Nasihat orang tua, wejangan ustadz, dan didikan guru membantu kita menemukan siapa kita. 

Semua itu diperoleh dengan berkomunikasi. Komunikasi yang orang lain lakukan pada kita tidak saja dapat mengenal siapa diri kita, akan tetapi juga dapat mengenal siapa orang lain.


2) Menyatakan eksistensi diri

 
Apabila ingin dipandang ,diri kita eksis di masyarakat atau di kelompok kita, kita harus berkomunikasi. Kita harus mengutarakan siapa diri kita kepada orang lain atau kepada rekan-rekan kita. 

Siswa yang aktif di kelas dapat dipandang sebagai bentuk eksistensi dirinya yang ingin “berbeda” dengan kawan-kawan lain. 

Dengan berkomunikasi, kita bisa dipandang oleh orang lain keberadaan kita.


3) Melangsungkan kehidupan

Perilaku komunikasi yang pertama dipelajari manusia adalah melalui sentuhan orang tua pada kita sebagai upaya respons atas keinginan bayi melalui tangisannya.

Dengan komunikasi, orang tua mengajarkan arti kasih sayang,
makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Semakin dewasa, semakin banyak yang dipelajari dengan komunikasi antar sesamanya sehingga timbul rasa ketertarikan dengan lawan jenis, timbul sikap memilih, menyortir, dan akhirnya
mengambil keputusan dengan siapa ia berteman hidup selamanya. 

Lalu dia menikah sampai mendapatkan anak, dan kepada anak-anaknya mereka mengajarkan apa yang pernah mereka terima dari orang tuanya dulu, demikian seterusnya. 

Dengan demikian, komunikasi melangsungkan kehidupan dan
mewariskan peradaban.


4) Memupuk hubungan

 
Melalui komunikasi kita dapat memenuhi kebutuhan emosional dan intelektual kita dengan cara memupuk hubungan yang hangat dengan orang-orang di sekitar kita.

 5) Mengekspresikan perasaan

 
Seseorang dapat mengungkapkan perasaaannya melalui pesan-pesan verbal dan
nonverbal. Siswa yang sudah lulus ujian mengekspresikan kegembiraan dengan
berbagai cara, seperti sujud syukur, meloncat, berteriak, atau menangis terharu.


6) Fungsi instrumental

 
Komunikasi berfungsi sebagai instrumen (alat) untuk menginformasikan pesan (to inform), mengajarkan ilmu (to educate), menghibur (to entertain), mempengaruhi orang lain (to influence), mengubah sikap, opini, prilaku, dan masyarakat (to change the attitude, the opinion, the behavior, and the society).


2. Unsur-unsur Komunikasi

Menurut Gintings (2008: 120-122) :


a. Pengirim atau Komunikator

 
Dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah. Ketika guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, guru berperan sebagai komunikator dan siswa berperan sebagai komunikan. 

Sebaliknya, ketika siswa bertanya atau menyampaikan jawaban pertanyaan kepada guru, siswa berperan sebagai komunikator dan guru berperan sebagai komunikan. 

Dilihat dari segi kompetensi komunikasi, keberhasilan komunikasi di antaranya ditentukan oleh dua faktor, yaitu kemampuan komunikator dalam mengemas pesan yang disampaikannya dan kemampuan komunikan dalam menginterpretasikan pesan yang diterimanya.


b. Penyandian atau encoding

 Adalah proses yang dilakukan oleh komunikator untuk
mengemas maksud atau pesan yang ada dalam benak dan hatinya menjadi simbol-simbol, suara, tulisan, gerak tubuh, dan bentuk lainnya untuk dapat dikirimkan kepada komunikan

Dalam proses pembelajaran guru harus mengemas materi pembelajaran yang akan disampaikannya kepada siswa ke dalam bentuk tulisan, ucapan, atau gerakan.


c. Pesan atau Message

 Adalah maksud atau informasi yang akan disampaikan oleh
komunikator melalui simbol-simbol.
 

Pesan adalah sesuatu atau makna yang terkandung dalam simbol-simbol. Pesan dapat berbentuk verbal, yaitu ucapan dan tulisan atau berbentuk nonverbal, yaitu berupa gerak tubuh atau ekspresi wajah. 

Dalam proses pembelajaran yang dimaksud dengan pesan adalah materi pelajaran.


d. Saluran dan Media 

 Adalah tempat pesan dalam bentuk simbol-simbol dilewatkan dari komunikator ke komunikan. Bagi manusia saluran komunikasi di antaranya pancaindera berupa pendengaran, penglihatan, penciuman, rabaan, dan rasa.


Oleh sebab itu, manusia dapat mengirimkan pesan secara tertulis melalui surat,papan tulis, buku, faximile, dan lain-lain. 

Pesan dalam bentuk suara dapat disampaikan secara langsung atau melalui pengeras suara, cassete recorder, CD
player, radio dan lain-lain. 

Pesan dalam bentuk audio visual dapat disampaikan antara lain lewat film projector dan TV. Semua media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


e. Penyandian Ulang atau Decoding

 Adalah proses yang dilakukan oleh komunikan untuk menginterpretasikan simbol-simbol yang diterimanya menjadi makna.

 
Pemahaman penerima terhadap pesan yang diterimanya merupakan hasil komunikasi. Pemahaman siswa tentang penjelasan guru atau sebaliknya interpretasi guru terhadap jawaban siswa adalah proses penyandian ulang atau
decoding.


f. Penerima atau Komunikan

 Adalah penerima pesan atau individu atau kelompok yang menjadi sasaran komunikasi. 

Ketika guru memberikan penjelasan kepada siswa, siswa berperan sebagai komunikan. 

Sebaliknya, ketika siswa menyampaikan jawaban atas pertanyaan atau usulan kepada guru, gurulah yang
berperan sebagai komunikan.


g. Umpan Balik atau Feedback

adalah informasi yang kembali dari komunikan ke komunikator sebagai respon terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator.

 
Dari umpan balik ini komunikator dapat mengetahui pemahaman dan reaksi komunikan terhadap pesan yang dikirimnya. Dengan adanya umpan balik ini akan terbentuk arus komunikasi dua arah.


Dalam konteks pendidikan, umpan balik ini sangat penting artinya bagi keberhasilan proses pembelajaran. 

Dengan adanya umpan balik dari siswa, guru akan mengetahui apakah materi yang disampaikan telah dipahami siswa dan apa kesulitan siwa dalam memahami pesan yang diampaikan, jika ada selanjutnya guru dapat menentukan tindakan remedial apa yang perlu dilakukannya.


Sebaliknya, umpan balik dari guru misalnya dalam bentuk nilai atas hasil kerja siswa akan mengingatkan kepada siswa sampai sejauh mana penguasaannya terhadap materi yang sedang dipelajari. 

Berdasarkan umpan balik tersebut, siswa dapat memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil
belajarnya jika kurang memuaskan.


3. Proses Komunikasi

Dapat dijelaskan melalui model-model komunikasi yang dikemukakan para ahli. 

Gintings (2008: 117-118) menuliskan dua model komunikasi untuk membantu memahami arti, proses, unsur, penggunaan dan tujuan komunikasi.


a. Model Komunikasi Lasswell

 
Model komunikasi Lasswell sangat populer dengan pernyataannya, yaitu Who says what in which channel to whom with what effect? 

Dalam konteks pembelajaran, ada tiga hal yang dapat digarisbawahi berdasarkan pernyataan Lasswell.

 
Pertama, unsur komunikasi terdiri atas:

1) Who: pengirim atau komunikator atau orang yang 

     menyampaikan pesan atau guru.
2) Says what: pesan atau materi pelajaran.
3) On what chanel: media atau alat bantu mengajar.
4) To whom: penerima atau komunikan atau siswa.
5) With what effect: dampak atau hasil komunikasi atau hasil

   belajar siswa.


Kedua, model komunikasi Lasswell tidak melibatkan umpan balik atau feedback sehingga bersifat komunikasi satu arah dari guru kepada siswa. 

Gaya komunikasi ini dalam pembelajaran kurang dapat diterima karena akan menyebabkan siswa pasif dan kurang membangkitkan daya kritis siswa. 

Akibatnya hasil belajar dan pembelajaran kurang maksimal.


Ketiga, model komunikasi Lasswell tidak mempertimbangkan gangguan komunikasi. 

Model ini menggambarkan bahwa proses komunikasi akan selalu berhasil, padahal dalam kenyataannya banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan komunikasi termasuk dalam proses pembelajaran.


b. Model Komunikasi Wilbur Schramm

 
Ada 2 hal yang perlu digarisbawahi (Ginting, 2008:
118). dari model komunikasi Schramm
:

1) Schramm memperkenalkan gagasan tentang penyandian atau encoding dan penyandian ulang atau decoding. 

Penyandian adalah proses pengemasan pesan atau maksud oleh pengirim atau komunikator ke dalam susunan simbol-simbol tertentu seperti bahasa, tulisan, gerak tubuh, dan bahasa nonverbal lainnya. 

Penyandian ulang adalah proses sebaliknya, yaitu menginterpretasikan kode-kode atau simbol-simbol ke dalam makna oleh penerima atau komunikan.


Dalam konteks pembelajaran, guru harus mengemas materi pelajaran yang akan disampaikannya ke dalam bentuk simbol-simbol atau kalimat yang dapat dengan mudah diinterpretasi oleh siswa.


2)model Schramm memperhitungkan pengaruh pengalaman yang dimiliki oleh komunikator dan komunikan dalam mendukung keberhasilan komunikasi.


Dalam konteks pembelajaran, salah satu aspek komunikasi yang harus dipertimbangkan oleh guru sebagai komunikator dalam mengemas pesan adalah jenjang dan luasnya pengalaman siswa sebagai komunikan dalam konteks materi
pelajaran yang akan disampaikan.


4. Faktor Penunjang dan Penghambat Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran :

 

a. Faktor Penunjang Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

1) Faktor Komunikator (Guru)

 
Efektivitas komunikasi ditentukan oleh etos komunikator. 

Etos adalah nilai yang ada pada diri seorang komunikator. Etos dibangun oleh unsur kepercayaan (credibilty) dan atraksi (attractiveness). 

Kredibilitas adalah seperangkat persepsi komunikan tentang sifat-sifat komunikator. 

Kredibilitas dimunculkan oleh komunikan ketika dia melihat komunikator.  Apabila seorang guru masuk ke kelas dengan pakaian kaos dan celana jeans sobek, kira-kira apa yang ada dalam pikiran siswa? 

Kemungkinan besar siswa tidak mempercayai kalau orang tersebut adalah seorang guru. Mungkin kita akan menyebutnya guru tersebut tidak kredibel (tidak dapat dipercaya).


Kredibilitas berada pada persepsi komunikan, sedangkan daya tarik (atraksi) sangat ditentukan pada diri komunikator.

Komunikasi akan efektif apabila komunikator memiliki kemampuan untuk menarik komunikan sehingga mereka tunduk kepada pesan yang Anda sampaikan. 

Kemampuan guru menyesuaikan diri dengan keadaan siswa dapat menentukan keberhasilan berkomunikasi. 

Keadaan yang dimaksud dapat berupa memahami kepentingan siswa, kebutuhannya,kecakapannya, pengalamannya, kemampuan berpikirnya, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi.


Penting bagi guru untuk membangun etos ini sehingga persepsi siswa kepada guru menjadi positif. Selain itu, daya tarik seorang guru harus menjadi modal dalam membangun komunikasi dengan siswa sebagai cara untuk mencapai tujuan
pembelajaran.


2) Faktor Komunikan (Siswa)

 
Sebelum menyampaikan pesan, komunikator terlebih dahulu harus memahami siapa komunikannya karena komunikan terdiri dari orang-orang yang hidup,bekerja, dan bermain satu sama lain dalam jaringan lembaga sosial.

 
Dalam konteks pembelajaran, penting bagi guru untuk memahami karakteristik siswa, antara lain mengetahui kebutuhan siswa, kecakapan yang dimiliki siswa,pengalaman-pengalaman belajar dan pengalaman di luar kelas, kemampuan berpikir siswa, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa.

Agar komunikasi menjadi efektif, penting bagi komunikator (guru) memperhatikan aspek sebagai berikut

(1) waktu yang tepat untuk suatu pesan (dalam pembelajaran biasanya dibuat dalam RPP dengan memperhatikan kompetensi dasar yang ingin dicapai); 

(2) bahasa yang digunakan harus dapat dimengerti oleh siswa; 

(3) sikap dan nilai yang ditampilkan harus dapat menumbuhkankepercayaan siswa; 

(4) memilah-milah jenis kelompok sasaran dimana komunikasi

akan dilakukan. 

 

3) Faktor Pesan (Muatan Pelajaran)

 
Pesan dibangun oleh dua faktor, yaitu isi pesan (the content of messasge) dan bahasa (symbol). 

 
Guru yang baik harus mampu mengelola pesan yang menarik yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Rakhmat (1989) memberikan 5 tahapan dalam penyusunan pesan yang baik, yaitu:


a) Tahap perhatian
Siswa (komunikan) secara sengaja dapat memperhatikan pesan karena ia berkeinginan untuk mendengarnya. Tetapi seorang guru (komunikator) harus berupaya membuat siswa menaruh perhatian terhadap pesan, walaupun sebetulnya siswa lebih tertarik pada hal-hal lain.


b) Tahap kebutuhan
Guru (komunikator) harus bisa menimbulkan perasaan pada siswa (komunikan) bahwa pesan yang disampaikannya itu penting bagi siswa, sehingga siswa membutuhkan pesan itu.


c) Tahap pemuasan

Pada tahap ini guru (komunikator) berusaha agar pesan yang disampaikan dipahami oleh siswa (komunikan), dengan kata lain bahwa siswa (komunikan) menyetujui terhadap gagasan-gagasan guru yang disampaikan.

d) Tahap visualisasi
Visualisasi berarti membayangkan pelaksanaan gagasan-gagasan pada waktu mendatang. Karena itu, gambaran yang disajikan harus menyenangkan bila gagasan-gagasan komunikator dapat dilaksanakan oleh komunikan. 


e) Tahap tindakan

 
Tahap ini berfungsi untuk merumuskan tahapan-tahapan sebelumnya dalam bentuk sikap dan keyakinan tertentu untuk bertindak atau berbuat sesuatu.


b. Faktor Penghambat Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

Hambatan komunikasi adalah sesuatu yang dapat memengaruhi kelancaran dalam proses komunikasi bahkan cenderung menghambat proses komunikasi.

 
Hambatan dalam komunikasi dapat terjadi pada komunikator, komunikan, pesan, media, atau suasana ketika proses komunikasi berlangsung. 

 

Hambatan- hambatan komunikasi menurut Effendy (1989) dan Mulyana (2001), dapat berbentuk:

 
1) Gangguan fisik.

 
Biasanya berkaitan dengan situasi, tempat, dan suasana pada saat komunikasi berlangsung. Gangguan fisik lebih mengarah pada keadaan cuaca atau iklim yang tidak kondusif, suasana ribut, bising, tempat belajar yang tidak standar, dsb. 

 
2) Gangguan mekanik.

 
Gangguan ini terjadi pada alat atau media yang kita gunakan dalam berkomunikasi. Suara yang terputus-putus akibat microphone yang jelak, atau gambar yang buram (banyak semut) karena TV yang rusak. 

Presentasi seorang guru menjadi terhambat karena tidak tersedia in-focus, padahal materi yang akan disampaikan semua berada pada file di komputer.

 3) Gangguan Semantik.

 
Semantik adalah pengetahuan mengenai pengertian kata-kata yang sebenarnya.
Lambang kata yang sama akan diartikan berbeda untuk orang-orang yang berlainan.
Kata “cokot” berarti “ambil” untuk orang Sunda, sedangkan untuk orang Jawa berarti “makan”


4) Gangguan budaya.

 
Masing-masing kelompok sosial memiliki lambang-lambang tertentu untuk mengungkap sesuatu. Orang India untuk mengatakan setuju dengan cara menggelengkan kepala ke kiri-ke kanan, sedangkan orang Indonesia isyarat itu menunjukan ketidaksetujuan. Demikian pula acungan jempol akan diartikan berbeda oleh kelompok sosial yang berbeda.


5) Gangguan kepentingan.

 
Komunikan hanya akan memerhatikan pesan yang dianggap ada hubungannya dengan kepentingan dia. Kepentingan membuat seseorang selektif dalam menanggapi suatu pesan.

Pada saat tertentu, peserta tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stres.


6) Gangguan motivasi.

 
Motivasi akan mendorong sesorang berbuat sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan seseorang. Keinginan atau kebutuhan sesorang dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat akan berbeda-beda. 

Oleh karena itu, komunikator akan kesulitan untuk menentukan pesan mana yang efektif untuk orang-orang yang memiliki motivasi berlainan ini. 

Penting bagi guru untuk membuat strategi komunikasi dan strategi pembelajaran supaya motivasi belajar siswa terbangun sehingga penyampaian gagasan-gagasan atau konten pelajaran berlangsung sesuai tujuan.

7) Gangguan prasangka.

 
Prasangka merupakan suatu sikap dari sesorang yang mencurigai orang lain dengan membanding-bandingkan dirinya atau orang lain yang mengarah pada perasaan negatif.

Dalam pembelajaran, guru harus mampu meminimalisir prasangka-prasangka negatif yang akan ditimbulkan dari siswa.

 
Yusuf (2010) mengelompokkan hambatan-hambatan dalam pembelajaran sebagai berikut:

 
1) Hambatan pada sumber

 
Sumber pada suatu proses komunikasi dapat dikatakan sebagai penggagas atau komunikator. Sumber bertindak sebagai manajer (pengelola). Ketidakcakapan manajer dalam mengelola proses komunikasi akan menghambat keberhasilan
komunikasi. 

Guru sebagai pemimpin pembelajaran tentu saja harus mampu mengelola komunikasi dengan baik. Perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang efektif menjadi kunci keberhasilan dalam pembelajaran

Menyiapkan perangkat pembelajaran, menyiapkan media, mengemas konten pelajaran, serta penggunaan bahasa yang tepat merupakan tuntutan yang harus dimiliki oleh guru.


2) Hambatan pada saluran (channel/media)

 
Hambatan pada saluran lebih pada yang bersifat fisik. Hambatan pada saluran terjadi karena adanya ketidakberesan pada saluran komunikasi. Saluran merupakan alat dimana pesan dapat sampai pada sasaran (komunikan atau siswa).

 Contoh hambatan ini misalnya aliran listrik mati ketika guru menyampaikan materi melalui computer (LCD), kabel mic terputus-putus, tulisan tidak jelas, suara gaduh di ruangan, bahkan suara guru yang parau/serak (sehingga tidak jelas
terdengar).


3) Hambatan pada komunikan/sasaran

 
Hambatan dalam proses pembelajaran dapat terjadi pada sasaran/komunikan. Dalam konteks pembelajaran hambatan pada sasaran komunikasi diantaranya:
kemampuan dan atau kapasitas kecerdasan dari siswa; minat dan bakat; motivasi dan perhatian; sensasi dan persepsi; ingatan; dan kemampuan mentransfer pengetahuan serta berpikir kognitif.

 

5. Strategi Komunikasi Efektif, Empatik dan Santun dengan Peserta Didik

 
Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan pengelolaan (management) untuk mencapai tujuan

Strategi biasanya sering dikaitkan dengan dunia militer. Dalam dunia militer strategi dalam peperangan adalah memenangkan perang, taktiknya adalah memenangkan pertempuran, adapun tekniknya bisa konfrontasi langsung (perang terbuka) atau gerilya. 

Demikian pula dalam kegiatan komunikasi, maka strategi
komunikasi harus menunjukkan tujuan yang jelas melalui kegiatan-kegiatan operasional yang bergantung pada situasi dan kondisi yang disebut dengan teknik.


Dalam konteks pembelajaran, strategi komunikasi dirancang agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan. Pengelolaan dan perencanaan komponen-komponen yang terlibat dalam proses komunikasi adalah salah satu bentuk
strategi komunikasi. 

Yusuf (2010) memberikan contoh kegiatan-kegiatan yang
dapat dikategorikan ke dalam strategi komunikasi
antara lain persiapan, kegiatan peganggaran, kegiatan pelaksanaan, memberikan motivasi pada sasaran, mempersiapkan peralatan, memilih media yang tepat, dan mempersiapkan pesan yang akan disampaikan.

Yang termasuk ke dalam strategi komunikasi yang efektif dengan siswa mencakup kegiatan-kegiatan:

 
a. Membangun etos guru

 
Ada beberapa faktor yang mendukung timbulnya etos pada diri guru, yaitu:

 
1) Kesiapan (preparedness)

 
Persiapan yang matang akan menentukan keberhasilan komunikasi. Penampilan dan materi pelajaran adalah contoh yang harus dipersiapkan dengan matang.
Apabila guru tidak ingin ditertawakan atau dicemoohkan pada saat di kelas, maka siapkanlah materi pelajaran dengan matang yang dapat menarik perhatian dan minat khalayak.

 Selain itu, siapkan pula mental bahwa mendidik, mengajarkan
ilmu, dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan siswa perlu dilakukansecara terencana, terstruktur, dan pada akhirnya dapat diukur tingkat keberhasilan komunikasi dalam pembelajaran tersebut.


2) Kesungguhan (seriousness)

Kepercayaan siswa pada guru akan timbul apabila seorang guru menunjukkan kesungguhan dalam menyampaikan materi. Kesungguhan bukan berarti tidak boleh menyisipkan unsur humor di dalamnya, akan tetapi unsur humor hanya
sebagai penarik perhatian saja. 

Apabila humor yang berlebihan dilakukan, maka kemungkinan kewibawaan guru bias berkurang, dan siswa malah menjadi tidak sungkan lagi kepada guru.


3) Ketulusan (sincerity)
Seorang guru harus membawakan kesan bahwa guru tulus menyampaikan materi pelajaran. Hindarilah kata-kata yang dapat mengarah kecurigaan kepada guru.
Ketulusan juga dapat ditunjukkan dengan sikap guru dengan rasa empati.


4) Kepercayaan (confidence)
Tidak ragu-ragu dan memiliki keyakinan untuk menghadapi segala situasi. Keyakinan dalam mengatasi segala situasi dapat membantu guru menemukan kepercayaan diri.


5) Ketenangan (poise)

Ketenangan yang ditunjukkan guru akan menimbulkan kesan bahwa guru sudah berpengalaman dalam menghadapi siswa dan mengusai persoalan yang dibahas.


6) Keramahan (friendship)
Keramahan adalah bentuk ekspresi sikap etis (santun) dari guru terhadap siswa.
Apabila guru menampilkan sikap ini, maka siswa cenderung akan menaruh simpati kepada guru. Hal ini penting bagi guru agar pesan (materi pelajaran) yang disampaikan dapat diterima dengan cermat oleh siswa.


7) Kesederhanaan (moderation)
Kesederhanaan bisa menunjukkan kemurnian sikap. Gaya bicara dan penampilan yang tidak dibuat-buat atau tidak meniru gaya orang lain dapat membangun percaya diri.

b. Memilih Materi (Isi Pesan) yang Sesuai

 kita dapat memperhatikan hal-hal berikut ini :


1) Materi pesan harus sesuai dengan latar belakang pengetahuan siswa

Materi yang paling baik adalah materi yang memberikan kemungkinan guru lebih mengetahui daripada siswa.


2) Materi pesan harus menarik minat guru. Materi yang enak dibicarakan tentu saja materi yang harus diminati. Komunikasi akan efektif bila pesan yang disampaikan menyentuh emosi.


3) Materi pesan harus menarik minat siswa. Guru harus berbicara tentang sesuatu yang diminati dan dianggap menarik oleh siswa.

 Hal-hal yang menarik akan berbeda dan berubah-ubah pada diri siswa. Oleh karena itu, guru harus mampu membangkitkan perhatian siswa yang berlatar belakang dan motif berbeda ketika mendengarkan uraian yang disampaikan.


4) Materi pesan harus sesuai dengan pengetahuan siswa

Tingkat penerimaan siswa SD akan berbeda dengan tingkat penerimaan siswa SMP dan SMA.
Oleh karena itu, muatan kurikulum sudah dibuat dengan memerhatikan aspek tersebut dan guru harus memilih topik-topik yang sesuai dengan karakteristik siswa.


c. Menggunakan Bahasa yang Tepat

Menurut Oxford Advanced Learner’s Dictionary, bahasa adalah sistem bunyi dan kata yang digunakan oleh manusia untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya (the system of sounds and words used to express their thoughts and
feelings).
 

Bahasa merupakan alat yang dimiliki bersama oleh suatu sistem sosial untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan. 

Dari segi bentuknya, bahasa dibagi menjadi 2 bagian :

 (1) bahasa verbal, yaitu bahasa diungkapkan dalam bentuk kata-kata (kalimat) yang diucapkan atau ditulis; 

(2) bahasa nonverbal, yaitu bahasa diungkapkan dalam bentuk gerak-gerik tubuh, jarak, atau gambar.

Ada 3 cara untuk memilih kata-kata yang tepat, yaitu 

kata-kata harus jelas, tepat, dan menarik. Untuk mendapatkan kata-kata yang jelas, tepat, dan menarik perhatikan hal-hal berikut ini

(1) gunakanlah kata-kata yang sederhana dan santun, 

(2) gunakanlah istilah yang spesifik, 

(3) hindari istilah-istilah yang bias,
(4) berhemat dalam menggunakan kata-kata yang tidak penting diucapkan

(5)gunakan perulangan atau pernyataan kembali gagasan yang sama dengan kata yang berbeda, 

(6) hindari kata-kata yang bermakna ganda yang berbeda konteks,
(7) gunakan bahasa sehari-hari untuk menganalogikan istilah-istilah dalam teori (istilah-istilah science), 

(8) hindari kata-kata yang tidak sopan, 

(9) pilihlah kata-kata yang menyentuh komunikan, 

(10) gunakan tata bahasa yang benar, kosa kata yang dapat dipahami dan tepat pada perkembangan anak, 

(11) lakukan penekanan pada kata-kata kunci atau dengan mengulang penjelasan, 

(12) berbicara dengan tempo yang tepat, tidak menyampaikan hal-hal yang kabur, 

(13)gunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar berbicara secara jelas di kelas.


d. Membangun Iklim Komunikasi dengan Siswa

 
Ada beberapa kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai upaya membangun iklim komunikasi yang positif dengan siswa, yaitu:
1) Kemampuan guru mengembangkan sikap positif siswa dalam kegiatan pembelajaran. 

Dengan cara menekankan kelebihan-kelebihan siswa bukan kelemahannya, menghindari kecenderungan untuk membandingkan siswa dengan siswa lain dan pemberian insentif yang tepat atas keberhasilan yang diraih siswa.


2) Kemampuan guru untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran

Bisa dilakukan dengan menunjukkan sikap terbuka terhadap pendapat siswa dan orang lain, sikap responsif, simpatik, menunjukkan sikap ramah, penuh pengertian dan sabar. 

Dengan terjalinnya keterbukaan, masing- masing pihak merasa bebas bertindak, saling menjaga kejujuran dan saling
berguna bagi pihak lain sehingga merasakan adanya wahana tempat bertemunya kebutuhan meraka untuk dipenuhi secara bersama-sama  

3) Kemampuan guru untuk tampil secara bergairah dan bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran

Dengan cara penyampaian materi di kelas yang menampilkan kesan tentang penguasaan materi yang menyenangkan.
Karena sesuatu yang energik, antusias, dan bersemangat memiliki relevansi dengan hasil belajar. 

Perilaku guru yang seperti itu dalam proses belajar mengajar akan menjadi dinamis, mempertinggi komunikasi antar guru dengan siswa, menarik perhatian siswa dan menolong penerimaan materi pelajaran.


4) Kemampuan guru untuk mengelola interaksi siswa dalam kegitan pembelajaran. 

Berhubungan dengan komunikasi antar siswa, usaha guru dalam menangani kesulitan siswa dan siswa yang mengganggu serta mempertahankan tingkah laku siswa yang baik. 

Agar semua siswa dapat berpartisipasi dan berinteraksi secara optimal, guru mengelola interaksi tidak hanya searah saja yaitu dari guru ke siswa atau dua arah dari guru ke siswa
dan sebaliknya, melainkan diupayakan adanya interaksi multi arah yaitu dari guru ke siswa dan dari siswa ke siswa.


Selain hal di atas, ada 5 hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan siswa, yaitu:

 
1) Respect, sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan. Jika kita harus mengkritik atau memarahi seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan seseorang. 

.
2) Emphaty, kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain.
3) Audible, dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik, berarti pesan yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh penerima pesan.


4) Clarity, kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan. Clarity dapat pula berarti keterbukaan dan transparansi.


5) Humble, sikap rendah hati, tidak merasa lebih baik dari yang lain, menghargai orang lain, mau mendengar, menerima kritik, tidak sombong, dan tidak memandang rendah orang lain.
 

Seorang guru dapat menggunakan strategi di bawah ini untuk berinteraksi dengan siswa dan melatihkan keterampilan siswa dalam mendengar aktif:

 
1) Memberi perhatian cermat pada orang yang sedang berbicara, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda tertarik pada hal yang sedang dibicarakan, gunakan kontak mata, isyarat condong badan kepada orang yang sedang berbicara.


2) Melakukan parafrasa
, menyatakan kembali kalimat yang baru saja dikatakan orang lain dengan menggunakan kalimat sendiri.


3) Mensinstesiskan tema dan pola, meringkas tema utama dan perasaan pembicara yang disampaikan dalam percakapan panjang.


4) Memberi umpan balik atau tanggapan dengan cara yang kompeten, dapat berupa tanggapan verbal atau nonverbal yang membuat pembicara mengerti pencapaian target sasaran pesan.


5) Tidak memotong pembicaraan terlebih dahulu

 6) Menempatkan konteks yang sama antara pembicara dengan Anda sebagai pendengar, supaya muatan materi pesan dapat dimaknai secara bersama


7) Memberikan respon yang positif pada siswa yang reaktif terhadap suatu materi pelajaran.


8) Tidak terburu-buru menyalahkan apabila apa yang dibicarakan siswa tidak sesuai dengan konteks pembahasan pelajaran.


6. Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik

 
a. Berkomunikasi secara Efektif

 
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan atau siswa dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator atau guru dan komunikan memberikan umpan balik yang sesuai dengan pesan.

 
Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima.

 
Pesan harus dimaknai bersama antara penyampai dan penerima, sebab dengan memahami makna yang sama terhadap suatu pesan, tindakan yang diharapkan terhadap efek komunikasi menjadi sama. 

Perbedaan makna pesan (persepsi)akan menghasilkan salah menafsirkan maksud pesan (misinterpretasion), yang akan berakibat misunderstanding, hasilnya akan misaction.


Menurut Stewart L. Tubb dan Sylvia Moss (dalam Mulyana, 2001), komunikasi yang efektif memiliki tanda-tanda antara lain:

 
1) Pemahaman.

2) Kesenangan.

3) Memengaruhi Sikap.

4) Hubungan Sosial yang Baik.

5) Tindakan.

b. Berkomunikasi secara Empatik

 
Komunikasi empatik adalah komunikasi yang menunjukkan adanya saling pengertian antara komunikator dengan komunikan.

 
Agar komunikasi empatik tercipta, guru sebagai harus memerlihatkan hal-hal sebagai berikut :

1) Menghargai setiap pertanyaan, jawaban dan semua respons yang disampaikan oleh siswa. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri dan semangat pada diri siswa dalam mengikuti pembelajaran.


2) Bersikap sabar untuk tidak memotong pembicaraan. Banyak informasi yang didapat jika guru bersabar untuk memeroleh penjelasan detail dari siswa.

 3) Bersikap tenang dalam menghadapi berbagai kondisi pembelajaran.

4) Bersikap bebas prasangka, atau tidak evaluatif, kecuali jika sangat diperlukan.

5) Bersikap penuh pengertian. Kadang-kadang siswa menyampaikan pendapat yang bertentangan atau kurang tepat.

Komunikasi empatik dapat dilakukan dengan membayangkan pikiran dan perasaan siswa menurut persepsi siswa, bukan menurut persepsi guru. Hal ini tercermin dalam bahasa yang digunakan dan cara memperlakukan siswa.

c. Berkomunikasi secara Santun

 
Berdasarkan Kamus Besar bahasa Indonesia (1990:781), santun memiliki makna halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sopan; sabar; dan tenang.


Kesantunan dalam konteks yang lebih luas, tidak merujuk kepada kesantunanberbahasa semata-mata tetapi juga merujuk kepada aspek nonverbal seperti tingkah laku, mimik muka, dan nada suara.

Jadi  komunikasi santun dapat diartikan sebagai komunikasi yang dilaksanakan dengan halus, baik dan sopan baik menyangkut budi bahasa maupun tingkah

Dengan mengetahui tatacara berbahasa diharapkan orang lebih bisa memahami pesan yang disampaikan dalam komunikasi karena tatacara berbahasa bertujuan mengatur serangkaian hal berikut :


1) Apa yang sebaiknya dikatakan pada waktu dan keadaan tertentu?
2) Ragam bahasa apa yang sewajarnya dipakai dalam situasi tertentu?
3) Kapan dan bagaimana giliran berbicara dan pembicaraan dapat diterapkan?
4) Bagaimana mengatur kenyaringan suara ketika berbicara?
5) Bagaimana sikap dan gerak-gerik ketika berbicara?
6) Kapan harus diam dan mengakhiri pembicaraan?


Beberapa contoh sikap kurang santun siswa selama melaksanakan proses pembelajaran yang dapat menggangu suasana pembelajaran; 

(1) mendominasi pembicaraan ketika diskusi kelas, 

(2) berbincang-bincang dengan teman sebelah ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, 

(3) melihat ke arah lain dengan gaya melecehkan guru yang baru menyampaikan materi di kelas, 

(4) tertawa kecil atau sinis.

SEMOGA BERMANFAAT !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...