Kamis, 13 Agustus 2020

PERINGATAN HARI PRAMUKA DI SD NEGERI WILADEG DI TENGAH PANDEMI

OLEH : ENIS 












Tanggal 14 Agustus 2020 adalah hari jadi Pramuka yang ke 59. Gerakan Pramuka di Indonesia  lahir tanggal 14 Agustus 1961 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.
  
Setiap tahunnya   SD Negeri Wiladeg pun selalu memperingati Hari Pramuka di halaman sekolah , yang diikuti oleh siswa, guru serta karyawan karyawati. 
Pada saat upacara peserta upacara Hari Pramuka mengenakan pakaian pramuka lengkap dengan atributnya.

Namun kali ini, di tahun 2020 , peringatan Hari Pramuka terpaksa ditiadakan karena masih dalam suasana pandemi corona walaupun sudah dinyatakan sebagai new normal, namun siswa-siswa masih menjalani BDR ( Belajar di Rumah ) karena wilayah Karangmojo masih masuk zona kuning. 
Dan oleh pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan juga atas perintah Sultan sebagai gubernur DIY, belum diijinkan untuk pembelajaran tatap muka di sekolah.

Namun bapak ibu guru tetap masuk sesuai hari kerja. Dan hari ini Jumat, 14 Agustus karena Hari Pramuka, maka bapak ibu guru karyawan karyawati dimohon / dihimbau oleh Ibu Kepala Sekolah, Ibu Suparmiasih, S.Pd, untuk memakai seragam pramuka. 


Pramuka, adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Kegiatan pramuka di Indonesia  juga terinspirasi dari kegiatan pramuka yang dirintis oleh dunia yaitu Lord Baden Powell.  Karena jasanya merintis gerakan pramuka atau kepanduan sedunia, beliau dikenal sebagai Bapak Pramuka Sedunia. 

Organisasi kepramukaan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatan pramuka ini, didalamnya mengajarkan tentang jiwa kewiraan pada diri siswa / seseorang. 
Dalam kegiatan ini pula diajarkan sikap dan sifat kemandirian, kejujuran, keberanian, tanggungjawab, dan sifat /sikap yang mulia lainnya.

Semoga dengan peringatan Hari Pramuka , kita semua tetap semangat berkarya dan berderma ilmu kepada para siswa sebagai generasi muda harapan bangsa sekalipun dalam suasana pandemi corona yang masih penuh tanda tanya kapan akan sirna dari atas dunia. 

Dan yang terpenting kita senantiasa menjaga diri ,mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan diri dan juga sesama.

Gunungkidul, Jumat 14 Agustus 2020



2 komentar:

BUNGA RENGGANIS, MANIS

  BUNGA RENGGANIS, MANIS oleh : Enis Bunga rengganis ?? Apakah betul tanaman ini namanya bunga rengganis? Nama rengganis dari tanaman ini di...